[UPDATE] Daftar Frekuensi TV Digital Indonesia UHF Terbaru 2023

Seputarwarganet.com – Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak orang di Indonesia yang beralih ke TV digital dan set-top box. Salah satu hal yang paling banyak dicari oleh masyarakat awam adalah daftar frekuensi TV digital DVB-T2 di berbagai wilayah Indonesia.

Pemerintah saat ini sedang melakukan peralihan dari siaran TV analog ke era digital, dan ada alasan kuat di balik ini. Salah satu tujuannya adalah agar masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari penggunaan TV mereka. Namun, peralihan ini juga berdampak pada para pengguna, karena mereka perlu melakukan pengaturan ulang pada perangkat mereka.

Dengan memiliki informasi tentang daftar frekuensi TV digital khz di berbagai wilayah Indonesia, pemula dapat lebih mudah memahami cara mengatur TV mereka untuk menikmati siaran digital dengan lebih baik. Inilah mengapa pengetahuan tentang frekuensi TV digital sangat penting bagi semua orang yang ingin merasakan keuntungan dari era digital ini.

Daftar Frekuensi TV Digital 2023

Sejak bulan April 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah secara bertahap menghentikan siaran TV analog di beberapa wilayah Indonesia yang dianggap sudah siap, seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Jawa Barat, Jawa Timur, dan wilayah lainnya.

Peralihan ke TV digital membawa sejumlah keuntungan yang signifikan. Salah satunya adalah kualitas siaran yang jauh lebih jernih, berkat koneksi dengan perangkat DVB-T2 atau Set Top Box (STB).

Berbeda dengan TV analog yang hanya dapat menyiarkan satu saluran dalam satu kanal frekuensi, TV digital memungkinkan beberapa saluran berbagi satu kanal frekuensi secara bersamaan. Semua ini dapat terjadi berkat teknologi multiplexing (MUX).

Untuk mempermudah pengaturan TV digital dan pencarian saluran, penting untuk mengetahui daftar frekuensi TV digital DVB-T2 2023. Daftar ini mencakup berbagai saluran, mulai dari Trans TV, RCTI, Indosiar, ANTV, SCTV, dan masih banyak lagi.

Frekuensi TV digital ini berkisar antara 478 MHz hingga 694 MHz (kanal 22-48 UHF), sehingga Anda dapat menikmati beragam saluran TV dengan lebih mudah dan tanpa kebingungan. Langsung saja cek daftar frekuensinnya dibawah ini:

Frekuensi TV Digital Jabodetabek

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi adalah beberapa daerah yang dianggap siap untuk melakukan peralihan dari TV analog ke TV digital. Sekarang, mari kita telaah frekuensi TV digital yang berlaku di Jabodetabek dan sekitarnya:

Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
24 UHF 498 MHz SCTV

Kompas TV

Indosiar

Mentari TV

O Channel

28 UHF 530 MHz RCTI

GTB

MNC TV

iNews

31 UHF 554 MHz Metro TV

MyTV

JPNN

BBSTV

UGTV

Smile TV

Magna TV

34 UHF 578 MHz TVONE

JakTV

ANTV

SportOne

40 UHF 626 MHz TransTV

Trans7

CNN

CNBC

43 UHF 650 MHz TVRI

TVRI Sport

TVRI World

TVRI Jakarta

nusantaraTV (ntv)

Inspira

Net TV

Radar TV

Elshinta TV

DAAI TV

tMU

48 UHF 690 MHz RTV

Frekuensi TV Digital Jawa Barat

Di samping wilayah Jabodetabek, siaran televisi analog di daerah-daerah seperti Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat di Jawa Barat juga sudah tidak lagi tersedia. Oleh karena itu, bagi mereka yang tinggal di wilayah-wilayah tersebut, berikut adalah daftar frekuensi TV digital di Jawa Barat yang bisa Anda gunakan:

Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
29 UHF 538 MHz SCTV

Kompas TV

Indosiar

Mentari TV

RTV

Moji

32 UHF 562 MHz Metro TV

Magna Channel

BN Channel

Independen

Independen (komunitas)

35 UHF 586 MHz TVRI

Independen

Inspira TV (stasiun induk)

Nusantara TV

BTV

NET

Eka TV (stasiun TV)

Independen (PTV)

38 UHF 610 MHz antv

tvOne

SportOne

Indonesia Network

JPM

41 UHF 634 MHz RCTI

MNCTV

GTV

iNews

44 UHF 650 MHz TransTV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

Frekuensi TV Digital Jawa Timur

Jika tempat tinggal Anda berada di Jawa Timur, tenang saja, kami telah menyusun daftar frekuensi TV digital Jawa Timur yang mencakup kota-kota seperti Surabaya, Blitar, Malang, Lumajang, dan daerah lainnya. Anda dapat melihatnya daftarnya berikut ini:

Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
29 UHF 538 MHz SCTV

Indosiar

O Channel

Mentari TV

Rajawali TV

Kompas TV

32 UHF 562 MHz TV One

ANTV

Arek Televisi

35 UHF 586 MHz TVRI Jawa Timur

TVRI Nasional

TVRI Sport HD

TVRI World

38 UHF 619 MHz Rek TV

Metro TV

BBS TV

JTV

TV9

Magna Channel

BNTV

41 UHF 634 MHz RCTI

MNCTV

GTV

iNews

44 UHF 658 MHz TransTV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

Frekuensi TV Digital Jawa Tengah

Untuk Anda yang tinggal di Jawa Tengah dan sedang mencari informasi tentang frekuensi TV digital Jawa Tengah, kami menyediakan daftar lengkapnya dalam tabel di bawah ini. Silakan cek tabel ini untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan:

Baca juga:   Daftar Frekuensi Champions TV 5 dan 6 Terbaru di Semua Satelit
Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
28 UHF 530 MHz TVRI Nasional

TVRI Sport HD

TVRI Kanal 3

TVRI Jawa Tengah

TATV

TVKU

MJTV

29 UHF 538 MHz SCTV

Indosiar

O Channel

Mentari TV

36 UHF 594 MHz Metro TV

Rajawali TV

TV9

Magna Channel

BNTV

40 UHF 626 MHz TV One

ANTV

42 UHF 642 MHz TransTV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

Kompas TV

46 UHF 674 MHz RCTI

MNCTV

GTV

iNews

Frekuensi TV Digital Banten

Selain frekuensi TV digital Tangerang, penduduk Banten, termasuk di Cilegon, Pandeglang, dan Lebak, juga dapat mengakses frekuensi TV digital Indonesia KHZ 2023. Berikut adalah daftar frekuensi TV digital untuk wilayah Banten dan sekitarnya:

  • Banten 1 atau Cilegon
Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
24 UHF 498 MHz SCTV

Indosiar

O Channel

Mentari TV

32 UHF 562 MHz Metro TV

Magna Channel

BNTV

46 UHF 674 MHz Trans TV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

36 UHF 594 MHz Berita Satu
  • Banten 2 atau Pandeglang
Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
34 UHF 578 MHz tvOne

antv

40 UHF 626 MHz Trans TV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

36 UHF 594 MHz Berita Satu
  • Banten 3 atau Lebak
Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
36 UHF 594 MHz Berita Satu
33 UHF 570 MHz Metro TV

Magna Chanel

BNTV

31 UHF 554 MHz TVRI Nasional

TVRI DKI

TVRI Kanal 3

TVRI Sport HD

Frekuensi TV Digital Sumatera Barat

Untuk Anda yang tinggal di Sumatra Barat dan sedang mencari informasi tentang frekuensi TV digital Jawa Tengah, kami menyediakan daftar lengkapnya dalam tabel di bawah ini. Silakan cek tabel ini untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan:

  • Wilayah Sumatera Barat 1

Untuk wilayah sumatra barat 1, ini terdiri dari Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, dan Kota Pariaman. Adapun daftar frekuensi siaran TV digital wilayah ini, yaitu:

Channel (UHF) Frekuensi Stasiun TV
29 UHF 538 MHz TVRI Nasional

TVRI Sumatera Barat

TVRI World

TVRI Sports HD

30 UHF 546 MHz TVRI Nasional

TVRI Sumatera Barat

TVRI Wolrd

TVRI Sports HD

NET TV

RTV HD

Padang TV

40 UHF 626 MHz TVOne

ANTV

42 UHF 632 MHz Indosiar

SCTV

Metro TV

Magna Channel

BNTV

Cara Cek Sinyal TV Digital

Selain daerah-daerah yang telah disebutkan sebelumnya, ada wilayah lain di Indonesia yang juga sudah dapat menerima sinyal TV digital. Untuk menentukan apakah wilayah tempat tinggal Anda sudah tercakup dalam jangkauan ini, kamu dapat melakukan scaning melalui set top box (STB) atau langsung pada TV digital.

Sebelum Anda mencari frekuensi TV digital, ada juga cara lain untuk memeriksa berapa banyak frekuensi TV digital yang dapat diterima di wilayah Anda. Gunakan aplikasi bernama “SinyalTVDigital” untuk melakukan pengecekan ini. Untuk informasi lebih detail tentang cara melakukannya, silakan baca artikel kami di bawah ini.

Cara Mencari Channel TV Digital

Bagaimana caranya mencari saluran TV digital? Anda dapat dengan mudah melakukan pencarian saluran melalui pengaturan pada TV. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Menu” pada remot TV.
  2. Gunakan tombol navigasi untuk memilih “Saluran” dan tekan “Enter.”
  3. Pilih “Pemindaian Saluran” dan tekan tombol “Enter.”
  4. Pilih opsi “Jenis Saluran.”
  5. Kemudian, pilih antara “Analog,” “Digital,” atau “Semua Saluran” tergantung pada saluran yang ingin kamu cari.
  6. Tekan tombol “Enter” untuk memulai proses pemindaian.
  7. Tunggu hingga proses pemindaian saluran TV digital selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat dengan mudah mencari dan mengatur saluran TV digital pada TV yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Sinyal TV Digital Hilang

Ketika Anda baru saja beralih dari TV analog ke TV digital, seringkali Anda akan mengalami masalah sinyal yang hilang. Namun, tidak perlu khawatir atau frustrasi ya Sobat Warganet yang budiman.

Sebelum kita melakukan apa pun, penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan sinyal TV digital menjadi lemah. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada antena TV digital yang digunakan atau kondisi cuaca yang buruk.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan pengecekan sinyal TV digital, baik secara manual atau dengan menggunakan aplikasi tertentu. Atau membaca panduan yang sudah Kami berikan lengkap tentang sinyal TV Digital hilang.

Disclaimer: Informasi tentang frekuensi TV Digital dalam artikel ini mungkin berubah seiring perkembangan teknologi dan regulasi yang berlaku. Pastikan untuk selalu memeriksa sumber terpercaya dan otoritas terkait untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pengaturan dan frekuensi TV Digital di wilayah Anda.

Jadi, itulah daftar frekuensi TV Digital Indonesia UHF DVB-T2 MHz yang berlaku untuk beberapa wilayah yang telah terhubung. Daftar ini akan membantu Anda menemukan siaran TV digital dengan lebih mudah. Dengan informasi ini, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan saat mencari channel favoritmu!