Cara Membuka Usaha Service HP Dari Rumah

Apakah Kamu tertarik untuk membuka usaha service HP? Jika YA, berikut adalah panduan lengkap untuk memulai bisnis ritel & service HP dari rumah tanpa uang dan tanpa pengalaman ditambah contoh rencana bisnis service HP dan template rencana bisnis toko HP.

Semakin banyak orang yang menggunakan HP, yang berarti pasar telah tumbuh secara konsisten dan  menjadi lebih relevan dalam hal penggunaan dan aplikasi yang lebih banyak.

Usah service HP adalah bisnis yang menguntungkan yang menawarkan Kamu kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi baru dan yang sedang berkembang, jika Kamu berniat untuk terjun ke bisnis semacam ini sebagai wirausaha.

Apa yang Dibutuhkan untuk Membuka Usaha Service HP?

Pertama, akan lebih bijaksana untuk memastikan bahwa Kamu mendapatkan lokasi yang sesuai. Sebagian besar bisnis ponsel berada di dekat food court di pusat perbelanjaan atau toko perlengkapan game.

Lokasi harus memiliki jumlah traffic yang stabil, yang berarti harus mudah diakses dan nyaman bagi pelanggan dan mereka yang berbelanja.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat rekening dengan vendor untuk inventaris bisnis yang Kamu buka.

Kamu perlu memutuskan apakah Kamu akan menawarkan HP yang didukung hanya oleh satu operator saja atau lebih.

Ini akan mengharuskan Kmau melakukan penelitian menyeluruh dengan melakukan pertanyaan langsung dengan operator pilihan Kamu, juga menanyakan peluang waralaba kepada mereka.

Namun jika Kamu memutuskan untuk menggunakan beberapa operator, ini berarti Kamu melakukan lebih banyak penelitian.

Cara lain untuk membuat diri Kamu lebih berpengetahuan tentang tren industri adalah dengan menghadiri pameran dagang atau memeriksa publikasi industri.

Cara Membuka Usaha Service HP Dari Rumah

Berikut adalah langkah – langkah memulai usaha service HP dari rumah,  Langsung saja, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pahami Industrinya

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi perubahan dinamika dan struktur telepon seluler secara global yang juga mencakup smartphone.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa telah terjadi perubahan positif dalam desain dan fungsionalitas telepon seluler yang menyebabkan kenaikan harga.

Fungsionalitas yang ditingkatkan seperti munculnya teknologi jaringan baru seperti 4G untuk meningkatkan kualitas saat melakukan browsing, dan juga peningkatan peningkatan sistem operasi, telah menyebabkan pertumbuhan industri, dan ekspansi ke beberapa pasar yang dianggap tidak mungkin.

Statistik Menarik Tentang Industri

Bisnis telepon seluler memiliki pertumbuhan yang tak terbendung yang membuatnya memiliki industri dengan pertumbuhan terkuat serta bertanggung jawab atas pendapatannya yang besar di pasar.

Berdasarkan penelitian dan prakiraan, 65% anak-anak antara usia 10 – 15 tahun diproyeksikan memiliki ponsel antara tahun 2014 dan 2016.

Selain anak-anak, bahkan mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan telah diproyeksikan untuk memiliki HP karena sekarang dianggap sebagai salah satu komoditas penting bagi semua orang di masyarakat.

Menurut penelitian, industri telepon seluler memiliki momentum pertumbuhan antara tahun 2006 dan 2011 dan diperkirakan akan mencapai sekitar $334,8 miliar pada tahun 2017 dengan pendapatan pertumbuhan tahunan kumulatif sebesar 6,8% dari tahun 2012 hingga 2017.

Daerah yang masih berkembang diperkirakan akan mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam industri ini karena peningkatan populasi serta meningkatnya urbanisasi.

Industri ponsel terdiri dari perusahaan yang fokus utamanya adalah dalam pembuatan ponsel. Ini berarti bahwa industri berkembang untuk mencakup tidak hanya penjual akhir tetapi juga produsen perangkat telepon.

Baca juga:   250 Daftar Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar Terbaru

Pasar memiliki hambatan masuk yang lebih sedikit yang terutama untuk mengurangi ancaman yang akan ditimbulkan oleh pemain baru.

Ini berarti bahwa pemain lama selalu berkembang dalam hal teknologi dan inovasi yang secara praktis menyulitkan pemain baru untuk mengikutinya, sehingga masih memungkinkan pemain lama untuk mempertahankan bagian dari basis pelanggannya sambil tetap tumbuh dalam pendapatan. Ini tidak berarti bahwa strategi ini telah efektif untuk semua perusahaan telepon seluler tersebut.

Melakukan Riset Pasar dan Studi Kelayakan

Komposisi demografis dan psikografis dari mereka yang menggunakan HP termasuk profesional, pelajar, masyarakat umum, anak-anak dalam kelompok usia antara 10 dan 17, serta organisasi layanan dan perusahaan lain yang perlu berhubungan dengan karyawan dan klien mereka.

Sebagian besar orang yang menggunakan HP biasanya adalah mereka yang mampu membelinya, tetapi karena operator biasanya memiliki paket berbeda yang dapat mengakomodasi kelompok anggaran apa pun, itu berarti bahwa lebih banyak orang tanpa memandang kelas dan usia memiliki HP.

Memilih Niche Yang Akan Di Fokuskan

Jelas ada banyak niche dalam industri bisnis telepon seluler, meskipun jelas ada layanan atau bidang spesialisasi yang tidak dapat dibedakan, karena keseragaman layanannya.

Kunci untuk berkembang dalam industri semacam ini adalah dalam memberikan niche khusus yang akan memungkinkan perusahaan Kamu bertahan dalam bisnis terlepas dari ukuran atau skala bisnis.

Beberapa bidang spesialisasi yang ada dalam bisnis HP antara lain;

  • Penjualan perangkat keras dan aksesori seluler.
  • Layanan perawatan dan perbaikan telepon.
  • Aplikasi seluler.
  • Perangkat lunak dan jenis layanan lainnya.

Jika bisnis Kamu kecil, Kamu mungkin tidak merasa mudah untuk menawarkan banyak layanan dan harus tetap berpegang pada beberapa layanan yang cukup Kamu kuasai.

Namun Kamu harus menyadari bahwa perusahaan telepon seluler yang lebih besar akan menawarkan lebih banyak layanan daripada bisnis Kamu, terutama yang sudah lama ada.

Tingkat Persaingan di Industri

Karena hambatan masuk yang rendah, persaingan di industri ini cukup ketat dan sebagian besar bisnis yang belum mampu berinovasi atau menawarkan sesuatu yang benar-benar baru telah gagal.

Itulah sebabnya sebelum terjun ke bisnis ini, lebih baik Kamu melakukan penelitian menyeluruh yang akan memastikan bahwa bidang yang ingin Kamu masuki di wilayah Kamu, memiliki lebih sedikit persaingan untuk Kamu lawan.

Namun, jika Kamu berniat masuk ke bidang yang populer tetapi ramai, maka Kamua tidak hanya harus proaktif tetapi juga menawarkan apa yang tidak ditawarkan oleh sebagian besar pesaing Kamu.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa dalam menawarkan sesuatu yang unik akan mencegah perusahaan besar dari menawarkannya dan mempertaruhkan klaim di pangsa pasar, tetapi jika Kamua proaktif dan baik kepada pelanggan, Kamu masih akan mempertahankan sebagian besar basis pelanggan dan pendapatan.

Kenali Kompetitor

Industri ini adalah salah satu yang telah melihat banyak pendatang baru mati atau bahkan yang tampaknya lama benar-benar tergeser oleh pendatang baru atau yang sudah ada, dan nama merek di industri ini, adalah merek yang bertahan untuk sementara waktu dan juga salah satu yang kebanyakan orang menyadari.

Beberapa merek terkenal di industri bisnis telepon seluler di dunia adalah:

  • Apple Inc.
  • Ericsson
  • LG Electronics
  • HTC Corporation
  • Samsung Electronics
  • Huawei Technologies
  • Google Inc.

Pilih Nama Bisnis yang Menarik

  • Bisnis perbaikan telepon yang tepat
  • Toko perangkat keras ponsel mobilitas
  • Aksesori telepon phyl
  • Toko gadget yang tepat
  • Tempat telepon Ben
  • Toko perbaikan telepon cepat
  • Usaha keypad dan aksesoris

Demikianlah mengenai informasi mengenai Cara Membuka Usaha Service HP Dari Rumah yang bisa Kamu gunakan untuk menghasilkan uang. Semoga informasi ini bermanfaat.