Jawaban Soal Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Perubahan Benda Yaitu

Seputarwarganet.com – Pada postingan kali ini, Kita akan menemukan jawaban soal terkait dengan pertanyaan berikut ini yang bukan merupakan perubahan benda yaitu berikut penjelasannya.

Taukah Kamu, Setiap benda di dunia ini dapat mengalami perubahan dalam bentuk atau sifatnya karena pengaruh dari berbagai faktor.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa perubahan yang sebenarnya bukan perubahan benda? Menarik, bukan?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis perubahan benda serta menguji pengetahuanmu dengan sebuah pertanyaan menarik.

Apakah kamu bisa menebak mana di antara keempat pilihan yang bukan merupakan perubahan benda? Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuanmu dalam artikel ini!

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Perubahan Benda Yaitu

A. Es Mencair
B. Ban dipompa
C. Buah membusuk
D. Kayu dibakar

Jawaban

Berdasarkan penjelasan yang Kami berikan dibawah ini, Yang bukan merupakan perubahan benda yaitu ban dipompa. Oleh karena itu jawaban soal yang paling tepat adalah B. Ban dipompa.

Pembahasan

Perubahan benda adalah perubahan wujud atau sifat benda yang terjadi karena pengaruh dari faktor-faktor tertentu seperti suhu, tekanan, cahaya, dan sebagainya.

Berikut ini adalah penjelasan dari setiap pilihan:

A. Es Mencair: Es adalah air yang membeku. Saat suhu di sekitar es meningkat, maka es akan mencair dan berubah menjadi air.

B. Ban dipompa: Saat ban kendaraan dipompa dengan udara, volume udara di dalam ban meningkat dan tekanan udara di dalam ban bertambah. Hal ini menyebabkan ban membesar dan mengeras.

C. Buah membusuk: Buah adalah benda organik yang mudah terurai dan memiliki masa simpan yang terbatas. Saat buah terpapar oleh udara dan mikroorganisme, maka buah akan mengalami perubahan sifat dan warna menjadi busuk dan tidak layak untuk dikonsumsi.

D. Kayu dibakar: Saat kayu dibakar, suhu di sekitar kayu meningkat dan kayu akan terbakar. Hal ini mengubah sifat kayu menjadi abu dan gas.

Baca juga:   Jawaban Soal Sikap Menghargai Dan Meyakini Kemampuan Diri Sendiri Disebut

Dari keempat pilihan tersebut, yang bukan merupakan perubahan benda adalah pilihan B. Ban dipompa. Meskipun ban mengalami peningkatan volume dan tekanan saat dipompa, namun hal tersebut masih termasuk perubahan sifat benda yang terjadi karena pengaruh tekanan.

Perubahan sifat benda yang disebabkan oleh tekanan atau perubahan kuantitas seperti pada pilihan B, seringkali disebut sebagai perubahan fisika atau perubahan keadaan fisik.

Sedangkan perubahan sifat benda yang disebabkan oleh reaksi kimia atau perubahan kualitas seperti pada pilihan A, C, dan D, seringkali disebut sebagai perubahan kimia atau perubahan keadaan kimia.

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak mengubah sifat benda secara mendasar, melainkan hanya mengubah bentuk atau wujudnya.

Contohnya seperti perubahan air menjadi es atau uap, pembentukan gas dari cairan, dan sebagainya.

Sedangkan perubahan kimia adalah perubahan yang mengubah sifat benda secara mendasar, karena terjadinya reaksi kimia.

Contohnya seperti pembakaran kayu yang menghasilkan abu dan gas baru, penguraian gula menjadi karbon dioksida dan air, dan sebagainya.

Dalam ilmu fisika dan kimia, penting untuk memahami perbedaan antara perubahan fisika dan perubahan kimia, karena perubahan jenis ini dapat mempengaruhi sifat dan kinerja dari suatu benda atau zat.

Sebagai contoh, saat kita memasak makanan, kita tidak hanya memperhatikan perubahan suhu atau tekanan, tetapi juga harus memperhatikan perubahan kimia yang terjadi dalam proses memasak.

Setelah membahas jenis-jenis perubahan benda dan menguji pengetahuanmu dengan sebuah pertanyaan menarik, akhirnya kita telah mengetahui jawaban yang benar.

Ternyata, yang bukan merupakan perubahan benda adalah pilihan B, yaitu ban yang dipompa. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya memahami perbedaan antara perubahan fisika dan perubahan kimia dalam ilmu fisika dan kimia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai perubahan benda. Jangan lupa untuk tetap mengikuti artikel-artikel menarik lainnya di blog kami. Terima kasih telah membaca!