Jawaban Soal Berapakah Bilangan Desimal Dari Bilangan Heksadesimal 1C

Seputarwarganet.com – Dikesempatan kali ini, Kami akan memberikan jawaban soal terkait dengan pertanyaan berapakah bilangan desimal dari bilangan heksadesimal 1c berikut dengan penjelasannya lengkap.

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan saat mengonversi bilangan heksadesimal ke desimal? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian!

Banyak orang sering mengalami kesulitan dalam proses konversi ini. Oleh karena itu, pada postingan kali ini, kita akan membahas cara mengonversi bilangan heksadesimal ke desimal dengan mudah dan tepat.

Salah satu contohnya adalah dengan mengonversi bilangan heksadesimal 1c ke desimal. Apakah kamu tahu jawabannya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!”

Berapakah Bilangan Desimal Dari Bilangan Heksadesimal 1C

A. 28
B. 21
C. 31
D. 34

Jawaban

Menurut Kami, jawaban yang paling tepat untuk menjawab soal diatas adalah A. 28.

Pembahasan

Bilangan heksadesimal merupakan sistem bilangan dengan dasar 16, yang terdiri dari 16 simbol yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E, dan F. Huruf A-F merepresentasikan nilai 10-15 dalam desimal.

Untuk mengonversi bilangan heksadesimal 1c ke desimal, kita perlu mengalikan masing-masing digit dengan 16 pangkat posisinya dari kiri ke kanan, kemudian menjumlahkannya.

1c = 1 x 16^1 + 12 x 16^0
= 16 + 12
= 28

Jadi, bilangan desimal dari bilangan heksadesimal 1c adalah 28.

Berikut adalah penjelasan mengenai setiap pilihan jawaban dan alasan mengapa tidak memilih opsi tersebut:

  • A. 28 : Jawaban ini benar.
  • B. 21 : Jawaban ini salah, karena 1c dalam heksadesimal merupakan representasi dari nilai 28 dalam desimal, bukan 21.
  • C. 31 : Jawaban ini salah, karena 1c dalam heksadesimal merupakan representasi dari nilai 28 dalam desimal, bukan 31.
  • D. 34 : Jawaban ini salah, karena 1c dalam heksadesimal merupakan representasi dari nilai 28 dalam desimal, bukan 34.
Baca juga:   Kumpulan Pertanyaan Tentang Jaringan Nirkabel dan Jawabannya

pakan bilangan dengan digit pertama bernilai 1 dan digit kedua bernilai c. Digit c merupakan representasi dari nilai 12 dalam desimal karena dalam heksadesimal, huruf a hingga f merepresentasikan nilai 10 hingga 15. Oleh karena itu, digit kedua dalam bilangan heksadesimal 1c dianggap bernilai 12 dalam proses konversi.

Setelah mengetahui nilai masing-masing digit dalam bilangan heksadesimal 1c, langkah selanjutnya adalah mengalikan masing-masing digit dengan 16 pangkat posisinya dari kiri ke kanan.

Digit pertama (1) dikalikan dengan 16 pangkat 1, sedangkan digit kedua (c atau 12 dalam desimal) dikalikan dengan 16 pangkat 0 karena berada pada posisi satuan. Setelah melakukan perhitungan, hasilnya adalah 16 + 12 = 28.

Demikianlah cara mengonversi bilangan heksadesimal ke desimal dengan mudah dan tepat, yang salah satunya kita dapat lihat pada contoh konversi bilangan heksadesimal 1c ke desimal.

Dalam proses konversi tersebut, kita perlu mengalikan masing-masing digit dengan 16 pangkat posisinya dan kemudian menjumlahkannya.

Dengan memahami cara konversi ini, diharapkan kita dapat lebih mudah dalam melakukan perhitungan dan lebih memahami sistem bilangan heksadesimal dalam dunia komputer.

Terima kasih sudah membaca, semoga postingan ini bermanfaat untukmu!