Jawaban Soal Gandum, Beras, Ketan, Jagung Adalah Contoh Dari Bahan Pangan

Seputarwarganet.com – Ada banyak neis bahan pangan didunia ini. Oleh sebab itu menjawab pertanyaan gandum beras ketan jagung adalah contoh dari bahan pangan mungkin membingungkan bagi sebagian orang.

Apa yang menjadi bahan pangan utama di sekitar kita? Salah satunya adalah serealia. Namun, apa saja contoh bahan pangan dari kelompok serealia tersebut?

Gandum, beras, ketan, dan jagung, apakah semuanya termasuk ke dalam kelompok serealia? Jangan lewatkan pembahasan kami di postingan ini untuk mengetahui jawaban yang tepat dan informasi menarik seputar bahan pangan serealia.

Soal: Gandum, Beras, Ketan, Jagung Adalah Contoh Dari Bahan Pangan

A. Serealia
B. Umbi-Umbian
C. Sorgum
D. Kacang-kacangan

Jawaban

Bahan pangan adalah segala jenis bahan yang digunakan untuk diolah menjadi makanan atau minuman. Di antara bahan pangan yang umum dikonsumsi oleh manusia adalah serealia, umbi-umbian, sorgum, dan kacang-kacangan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat akan pertanyaan tersebut adalah A. Serealia.

Pembahasan

Bahan pangan adalah segala jenis bahan yang digunakan untuk diolah menjadi makanan atau minuman. Di antara bahan pangan yang umum dikonsumsi oleh manusia adalah serealia, umbi-umbian, sorgum, dan kacang-kacangan.

Serealia adalah tumbuhan yang menghasilkan biji-bijian yang dapat dimakan, seperti gandum, beras, ketan, dan jagung. Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A. Serealia.

Baca juga:   [JAWABAN] Alat Yang Biasa Digunakan Untuk Ukir Tekan Dibuat Dari Bahan

Umbi-umbian adalah tumbuhan yang memiliki akar yang dapat dimakan, seperti kentang, ubi jalar, dan singkong. Sorgum adalah sejenis rumput yang bijinya digunakan untuk diolah menjadi tepung dan minuman. Kacang-kacangan adalah tumbuhan yang bijinya terbungkus dalam kulit, seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang tanah.

Jadi, meskipun umbi-umbian, sorgum, dan kacang-kacangan juga termasuk bahan pangan, namun mereka tidak termasuk dalam contoh-contoh bahan pangan yang disebutkan dalam pertanyaan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang, maka konsumsi bahan pangan dari berbagai jenis kelompok makanan sangat penting.

Meskipun serealia, termasuk gandum, beras, ketan, dan jagung, memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, tetapi mereka juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Setelah membaca pembahasan kami, dapat disimpulkan bahwa gandum, beras, ketan, dan jagung adalah contoh bahan pangan yang termasuk ke dalam kelompok serealia.

Meskipun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, bahan pangan serealia juga mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral.

Oleh karena itu, konsumsi bahan pangan dari berbagai kelompok makanan secara seimbang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kamu untuk menjaga kesehatan dan memilih bahan pangan yang tepat