Daftar Frekuensi TV Digital Bandung Terbaru & Sekitarnya Untuk STB

Seputarwarganet.com – Kamu pasti sudah tahu bahwa Pemerintah sudah resmi menonaktifkan siaran analog di kota Bandung dan sekitarnya, bukan? lalu, info mengenai frekuensi TV Digital Bandung sangat diperlukan, lho.

Oleh karena itu, sekarang kita harus beralih ke sinyal digital dengan menggunakan set top box, terutama bagi yang belum memiliki TV digital.

Sekarang, hal yang perlu kamu tahu adalah setiap channel TV digital di kota Bandung memiliki kode frekuensi yang berbeda.

Kode-kode ini sangat penting karena akan membantu kita saat ingin melakukan pemindaian ulang siaran TV digital secara manual.

Kamu bisa memasukkan kode frekuensi yang tepat untuk berbagai channel TV yang ada di Bandung, Jawa Barat.

Sekarang, biasanya, pengguna set top box bisa dengan mudah mendapatkan siaran TV digital secara maksimal dengan melakukan scanning otomatis.

Tapi, terkadang ada channel TV yang hilang atau tidak tertangkap. Nah, inilah saatnya kamu mencoba memindai manual dengan memasukkan frekuensi TV digital Bandung berikut ini:

Daftar Frekuensi TV Digital Bandung

Nah, sekarang, kami akan tunjukkan kepada kamu kumpulan channel TV yang bisa kamu nikmati di kota Bandung, Jawa Barat, lengkap dengan kode frekuensi terbaru.

Jadi, kamu bisa langsung mengetahui channel TV apa saja yang bisa kamu saksikan di daerahmu. Berikut ini adalah daftarnya:

Frekuensi 554 MHz (31 UHF)

Bagi Anda yang ingin menikmati channel seperti MNC Media, RCTI, GTV, MNCTV, iNews. dapat menggunakan frekuensi 554 MHz dengan kanal 31 UHF.

Frekuensi 562 MHz (32 UHF)

Pada frekuensi 562 MHz dengan kanal 32 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti Media Group News, Magna Channel, BNTV.

Frekuensi 586 MHz (35 UHF)

Pada saluran 35 UHF dengan frekuensi 586 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa Anda nikmati seperti LPP TVRI Jawa Barat, TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat, Net TV.

Frekuensi 618 MHz (39 UHF)

Untuk Surya Citra Media, SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, Rajawali TV, Saluran yang digunakan adalah di 39 UHF dengan frekuensi sebesar 618 MHz.

Frekuensi 666 MHz (45 UHF)

Selanjutnya, untuk Trans Media, Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV, Saluran yang digunakan adalah di 45 UHF dengan frekuensi sebesar 666 MHz.

Frekuensi 682 MHz (47 UHF)

Terakhir, Visi Media Asia, TV One, ANTV, dapat ditemukan pada frekuensi 682 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 47 UHF.

Sekarang, setelah kamu punya daftar Kode Frekuensi TV Digital Bandung, langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian secara manual.

Bagi yang masih menggunakan Set Top Box (STB) untuk menikmati siaran TV digital, cara ini masih sangat relevan.

Tapi, bagi pengguna TV digital, kamu hanya perlu melakukan pencarian otomatis untuk menampilkan semua saluran TV digital yang ada di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Baca juga:   Daftar Frekuensi TV Digital Medan Terbaru Untuk STB

Kami akan tunjukkan panduannya untuk menemukan siaran TV digital di Bandung dengan menggunakan Kode Frekuensi:

  1. Pertama, hidupkan TV digital dan STB kamu.
  2. Selanjutnya, pilih opsi “Pencarian” di layar utama.
  3. Kemudian, pilih metode pencarian “Manual”.
  4. Masukkan kode frekuensi sesuai dengan saluran yang ingin kamu tampilkan. Misalnya, jika kamu ingin mencari Surya Citra Media, SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, Rajawali TV, masukkan saluran 39 UHF dengan frekuensi 618 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan lalu tekan tombol “OK” pada remote control.
  6. TV digital akan mulai mencari saluran-saluran tersebut.

Tinggal kamu sabar dan tunggu hingga proses pencarian selesai. Dengan begitu, kamu bisa menikmati siaran TV digital di Bandung dengan lancar.

Kenapa Channel TV Digital Bandung Sedikit?

Jadi, kadang-kadang kamu mungkin mengalami masalah dengan siaran TV digital di Bandung, seperti ketiadaan sinyal atau hanya sedikit sinyal yang terdeteksi.

Itu adalah masalah yang sering dihadapi oleh warga Bandung yang baru saja melakukan pemindaian siaran TV digital menggunakan set top box DVB-T2.

Hal ini terjadi karena ada beberapa set top box yang belum sepenuhnya optimal dalam menangkap sinyal digital.

Jadi, akibatnya, saluran TV digital di Bandung bisa memiliki sedikit sinyal atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memastikan kamu menggunakan antena luar ruangan (outdoor) dengan posisi dan arah yang tepat.

Antena ini sangat berpengaruh dalam menerima sinyal digital secara maksimal, sehingga pemindaian saluran TV bisa lebih baik terdeteksi.

Selain antena, kamu juga perlu memeriksa apakah daerah tempat tinggalmu di Bandung sudah sepenuhnya terjangkau oleh sinyal digital.

Ada kemungkinan bahwa beberapa daerah di Bandung masih memiliki frekuensi TV digital yang lemah.

Sebagai informasi tambahan, setiap saluran TV digital di Bandung dilengkapi dengan kode frekuensi tersendiri berbeda dengan wilayah lainnya.

Kode ini sangat berguna ketika kamu ingin melakukan pemindaian manual terhadap siaran TV digital Bandung melalui set top box dan televisi digital.

Jadi, untuk melakukan pemindaian manual, kamu perlu mengetahui kode frekuensi dari setiap saluran televisi yang ingin kamu pindai.

Ini berbeda dengan metode otomatis yang hanya memerlukan waktu untuk menyimpan semua siaran TV digital tanpa memerlukan kode frekuensi.

Kesimpulan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan siaran TV digital di set top box adalah dengan melakukan pemindaian secara otomatis.

Namun, jika kamu hanya ingin menyimpan beberapa saluran TV tertentu, kamu bisa memasukkan kode frekuensi TV digital Bandung sesuai dengan saluran yang ingin kamu simpan.

Dengan daftar frekuensi TV digital Bandung terbaru di atas, proses pemindaian ulang siaran TV digital secara manual menggunakan STB atau perangkat lainnya akan menjadi lebih mudah.

Yang penting diingat adalah bahwa setiap saluran TV digital di Bandung memiliki kode frekuensi yang berbeda, dan ada kemungkinan perubahan di masa yang akan datang.

Jadi, pastikan kamu selalu memperbarui daftar frekuensi agar bisa terus menikmati siaran TV digital dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat ya!