[JAWABAN] Jaringan Yang Terbentuk Dari Beberapa Jaringan Local Disebut Jaringan

Seputarwarganet.com – Ada banyak jenis jaringan komputer yang tersedia saat ini, Hal itulah yang membuat bingung Kamu ketika ingin menjawab soal dari pertanyaan jaringan yang terbentuk dari beberapa jaringan local disebut jaringan.

Jangan khwatir, Di sini kami akan memberikan jawaban serta pembahasannya terkait soal pertanyaan diatas yang akan dijelasakan lengkap disini.

Dalam dunia teknologi informasi, jaringan komputer adalah salah satu hal yang sangat penting dan vital. Hampir semua perusahaan atau organisasi saat ini menggunakan jaringan komputer.

Hal itu dilakukan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain untuk berbagi sumber daya seperti file, printer, dan koneksi internet.

Namun, tidak semua jaringan komputer memiliki ukuran dan cakupan yang sama. Ada beberapa jenis jaringan komputer yang umum dikenal, yaitu LAN, MAN, dan WAN.

Di antara ketiganya, WAN (Wide Area Network) mungkin adalah yang paling kompleks dan memiliki cakupan yang paling luas.

Soal Jaringan Yang Terbentuk Dari Beberapa Jaringan Local Disebut Jaringan

A. WAN
B. LAN
C. MAN
D. TCP/IP
E. Komputer

Jawaban

WAN dibentuk dari beberapa jaringan lokal (LAN) yang terhubung satu sama lain melalui perangkat keras dan perangkat lunak jaringan yang kompleks.

Dari dasar itulah, jawaban yang benar terkait pertanyaan diatas adalah A. WAN.

Pembahasan

Jaringan terdiri dari beberapa perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain untuk berbagi sumber daya seperti file, printer, dan koneksi internet. Terdapat tiga jenis jaringan komputer yang umum dikenal, yaitu:

  • LAN (Local Area Network): jaringan yang terbatas pada area yang relatif kecil seperti satu gedung atau kantor.
  • MAN (Metropolitan Area Network): jaringan yang mencakup area yang lebih besar dari LAN, seperti area kota atau kabupaten.
  • WAN (Wide Area Network): jaringan yang mencakup area yang sangat besar, bahkan melintasi negara atau benua. WAN dibentuk dari beberapa jaringan lokal (LAN) yang terhubung satu sama lain melalui perangkat keras dan perangkat lunak jaringan yang kompleks.
Baca juga:   Jawaban Soal Fungsi Gerakan Peralihan GP Dalam Senam Aerobik Adalah

Dalam konteks soal, karena jaringan yang terbentuk terdiri dari beberapa jaringan lokal, maka jawaban yang tepat adalah WAN.

Oleh karena itu, pilihan A adalah jawaban yang benar. Pilihan B, C, D, dan E bukanlah jawaban yang tepat karena tidak sesuai dengan definisi jaringan yang terbentuk dari beberapa jaringan lokal.

Jaringan WAN umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang memiliki beberapa kantor atau cabang yang terletak di berbagai lokasi geografis yang berbeda.

Dalam jaringan WAN, data dan informasi dikirimkan melalui koneksi jarak jauh seperti koneksi satelit, kabel fiber optik, atau koneksi nirkabel.

Untuk memastikan keamanan data dalam jaringan WAN, perusahaan biasanya menggunakan teknologi VPN (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi virtual.

VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan pribadi dari jarak jauh melalui koneksi internet dengan enkripsi data yang kuat untuk melindungi data dari ancaman keamanan.

Jaringan WAN juga membutuhkan perangkat jaringan khusus seperti router, switch, dan firewall untuk mengontrol dan mengelola lalu lintas data dalam jaringan tersebut.

Semua perangkat dalam jaringan WAN harus terhubung dengan perangkat ini untuk memastikan pengiriman data yang efektif dan efisien.

Dalam kesimpulan, jaringan WAN merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa jaringan lokal (LAN) yang terhubung satu sama lain melalui perangkat keras dan perangkat lunak jaringan yang kompleks. Semoga penjelasan ini membantu ya!