Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Seputarwarganet.com – Cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa telah menjadi perbincangan utama di tengah masyarakat saat ini.

Di era yang terus berkembang dengan berbagai opsi siaran, baik itu melalui layanan streaming atau berlangganan, siaran TV digital menawarkan suatu pengalaman yang berbeda. Bagi pemilik TV analog, transisi dari siaran TV analog ke digital menjadi fokus utama perhatian.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana migrasi monumental untuk memindahkan siaran TV analog yang telah berjalan lama menuju era siaran TV digital.

Proses migrasi ini direncanakan akan dilakukan melalui tiga tahap, yang dijadwalkan akan dimulai pada tahun depan. Tahap pertama, yang akan dimulai pada akhir bulan November mendatang, akan mengakibatkan penghentian total transmisi penyiaran TV analog.

Dampak dari langkah ini tidak dapat diabaikan, terutama bagi para pemilik TV dengan sistem analog. Mereka tidak akan lagi dapat menikmati saluran TV yang selama ini telah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Namun, langkah ini diambil dengan tujuan utama untuk memastikan kelancaran migrasi dari analog ke digital, membuka peluang baru dan meningkatkan kualitas siaran.

Sebagai dukungan terhadap transisi ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melangkah lebih jauh dengan merencanakan distribusi sebanyak 6 juta Set Top Box (STB) TV digital kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

STB menjadi perangkat krusial bagi pemilik televisi yang belum dilengkapi dengan kemampuan menerima siaran TV digital.

Penting untuk dicatat bahwa pemilik TV analog tetap dapat memanfaatkan TV mereka yang sudah ada dengan adanya STB DVB-T2.

Meskipun teknologi penyiaran telah berubah menjadi digital, STB ini dapat dihubungkan dengan TV lama yang masih berbasis analog, memungkinkan pengguna untuk tetap menikmati siaran TV digital. Pembelian STB pun semakin mudah dengan ketersediaan opsi baik secara offline maupun online.

Siaran TV digital pada umumnya tetap relevan dengan konsep yang sudah dikenal oleh masyarakat selama ini, di mana sinyalnya ditangkap melalui antena.

Oleh karena itu, penggunaan antena bersamaan dengan TV masih merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan siaran TV digital.

Bagaimana sebenarnya langkah-langkah mudah untuk memperoleh siaran TV digital dengan antena biasa? Simak panduan lengkapnya berikut ini.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Dalam rangka memandu Anda dalam memperoleh siaran TV digital (UHF) dengan menggunakan antena biasa, berikut ini kami sajikan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Langkah 1: Pastikan Siaran TV Digital Sudah Tersedia

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa adalah memastikan ketersediaan siaran TV digital di wilayah Anda. Hal ini penting agar Anda dapat menikmati tayangan film, sinetron, dan konten lainnya dengan lancar.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pemeriksaan ini. Pertama, Anda dapat mengunjungi situs resmi siaran digital di https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Situs ini memberikan informasi mengenai daerah-daerah yang telah dapat menerima siaran TV digital.

Alternatif lainnya adalah dengan mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital melalui Google Play Store dan menginstalnya pada perangkat Android Anda. Setelah aplikasi terpasang, bukalah aplikasi tersebut.

Anda akan diminta memberikan izin akses lokasi, dan pastikan untuk memberikan izin tersebut. Aplikasi ini akan menampilkan peta yang sesuai dengan lokasi Anda. Pada bagian kiri bawah, terdapat legenda peta.

Periksa warna yang muncul pada peta tersebut dan cocokkan dengan lokasi Anda untuk mengetahui apakah Anda berada di wilayah yang sudah dapat menerima siaran TV digital. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda akan dapat memastikan ketersediaan siaran TV digital di wilayah Anda.

Langkah 2: Gunakan Antena UHF

Untuk mendapatkan siaran TV Digital dengan antena biasa, penting bagi kita untuk mempertimbangkan keberadaan antena UHF yang memiliki peranan yang tak tergantikan.

Baca juga:   Daftar Frekuensi TV Digital Cilacap Terbaru & Sekitarnya

Meskipun mungkin terpikir untuk segera membuangnya, karena  siaran TV analog yang semakin jarang digunakan, sebenarnya antena ini masih memiliki nilai yang signifikan dalam menangkap siaran-siaran digital yang berkualitas.

Tak hanya berguna dalam situasi outdoor, antena UHF juga mampu menghadirkan hasil yang memuaskan ketika digunakan secara indoor. Hal ini memungkinkan kita untuk tetap menikmati siaran-siaran TV digital dengan kualitas yang tidak kalah dengan menggunakan antena lainnya.

Langkah 3: Pastikan Memiliki Set Top Box DVB-T2

Jika ingin memastikan pengalaman menonton TV yang optimal di rumah, penting untuk memeriksa apakah televisi yang Anda miliki telah dilengkapi dengan set top box DVB-T2. Jika belum memiliki perangkat ini, Anda memiliki beberapa opsi yang dapat diambil.

Salah satunya adalah mengajukan permohonan sebagai penerima set top box gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh perangkat yang dibutuhkan tanpa biaya tambahan.

Alternatif lainnya adalah membelinya melalui toko elektronik atau platform e-commerce. Meskipun harganya masih dalam kisaran standar, Anda akan mendapatkan nilai yang sebanding dengan manfaat yang diberikan oleh set top box tersebut.

Langkah 4: Hubungkat Set Top Box ke TV

Jika Anda menemukan bahwa televisi di rumah hanya dapat menerima siaran TV analog, jangan khawatir. Anda dapat menghubungkan perangkat set top box ke televisi analog menggunakan kabel AV yang memiliki ujung berwarna merah, kuning, dan putih.

Namun, penting untuk mengikuti langkah-langkah pemasangan yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar Anda berhasil mendapatkan siaran TV digital melalui antena konvensional. Perangkat set top box (STB) ini akan menjadi penolong Anda dalam mencari dan menangkap sinyal TV digital yang kemudian dapat ditampilkan pada televisi analog di rumah.

Pastikan televisi dalam mode AV dan sambungkan STB ke salah satu port AV, seperti AV 1, AV 2, dan sebagainya. Setelah itu, hidupkan STB dan tekan tombol [Menu] pada remote control STB. Cari menu pencairan saluran dan pilih opsi [Pencarian Otomatis] untuk memulai proses pencarian.

Setelah pencarian selesai, pilih [Simpan]. Untuk menikmati siaran TV digital, pastikan televisi dalam mode AV. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan dapat menikmati siaran TV digital meskipun televisi di rumah masih bersifat analog.

Langkah 5: Mencari Siaran Digital Menggunakan TV Analog

Langkah berikutnya adalah menghidupkan perangkat set top box setelah menghubungkannya dengan televisi. Setelah itu, Anda perlu mencari menu AV pada televisi digital dan memilih opsi pengaturan atau setting. Kemudian, lanjutkan dengan memilih tombol [Auto Scan] yang akan memindahkan program siaran TV digital ke televisi Anda.

Proses mendapatkan siaran TV digital dengan antena konvensional ini tergolong cukup mudah dan pemasangannya pun tidak rumit. Selain itu, Anda juga dapat memasang perangkat lain seperti pemutar DVD atau konsol Playstation.

Dalam hal ini, televisi akan menampilkan audio dan video, sementara set top box (STB) akan bertugas mencari dan mengunci siaran TV digital. Untuk mengatur volume suara televisi, Anda dapat menggunakan remote control TV, sedangkan untuk mengganti atau merubah saluran, Anda perlu menggunakan remote control STB atau remote control TV digital.

Jadi itulah cara mendapatkan siaran TV Digital dengan antena biasa yang bisa Anda coba sendiri dirumah dan tentunya memperhatihkan hal hal yang sudah Kami jabarkan diatas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat warganet dan bisa menikmati siaran TV digital.

FAQ

Apakah antena biasa bisa menangkap siaran digital?

Agar dapat menikmati siaran TV digital melalui set top box pada TV analog, masyarakat dapat menggunakan antena yang sudah umum digunakan sebelumnya atau memilih antena UHF, baik yang digunakan secara outdoor maupun indoor.

Apakah bisa STB menggunakan antena biasa?

Dalam rangka menikmati siaran TV digital melalui set top box (STB) pada TV analog, masyarakat dapat mengandalkan penggunaan antena yang telah umum digunakan sebelumnya, baik itu antena UHF yang berjenis indoor maupun outdoor.

Apakah bisa siaran digital tanpa set top box?

Tak terkecuali televisi tabung, seiring perkembangan teknologi, kini telah tersedia versi yang mendukung teknologi DVBT2, memungkinkan televisi tersebut untuk menangkap siaran TV digital tanpa memerlukan Set Top Box.