Daftar Frekuensi TV Digital Solo Terbaru & Sekitarnya, Buruan Update Sekarang!

Seputarwarganet.com – Pertama-tama, mari kita bahas tentang frekuensi TV digital Solo. Setiap saluran TV lokal di Solo sekarang memiliki kode frekuensi TV digital yang unik.

Terkadang, kode ini bahkan bisa berubah, dan ini adalah alasan mengapa beberapa dari kita mungkin mendapati TV kita tiba-tiba kehilangan sinyal.

Jadi, solusinya adalah memasukkan kode frekuensi yang benar untuk daerah Solo agar kamu bisa mendapatkan semua saluran yang kamu inginkan.

Untungnya, kita punya daftar terbaru kode frekuensi TV digital Solo yang bisa kamu gunakan. Dengan daftar ini, kamu dapat melakukan pemindaian saluran TV digital secara manual.

Jadi, kamu tetap bisa menikmati siaran TV digital yang lebih jernih. Yuk, kita lihat daftar frekuensinya!

Frekuensi TV Digital Solo dan Sekitarnya

Nah, sekarang kita punya daftar frekuensi TV digital yang bisa kamu gunakan buat nyari saluran TV digital secara manual di set top box atau TV digital kamu di Solo, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Jadi, ini dia daftarnya:

Frekuensi 506 MHz (25 UHF)

Bagi Anda yang ingin menikmati channel seperti Surya Citra Media, SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV. dapat menggunakan frekuensi 506 MHz dengan kanal 25 UHF.

Frekuensi 522 MHz (27 UHF)

Pada frekuensi 522 MHz dengan kanal 27 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti Media Group News, Metro TV, Magna Channel, BNTV.

Frekuensi 538 MHz (29 UHF)

Pada saluran 29 UHF dengan frekuensi 538 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa Anda nikmati seperti LPP TVRI Yogyakarta, TVRI Nasional, TVRI Jogja, TVRI jawa Tengah, TVRI Kanal 3, TVRI Sport HD, Nusantara TV, Inspira TV, ADItv, JITV, Tegar TV Jogja, TATV/Sangaji TV, Rajawali Televisi, NET TV.

Frekuensi 586 MHz (35 UHF)

Untuk Visi Media Asia, tvOne, ANTV, Saluran yang digunakan adalah di 35 UHF dengan frekuensi sebesar 586 MHz.

Frekuensi 634 MHz (41 UHF)

Selanjutnya, untuk MNC Media,RCTI, GTV, MNCTV, iNews, Saluran yang digunakan adalah di 41 UHF dengan frekuensi sebesar 634 MHz.

Frekuensi 682 MHz (47 UHF)

Terakhir, Trans Media, Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV, RBTV, dapat ditemukan pada frekuensi 682 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 47 UHF.

Nih, sekarang supaya bisa nonton TV digital sepuasnya di Solo, kita perlu tahu beberapa kode frekuensi yang udah kita siapin di atas tadi.

Baca juga:   4 Cara Setting Suara TV Polytron Tabung & Led, Hasilnya Pasti Jernih!

Jadi begini, baru-baru ini siaran TV analog di Solo udah beralih ke siaran digital. Buat kamu yang masih pake Set Top Box (STB) buat nonton TV digital, cara ini masih relevan dan perlu kamu lakuin, gak ribet kok.

Kalo kamu pake TV digital biasa, langkahnya lebih simpel lagi. Kamu tinggal nyalain TV, lalu cari menu pencarian otomatis buat dapetin semua channel TV digital di Solo dan sekitarnya.

Yuk, ikutin panduannya satu per satu buat nemuin siaran TV digital di Solo pake Kode Frekuensi yang udah kita kasih tadi:

  1. Hidupin TV digital dan STB.
  2. Pilih “Pencarian” di menu utama.
  3. Pilih metode “Manual”.
  4. Masukin kode frekuensi sesuai dengan channel yang kamu mau tonton. Misalnya, kalo kamu mau nonton Trans Media, Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV, RBTV, masukin kode saluran 47 UHF dengan frekuensi 682 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan kemudian “OK” di remote control.
  6. TV digital bakal mulai nyari semua channel yang kamu masukin tadi. Sabar ya, tunggu sampai pencarian selesai.

Ingat, kode frekuensi TV digital ini berlaku untuk Solo dan sekitarnya, jadi kamu bisa dengan gampang menikmati siaran TV digital pake panduan ini.

Kenapa Channel TV Digital Solo Sedikit?

Nah, buat teman-teman di Solo dan sekitarnya yang baru aja beralih ke siaran digital, mungkin ada yang agak bingung gimana cara nangkep acara TV digital, kan?

Nah, sebenarnya, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi ini, tapi yang paling penting adalah antenanya. Jadi, bagaimana caranya supaya antenanya pas dan kita bisa nonton banyak channel TV digital?

Gampang kok, ini panduan yang bisa kamu ikuti:

  1. Colok kabel antena ke port antena di Set Top Box (STB) atau TV digital. Pastikan kabelnya masih bagus, gak ada karat, putus, sobek, atau rusak.
  2. Atur posisi antenanya biar menghadap ke arah pemancar sinyal terdekat dari tempat kamu berada.
  3. Kalau kamu gak yakin arahnya, kamu bisa pakai aplikasi “Sinyal TV Digital” yang ada di Playstore. Nanti bisa cek posisi dan lokasi tower pemancar sinyal terdekat dari tempat kamu. Atau, kamu juga bisa nanya sama yang lain yang punya antena bagus, tinggal tiru aja arah dan posisi antenanya.

Nah, setelah kamu ikuti langkah-langkah di atas, jangan lupa lakukan pemindaian ulang saluran TV digital kamu.

Pemindaian bisa dilakukan secara otomatis atau manual, tergantung dari daftar kode frekuensi TV digital Solo yang terbaru yang sudah kita bagikan sebelumnya.

Ingat, tiap saluran TV digital di Solo punya kode frekuensi yang berbeda-beda, dan bisa aja ada perubahan di masa depan. Semoga penjelasan ini membantu, ya!