Jaringan komputer yang ada saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung atau disebut juga

Jawaban dari pertanyaan jaringan komputer yang ada saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung atau disebut juga wired network.

Lalu apa itu wired network? Temukan ulasan pada artikel dibawah ini.

Pengertian Wired Network

Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia kata wire yakni merupakan kawat dan network adalaj jaringan. Jadi wired network dapat diartikan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai sarana penghubung.

Definisi wired network merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan transmisi jaringan yang menggunakan kabel sebagai sarana penghubung.

Media kabel memiliki banyak kekurangannya, Yakni jika menggunakan kabel ini tentu akan membutuhkan tempat ekstra. Oleh karena itu teknologi wired network masih dapat dikatakan tidak efisien dan tidak optimal ketika digunakan.

Kelebihan Wired Network

Stabilitas dan Keandalan

Ketika dikonfigurasi dan digunakan dengan benar, wired network dapat memberikan keandalan yang tak tertandingi. Segera setelah hub, sakelar, dan kabel dipasang, Kamu dapat memiliki jaringan yang andal.

Koneksi kabel tidak terpengaruh oleh koneksi jaringan lain di sekitarnya atau terhambat oleh masalah konektivitas seperti halnya rekan nirkabel mereka. Inilah sebabnya mengapa Kamu akan menemukan bahwa infrastruktur berbasis jaringan kabel umumnya lebih stabil.

Kecepatan Lebih Cepat dan Konektivitas Tinggi

Wired network memberikan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada jaringan nirkabel. Kecepatan terus meningkat sejak penggunaan router Gigabit menjadi praktik umum. Selain itu, jaringan kabel memiliki sejumlah pengguna terbatas yang terhubung setiap saat, sehingga jarang terhambat oleh lalu lintas yang tidak terduga – memberikan kecepatan tinggi yang hampir konstan setiap saat.

Selain itu, karena kabel ethernet terpisah digunakan untuk menghubungkan masing-masing perangkat secara langsung ke jaringan, pengguna tidak dapat mengalami masalah konektivitas umum (seperti titik mati, misalnya), saat terhubung ke jaringan kabel.

Keamanan yang Lebih Baik

Setelah firewall dan aplikasi keamanan lain yang diperlukan dikonfigurasi pada jaringan, jaringan kabel cukup terlindungi dari akses yang tidak diinginkan dan tidak sah. Koneksi semacam itu dapat memberikan perlindungan yang cukup bagi kantor untuk operasi bisnis sehari-hari, selama jaringan dipantau untuk setiap aktivitas yang sangat mencurigakan.

Baca juga:   Jawaban Soal Produk Pangan Setengah Jadi Bentuk Butiran Besar Dari Umbi Yaitu

Aksesibilitas

Wired network tidak terlihat oleh perangkat di jaringan lain. Ini berarti hampir tidak mungkin bagi pengguna di luar jaringan untuk mencoba dan langsung terhubung ke jaringan. Pada saat yang sama, perangkat apa pun yang dapat mengakses jaringan kabel dapat berkomunikasi secara bebas dengan perangkat lain di jaringan, selama diizinkan. Dan ini berarti, admin jaringan dapat menjalankan kontrol akses pengguna tingkat tinggi dengan relatif mudah.

Kekurangan Wired Network

Ketidaknyamanan Karena Kurangnya Mobilitas

Tak perlu dikatakan, jaringan kabel sangat tidak fleksibel dalam hal mobilitas. Untuk dapat mengakses jaringan kabel di lokasi yang berbeda, tidak ada pilihan lain selain menjalankan kabel tambahan dan memasang sakelar di lokasi tersebut – yang mungkin atau mungkin tidak selalu merepotkan, tergantung pada seberapa banyak mobilitas yang dituntut oleh bisnis atau staf .

Mungkin Membutuhkan Lebih Banyak Waktu untuk Menginstal

Untuk menghubungkan setiap perangkat secara langsung ke jaringan, pemasangan sakelar, router, dan hub dapat menjadi proses yang panjang dan rumit. Pemasangan jaringan kabel mungkin juga memakan waktu lebih lama, karena lebih banyak komponen mungkin diperlukan, tergantung pada ukuran infrastruktur dan persyaratan lainnya.

Infrastruktur yang Lebih Besar Membutuhkan Lebih Banyak Pemeliharaan

Jika Kamu mengatur jaringan kabel kecil, mungkin atau mungkin tidak memerlukan server. Namun, begitu Kamu mulai mengembangkan jaringan atau mulai menambahkan lebih banyak perangkat ke jaringan, penting untuk menginstal server, untuk menangani bandwidth dan beban jaringan yang diperlukan. Dalam situasi seperti itu, biaya pemeliharaan bisa meningkat. Selain itu, Kmau mungkin juga perlu mempekerjakan staf untuk mengawasi pemeliharaan, jika Kamu perlu menyiapkan beberapa server.

Sedikit Ketidaknyamanan Karena Terlalu Banyak Kabel

Mengandalkan jaringan kabel berarti berurusan dengan sekumpulan kabel yang tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga merepotkan. Kabel ethernet juga bisa terputus oleh staf kantor atau petugas kebersihan, karena kesalahan. Namun, kerugian ini mungkin tidak mengganggu Kamu jika keamanan, stabilitas, dan keandalan koneksi jaringan lebih diprioritaskan untuk bisnis.

Jaringan komputer yang ada saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung atau disebut juga

Dari uraian diatas Kita sudah dapat menjawab jaringan komputer yang ada saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung atau disebut juga wired network. Semoga bermanfaat.