[JAWABAN] Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber energy panas bumi. hal tersebut karena indonesia memiliki

Seputarwarganet.com – Disini Kami akan memberikan jawaban dari pertanyaan indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber energy panas bumi. hal tersebut karena indonesia memiliki berikut penjelasannya.

kebutuhan energi semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi dan perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, mencari sumber energi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut menjadi semakin penting. Salah satu sumber energi yang menjanjikan adalah energi panas bumi.

Dan di Indonesia, potensi energi panas bumi sangat besar. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di atas cincin api Pasifik yang menyebabkan banyak terdapat gunung berapi aktif di negara ini.

Pertanyaan

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber energy panas bumi. hal tersebut karena indonesia memiliki ….

Jawaban

Dari ulasan diatas, Menurut Kami jawaban yang benar adalah Sumber daya panas bumi yang melimpah.

Pembahasan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi energi panas bumi yang sangat besar di dunia. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di atas cincin api Pasifik dan memiliki banyak gunung berapi aktif.

Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Indonesia memiliki potensi energi panas bumi sebesar 29.000 Megawatt (MW), dimana potensi tersebut terdapat di 271 lokasi di seluruh Indonesia.

Pulau Jawa merupakan daerah dengan potensi energi panas bumi terbesar di Indonesia, dengan potensi mencapai 12.200 MW.

Selain itu, potensi energi panas bumi juga terdapat di Sumatera, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Pengembangan sumber daya energi panas bumi ini dapat mendukung kebutuhan energi di Indonesia, terutama untuk mengatasi masalah kekurangan pasokan energi di beberapa daerah.

Manfaat energi panas bumi tidak hanya untuk pembangkit listrik, tetapi juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor lainnya.

Seperti dalam sektor industri, pertanian, dan pariwisata. Dalam sektor industri, energi panas bumi dapat dimanfaatkan untuk memproduksi bahan kimia, pupuk, dan kertas.

Dalam sektor pertanian, energi panas bumi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi tanaman seperti padi, tebu, dan sayuran.

Sedangkan dalam sektor pariwisata, energi panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata seperti air panas dan kolam renang alami.

Namun, pengembangan sumber daya energi panas bumi juga memiliki tantangan yang perlu diatasi. Beberapa tantangan tersebut antara lain adalah masalah teknologi, keterbatasan modal, dan masalah lingkungan.

Teknologi yang digunakan dalam pengembangan sumber daya energi panas bumi harus terus dikembangkan agar lebih efisien dan dapat menghasilkan energi yang lebih besar.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk pengembangan energi panas bumi cukup besar, sehingga memerlukan investasi yang besar pula.

Baca juga:   Jawaban Soal Faktor Pemersatu Bagi Bangsa Indonesia Yaitu

Masalah lingkungan juga harus diperhatikan karena pengembangan sumber daya energi panas bumi dapat memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitar.

Dalam rangka mengatasi tantangan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah untuk mengembangkan sumber daya energi panas bumi.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan target energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 23% dari total kapasitas energi nasional pada tahun 2025, dimana energi panas bumi menjadi salah satu sumber energi yang diutamakan.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mendorong kerjasama antara pihak swasta dan pemerintah untuk mengembangkan sumber daya energi panas bumi.

Dengan potensi energi panas bumi yang besar, pengembangan sumber daya energi panas bumi di Indonesia akan menjadi faktor penting dalam mendukung kebutuhan energi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Dalam jangka panjang, energi panas bumi diharapkan dapat mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil yang semakin langka dan mahal.

Selain itu, pengembangan sumber daya energi panas bumi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan lapangan kerja dan pendapatan.

Untuk mengoptimalkan potensi energi panas bumi di Indonesia, pemerintah dan pihak swasta perlu bekerja sama dalam mengatasi tantangan dan mengembangkan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan adalah teknologi Enhanced Geothermal System (EGS), yang dapat meningkatkan produktivitas sumur geothermal dan memperluas area potensi energi panas bumi yang dapat dimanfaatkan.

Pengembangan sumber daya energi panas bumi di Indonesia juga perlu memperhatikan aspek lingkungan.

Pemanfaatan energi panas bumi dapat memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitar, seperti penurunan kualitas air dan tanah, serta kerusakan ekosistem.

Oleh karena itu, perlu dilakukan studi lingkungan yang komprehensif dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan meminimalkan dampak negatif.

Secara keseluruhan, potensi energi panas bumi di Indonesia sangat besar dan dapat menjadi salah satu sumber energi alternatif yang berkelanjutan untuk mengatasi kebutuhan energi di Indonesia.

Dalam pengembangannya, perlu dilakukan kerjasama antara pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat untuk mengatasi tantangan dan memperkuat aspek lingkungan demi tercapainya pembangunan energi yang berkelanjutan di Indonesia.

Dari pembahasan diatas, Kami dapat menyimpulkan dan memberikan jawaban yang tepat terkait pertanyaan Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber energy panas bumi. hal tersebut karena indonesia memiliki Sumber daya panas bumi yang melimpah.