Jawaban Soal Cerita Non Fiktif Yang Berisi Unsur Sejarah Disebut

Seputarwarganet.com – Pada postingan kali ini, Kita akan sama sama mengetahui jawaban soal terkait pertanyaan cerita non fiktif yang berisi unsur sejarah disebut berikut dengan penjelasannya.

Sejarah selalu menjadi topik yang menarik untuk dipelajari, karena melalui sejarah kita dapat memahami bagaimana peristiwa-peristiwa di masa lalu mempengaruhi keadaan atau kondisi yang kita alami saat ini.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada jenis cerita non-fiktif yang berisi unsur sejarah? Pertanyaan ini mungkin akan menarik perhatianmu, dan jawabannya tentu saja akan semakin menambah pengetahuanmu tentang sejarah.

Dalam postingan blog ini, kita akan membahas dan menjelaskan jawaban dari pertanyaan tersebut, sehingga kamu akan semakin memahami tentang jenis cerita yang mengandung unsur sejarah.

Yuk, mari kita simak bersama-sama!

Cerita Non Fiktif Yang Berisi Unsur Sejarah Disebut

A. Cerita bersambung
B. Cerita sejarah
C. Cerita dokumenter
D. Cerita dongeng

Jawaban

Cerita sejarah bisa membahas berbagai hal, seperti sejarah politik, budaya, sosial, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah B. Cerita sejarah.

Pembahasan

Cerita sejarah adalah cerita non-fiktif yang berisi tentang peristiwa-peristiwa penting atau kejadian-kejadian yang terjadi di masa lalu. Cerita sejarah bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada pembaca atau pendengar tentang peristiwa sejarah yang terjadi. Cerita sejarah seringkali disusun secara kronologis dan berdasarkan fakta-fakta yang terjadi.

Berikut penjelasan dari masing masing pilihan:

Pilihan A, Cerita bersambung, adalah jenis cerita yang terdiri dari beberapa bagian dan dipublikasikan secara berkala. Cerita bersambung biasanya berbentuk fiksi, meskipun ada juga cerita bersambung non-fiksi seperti dalam bentuk artikel atau reportase. Pilihan A bukan jawaban yang tepat karena tidak mengandung unsur sejarah.

Pilihan C, Cerita dokumenter, adalah cerita yang disajikan dalam bentuk film, video, atau audio yang memberikan informasi tentang suatu topik atau peristiwa tertentu. Cerita dokumenter dapat berisi unsur sejarah, namun tidak semua cerita dokumenter mengandung unsur sejarah. Pilihan C bukan jawaban yang tepat karena tidak selalu mengandung unsur sejarah.

Pilihan D, Cerita dongeng, adalah jenis cerita yang bertujuan untuk menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral. Cerita dongeng biasanya memiliki tokoh-tokoh fiksi dan alur cerita yang fantastis atau ajaib. Pilihan D bukan jawaban yang tepat karena tidak mengandung unsur sejarah.

Baca juga:   Jawaban Soal Kemudahan Dalam Memperoleh Informasi Disebabkan Adanya

Terkait dengan jawaban yang tepat yaitu B. Cerita sejarah, cerita sejarah bisa berupa tulisan atau narasi lisan yang mengandung fakta-fakta dan detail-detail tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu.

Cerita sejarah bisa membahas berbagai hal, seperti sejarah politik, budaya, sosial, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar tentang peristiwa sejarah dan bagaimana peristiwa tersebut mempengaruhi keadaan atau kondisi pada masa kini.

Cerita sejarah seringkali disajikan secara kronologis dan mengikuti alur waktu, sehingga pembaca atau pendengar dapat mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi. Selain itu, cerita sejarah juga biasanya didukung dengan bukti-bukti atau sumber-sumber yang dapat memperkuat kebenaran cerita tersebut.

Contoh dari cerita sejarah adalah biografi, memoar, catatan sejarah, dan buku sejarah. Dalam buku sejarah, penulis biasanya menyajikan informasi tentang peristiwa-peristiwa penting atau kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lalu dengan menyajikan fakta-fakta yang mendukung.

Dengan mempelajari cerita sejarah, kita dapat memahami asal-usul suatu kejadian atau kondisi yang ada pada masa kini, sehingga dapat membantu kita untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih bijak di masa depan.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cerita non-fiktif yang berisi unsur sejarah disebut cerita sejarah. Cerita sejarah berisi tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu dengan menyajikan fakta-fakta dan detail-detail yang mendukung.

Melalui cerita sejarah, kita dapat memahami sejarah secara lebih baik dan mendapatkan pelajaran serta pemahaman yang dapat membantu kita dalam mengambil keputusan di masa kini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus belajar dan mempelajari sejarah, agar dapat memahami lebih dalam tentang keadaan dan kondisi yang terjadi pada masa kini.

Semoga pembahasan ini bermanfaat untukmu dan memperluas pengetahuanmu tentang sejarah. Terima kasih telah membaca!