Jawaban Soal Berikut Ini Bagian Tujuan Dalam Teks Laporan Percobaan Kecuali

Seputarwarganet.com – Berikut ini bagian tujuan dalam teks laporan percobaan kecuali. Sebuah pernyataan tegas yang mengundang rasa ingin tahu dan memicu pemikiran kita tentang esensi laporan percobaan.

Dalam setiap laporan percobaan, tujuan menjadi elemen kunci yang membimbing penulis dalam menyusun informasi.

Namun, adakah bagian tujuan yang mungkin tidak sejalan dengan fungsi utama sebuah laporan percobaan? Yuk kita cari tahu jawaban serta pembahasannya dibawah ini.

Soal

Berikut ini bagian tujuan dalam teks laporan percobaan kecuali

A. Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab, tugas, dan kegiatan.
B. Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan, atau pemecahan masalah.
C. Merupakan laporan atas tugas/tanggung jawab yang telah diberikan.
D. Merupakan bahan untuk pendokumentasian.

Jawaban

Jawaban yang benar adalah A. Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab, tugas, dan kegiatan.

Meskipun terdengar seperti unsur yang wajar untuk dimasukkan dalam tujuan laporan percobaan, sebenarnya fungsinya lebih mencirikan aspek organisasi dan manajerial daripada fokus eksploratif dan analitis yang umumnya terdapat dalam laporan percobaan.

Tujuan utama laporan percobaan adalah untuk mendokumentasikan hasil percobaan dan membagikan pengetahuan yang diperoleh selama proses tersebut.

Pembahasan

  • A. Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab, tugas, dan kegiatan.

Tujuan ini lebih mencerminkan unsur manajemen dan administratif dalam membuat laporan. Meskipun hal ini mungkin relevan dalam konteks pekerjaan atau organisasi, dalam konteks laporan percobaan ilmiah, fokusnya seharusnya lebih kepada hasil eksperimen, analisis data, dan temuan yang didapatkan.

  • B. Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan, atau pemecahan masalah.
Baca juga:   30 Contoh Soal Alat Ukur Listrik dan Jawabannya

Tujuan ini menggarisbawahi aspek aplikatif dari hasil percobaan. Laporan percobaan seharusnya lebih terfokus pada penyajian fakta dan temuan yang dihasilkan daripada memberikan dasar untuk kebijakan atau keputusan. Meskipun hasil percobaan dapat membantu dalam pengambilan keputusan, tujuan utamanya tetaplah mendokumentasikan proses dan hasil eksperimen.

  • C. Merupakan laporan atas tugas/tanggung jawab yang telah diberikan.

Sekali lagi, ini mencerminkan unsur manajemen dan administratif. Laporan percobaan seharusnya lebih bersifat ilmiah dan kurang terkait dengan aspek tugas dan tanggung jawab individu.

  • D. Merupakan bahan untuk pendokumentasian.

Ini adalah tujuan utama laporan percobaan. Fungsi utamanya adalah untuk mendokumentasikan langkah-langkah percobaan, data yang diperoleh, analisis, dan kesimpulan. Dengan demikian, laporan tersebut dapat digunakan sebagai referensi oleh orang lain yang tertarik atau ingin mengulang percobaan serupa.

Kesimpulan

Dalam mengeksplorasi tujuan dalam teks laporan percobaan, kita menemukan bahwa meskipun semua pilihan tersebut mungkin memiliki relevansi di beberapa konteks, satu-satunya yang tidak sepenuhnya sejalan dengan esensi laporan percobaan adalah pilihan A. Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab, tugas, dan kegiatan.

Laporan percobaan seharusnya lebih difokuskan pada unsur ilmiah, dokumentasi, dan penyebaran pengetahuan, memberikan kontribusi positif pada perkembangan pengetahuan dalam suatu bidang.