Daftar Frekuensi TV Digital Pontianak Terbaru & Sekitarnya, Segera Update Sekarang!

Seputarwarganet.com – Sekarang, buat dapetin siaran TV digital yang maksimal di Pontianak, kamu butuh tahu tentang frekuensi TV Digital Pontianak terbaru.

Jadi, gini nih, belum lama ini siaran analog di Pontianak udah resmi pindah ke sinyal digital. Nah, karena itu, warga Pontianak dan sekitarnya perlu siapin set top box atau punya TV yang mendukung teknologi DVB-T2 buat nangkep siaran TV digital.

Tiap siaran TV digital di Pontianak punya kode frekuensi yang beda-beda, dan seringkali kode frekuensi ini suka berubah-ubah. Jadi, kalo nggak tahu kode frekuensinya, TV digital kamu bisa kehilangan sinyal.

Ditambah lagi, sekarang ada banyak siaran yang nggak ada di siaran analog. Buat dapetin siaran TV digital, kamu bisa pilih salah satu dari dua cara, yakni scan otomatis atau scan manual dengan masukin kode frekuensi siaran TV digital Pontianak dan lokasi sekitarnya.

Jadi, kalo kamu pengen tau kode frekuensi yang bener buat Pontianak dan sekitarnya, artikel ini akan ngasih daftarnya.

Menurut kami, ini penting banget buat scan siaran TV digital secara manual di set top box, TV digital, atau perangkat DVB-T2.

Dengan melakukan hal itu, akhirnya kamu bisa nonton lebih banyak channel TV digital dengan sinyal yang kuat dan gambar yang jernih.

Yuk, langsung catet nih kode frekuensi dibawah ini:

Daftar Frekuensi TV Digital Pontianak & Sekitarnya

Sekarang kami punya daftar kode frekuensi buat saluran TV digital di Pontianak, Kalimantan Barat, dan sekitarnya. Nih, kode-kodenya bisa kamu gunakan buat melakukan pemindaian ulang saluran TV digital secara manual:

Frekuensi 538 MHz (29 UHF)

Bagi Anda yang ingin menikmati channel seperti TVRI World, TVRI Nasional, TVRI Sport, TVRI Kalimantan Barat, RTV, NET TV, RCTI Network, Ruai TV, EdTV dan M2TV. dapat menggunakan frekuensi 538 MHz dengan kanal 29 UHF.

Frekuensi 554 MHz (31 UHF)

Pada frekuensi 554 MHz dengan kanal 31 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti Tvri Nasional, Tvri Sport HD, Tvri Jawa Timur, Tvri World, Malang Tv, Dhamma Tv, Batu Tv, Agropolitan Tv, Itv Malang.

Frekuensi 634 MHz (41 UHF)

Selanjutnya, untuk TransTV, Trans7, CNN Indonesia, CNCB, tvOne, ANTV, MNCTV, GTV Pontianak, dan iNews Pontianak, Saluran yang digunakan adalah di 41 UHF dengan frekuensi sebesar 634 MHz.

Frekuensi 682 MHz (47 UHF)

Terakhir, Indosiar, SCTV, Moji, Mentari TV, MetroTV Kalimantan Barat, dan Kompas TV, dapat ditemukan pada frekuensi 682 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 47 UHF.

Ok, sekarang, untuk dapetin siaran TV digital yang maksimal di Pontianak, kamu perlu tau tentang frekuensinya. Jadi, gini nih, belum lama ini siaran analog di Pontianak udah resmi pindah ke sinyal digital.

Baca juga:   Daftar Frekuensi SCTV Digital DVB-T2 Terbaru, Lengkap Untuk Seluruh Wilayah

Nah, kalo kamu masih pakai Set Top Box (STB) buat nonton siaran TV digital, metodenya masih berguna banget dan harus kamu lakuin.

Tapi, buat kamu yang udah punya TV digital, kamu tinggal nyalain TV trus lakukan pencarian otomatis buat tampilin semua saluran TV digital yang ada di wilayah Pontianak dan sekitarnya.

Nah, berikut panduan langkah demi langkahnya buat nyari siaran TV digital di Pontianak pake Kode Frekuensi:

  1. Hidupkan TV digital dan STB kalau kamu punya.
  2. Pilih opsi “Pencarian” yang ada di layar utama.
  3. Terus, pilih metode pencarian “Manual”.
  4. Sekarang, masukin kode frekuensi yang sesuai buat saluran yang mau kamu tampilin. Misalnya, kalo kamu mau nonton TransTV, Trans7, CNN Indonesia, CNCB, tvOne, ANTV, MNCTV, GTV Pontianak, dan iNews Pontianak, masukin kode frekuensi 47 UHF dengan frekuensi 682 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan trus pencet tombol “OK” di remote control.
  6. TV digital kamu bakal mulai nyari semua saluran yang kamu masukin tadi. Tunggu aja sampe proses pencarian selesai.

Oh, satu hal penting yang perlu diinget, kode frekuensi TV digital ini berlaku buat wilayah Pontianak dan sekitarnya juga, jadi kamu bisa nonton siaran-siaran TV digital dengan gampang pake panduan ini.

Kenapa Channel TV Digital Pontianak Sedikit?

Nah, buat kamu yang baru aja beralih ke siaran digital di Pontianak dan sekitarnya, mungkin kamu menghadapi beberapa kendala dalam menangkap siaran TV digital dengan baik.

Banyak faktor loh yang bisa memengaruhi masalah ini, tapi yang paling penting adalah antena yang kamu pakai.

Penempatan antena, jenis antena yang kamu gunakan, dan arahnya bisa berpengaruh besar pada jumlah saluran TV digital yang bisa kamu akses. Oleh karena itu, pastikan antenamu terpasang dengan benar.

Nih, kami punya panduan sederhana buat kamu ikuti:

  1. Colokkan kabel antena ke port antena di Set Top Box (STB) atau TV digital kamu. Pastikan kabel antena dalam kondisi baik, nggak ada karat, putus, sobek, atau rusak lainnya.
  2. Cobain atur posisi antena supaya menghadap ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasimu.
  3. Kamu bisa pakai aplikasi “Sinyal TV Digital” yang bisa diunduh di Playstore buat memantau posisi dan lokasi tower pemancar sinyal terdekat dari lokasimu saat ini. Atau, alternatifnya, kamu bisa ikutin arah dan posisi antena yang sukses digunakan oleh orang lain buat menangkap banyak saluran TV digital.

Setelah kamu ikuti langkah-langkah di atas, jangan lupa buat melakukan pemindaian ulang saluran TV digital kamu.

Bisa dilakukan secara otomatis atau manual dengan menggunakan daftar frekuensi TV digital Pontianak terbaru yang udah kami bagikan sebelumnya.

Ingat, tiap saluran TV digital di Pontianak punya kode frekuensi yang beda, dan bisa aja ada perubahan di masa mendatang yang perlu kamu perhatikan. Semoga info ini bermanfaat buat kamu!