Daftar Frekuensi TV Digital Pekanbaru, Riau Terbaru & Sekitarnya

Nurlita

Frekuensi-TV-Digital-Pekanbaru

Seputarwarganet.com – Nah, sekarang banyak banget siaran TV digital yang bisa kamu nikmatin di wilayah Pekanbaru, Riau, dan sekitarnya dengan menggunakan frekuensi TV Digital Pekanbaru terbaru.

Tapi nih, cara dapetinnya bisa lewat dua cara, yaitu scan otomatis atau scan manual dengan masukin kode frekuensi TV digital Pekanbaru ke set top box DVB-T2 atau TV kamu.

Tiap saluran TV digital punya kode frekuensi yang beda-beda, bahkan kadang suka berubah-ubah. Jadi, kadang-kadang beberapa channel bisa tiba-tiba hilang dari set top box atau TV kamu.

Kalo kamu mengalami hal kayak gitu, jangan khawatir. Caranya adalah dengan melakukan scan ulang siaran TV digital, entah itu secara otomatis atau manual. Nah, kami bakal kasih daftar kode frekuensi TV digital Pekanbaru terbaru di artikel ini.

Yuk, langsung catet nih kode frekuensi dibawah ini:

Daftar Frekuensi TV Digital Pekanbaru dan Sekitarnya

Nih, kami punya daftar frekuensi TV digital yang bisa kamu dapetin di Kabupaten Pekanbaru, Riau, dan daerah sekitarnya. Nah, kode-kode frekuensi ini bisa kamu gunain buat nge-scan ulang saluran TV digital secara manual.

Frekuensi 570 MHz (33 UHF)

Bagi kamu yang ingin menikmati channel seperti Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, SCTV, Indosiar, Metro TV. dapat menggunakan frekuensi 570 MHz dengan kanal 33 UHF.

Frekuensi 554 MHz (31 UHF)

Pada frekuensi 554 MHz dengan kanal 31 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti TVRI Nasional, TVRI Riau, TVRI World, TVRI Sport, TVRI Kepulauan Riau, RTV, NET, Kompas TV.

Frekuensi 618 MHz (39 UHF)

Pada saluran 39 UHF dengan frekuensi 618 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa kamu nikmati seperti Metro Tv, Magna Channel, Btntv, Bbs Tv, Jtv, Gajayana TV.

Frekuensi 666 MHz (45 UHF)

Terakhir, TV One, Antv, VTV, JPM, RCTI, MNC TV, GTV, iNews, dapat ditemukan pada frekuensi 666 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 45 UHF.

Setelah kamu mendapatkan daftar Kode Frekuensi TV Digital Pekanbaru, langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian secara manual.

Bagi yang masih menggunakan Set Top Box (STB) buat nonton siaran TV digital, cara ini tetap relevan dan perlu dilakukan.

Tapi buat yang punya TV digital biasa, kamu tinggal jalankan pencarian otomatis aja buat menampilkan semua channel TV digital yang ada di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya.

Baca juga:   Cara Setting Set top Box Mitsuyama TV Digital DVB-T2 Terbaru

Nah, berikut panduannya langkah demi langkah buat nemuin siaran TV digital di Pekanbaru dengan Kode Frekuensi yang kami berikan diatas:

  1. Hidupin TV digital dan STB.
  2. Pilih “Pencarian” yang ada di layar utama.
  3. Pilih metode “Manual”.
  4. Masukkan kode frekuensi sesuai sama channel yang mau kamu tampilin. Misalnya, kalo kamu mau nonton Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, SCTV, Indosiar, Metro TV, masukkan saluran 33 UHF dengan frekuensi 570 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan lalu “OK” di remote control.
  6. TV digital akan mulai nyari semua channel yang kamu masukkan. Sabar ya, tunggu sampai pencariannya selesai.

Ingat, kode frekuensi TV digital ini berlaku buat wilayah Pekanbaru dan sekitarnya, jadi kamu bisa nonton siaran TV digital dengan mudah pake panduan ini.

Kenapa Channel TV Digital Pekanbaru Sedikit?

Bagi banyak penduduk Pekanbaru dan sekitarnya yang baru saja beralih ke siaran digital, mungkin mereka mengalami kendala dalam menangkap siaran TV digital dengan baik.

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi situasi ini, tapi salah satu faktor yang paling penting adalah antena yang digunakan.

Cara kamu memasang antena, jenis antena yang digunakan, dan di mana kamu letakkan antena tersebut bisa berpengaruh besar pada jumlah saluran TV digital yang bisa kamu nikmati. Jadi, sangat penting untuk memastikan bahwa antena terpasang dengan benar.

Nih, kami punya panduan sederhana yang bisa kamu ikuti:

  1. Sambungkan kabel antena ke port antena di Set Top Box (STB) atau TV digital kamu. Pastikan kabelnya dalam kondisi baik, nggak ada karat, putus, sobek, atau rusak lainnya.
  2. Coba atur posisi antena supaya menghadap ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi kamu.
  3. Kamu bisa pakai aplikasi “Sinyal TV Digital” yang ada di Playstore buat cek posisi dan lokasi tower pemancar sinyal terdekat dari lokasi kamu sekarang. Atau, alternatifnya, kamu bisa tiru arah dan posisi antena yang berhasil digunakan oleh orang lain yang berhasil menangkap banyak saluran TV digital.

Setelah kamu ikuti langkah-langkah di atas, jangan lupa buat melakukan pemindaian ulang saluran TV digital yang kamu gunakan.

Dengan begitu kamu bisa lakukan secara otomatis atau manual dengan menggunakan daftar kode frekuensi TV digital Pekanbaru terbaru yang udah kami bagikan sebelumnya.

Ingat ya, tiap saluran TV digital di Pekanbaru punya kode frekuensi yang beda-beda, dan bisa jadi ada perubahan di masa depan yang perlu kamu perhatikan. Semoga info ini membantu, ya!

Share:

Nurlita

Seorang penulis professional dan berpengalaman menulis konten di beberapa media online Indonesia seputar pendidikan, teknologi hingga elektronik.

Tags

Artikel Terkait