Jawaban Soal Alat Yang Tidak Menggunakan Cara Kerja Elektromagnetik Adalah

Seputarwarganet.com – Dikesempatan kali ini, Kami akan membantu menjawab pertanyaan terkait alat yang tidak menggunakan cara kerja elektromagnetik adalah berikut dengan penjelasannya.

Anda pasti sudah familiar dengan berbagai macam alat listrik di sekitar kita, seperti setrika listrik, relai, telepon, dan bel listrik.

Tapi tahukah Anda bahwa ada perbedaan dalam cara kerja dari masing-masing alat tersebut? Salah satu perbedaan penting adalah terkait dengan cara kerja elektromagnetik.

Apakah semua alat listrik menggunakan prinsip elektromagnetik? Jawabannya ternyata tidak. Di dalam postingan ini, kita akan menjawab pertanyaan  tersebut.

Lalu kita akan membahas mengenai alasan mengapa salah satu alat tersebut dapat dikategorikan sebagai alat yang tidak menggunakan cara kerja elektromagnetik.

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya!

Soal Alat Yang Tidak Menggunakan Cara Kerja Elektromagnetik Adalah

A. Setrika listrik
B. Relai
C. Telepon
D. Bel listrik

Jawaban

Alat yang menggunakan cara kerja elektromagnetik adalah alat yang menggunakan medan magnet untuk menghasilkan energi listrik atau sebaliknya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A. Setrika listrik.

Pembahasan

Alat yang menggunakan cara kerja elektromagnetik adalah alat yang menggunakan medan magnet untuk menghasilkan energi listrik atau sebaliknya. Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing pilihan:

A. Setrika listrik: Setrika listrik menggunakan pemanasan langsung untuk menghaluskan pakaian, sehingga tidak menggunakan cara kerja elektromagnetik.

B. Relai: Relai menggunakan elektromagnet untuk menghubungkan atau memutuskan sirkuit listrik lainnya. Oleh karena itu, relai menggunakan cara kerja elektromagnetik.

Baca juga:   Jawaban Soal Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Pengertian Dari Drama Adalah

C. Telepon: Telepon mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya melalui kabel listrik atau gelombang elektromagnetik. Oleh karena itu, telepon menggunakan cara kerja elektromagnetik.

D. Bel listrik: Bel listrik menggunakan elektromagnet untuk menghasilkan suara. Oleh karena itu, bel listrik menggunakan cara kerja elektromagnetik.

Setrika listrik menggunakan pemanasan langsung untuk menghasilkan panas dan menghaluskan pakaian. Setrika listrik bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik melalui elemen pemanas, yang kemudian memanaskan plat setrika dan menghasilkan panas.

Ketika plat setrika menyentuh pakaian, panas dari plat tersebut ditransfer ke serat pakaian, sehingga membuat serat-serat tersebut melunak dan memungkinkan pakaian menjadi rata.

Cara kerja setrika listrik ini berbeda dengan cara kerja elektromagnetik, yang menggunakan medan magnet untuk menghasilkan energi listrik atau sebaliknya.

Contohnya, relai menggunakan elektromagnet untuk menghubungkan atau memutuskan sirkuit listrik lainnya, sedangkan telepon mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya melalui kabel listrik atau gelombang elektromagnetik. Bel listrik menggunakan elektromagnet untuk menghasilkan suara.

Dengan demikian, meskipun setrika listrik membutuhkan arus listrik untuk bekerja, cara kerjanya tidak bergantung pada elektromagnetik. Setrika listrik adalah salah satu contoh alat yang menggunakan prinsip pemanasan langsung, bukan prinsip elektromagnetik. Semoga penjelasan ini bermanfaat ya!