Jelaskan berbagai tipe koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet

Jawaban dari pertanyaan jelaskan berbagai tipe koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet akan Kita ulas pada artikel dibawah ini.

Lalu apa saja tipe koneksi untuk menghubungkan komputer ke internet?

Berbagai Macam Tipe Koneksi Internet

Ada 3 macam tipe koneksi untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet yaitu:

  1. Dial-up (kecepatan akses internet dial up mela)
  2. ADSL (Kecepatan akses internet ADSL)
  3. LAN (Kecepatan akses internet LAN)
  4. Internet Kabel (Kecepatan akses internet)

Koneksi Internet Dial-up

Koneksi dial-up menggunakan saluran telepon standar dan modem analog untuk mengakses Internet dengan kecepatan transfer data (DTR) hingga 56 Kbps.

Koneksi dial-up adalah cara paling murah untuk mengakses Internet, tetapi juga koneksi paling lambat.

Koneksi dial-up dibuat ketika dua atau lebih perangkat komunikasi menggunakan jaringan telepon umum (PSTN) untuk menyambung ke penyedia layanan Internet (ISP).

Banyak daerah terpencil yang bergantung pada koneksi dial-up Internet karena broadband dan kabel jarang ditemukan di daerah terpencil dengan jumlah penduduk yang rendah.

Koneksi Internet ADSL

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi yang memfasilitasi transmisi data cepat pada bandwidth yang cukup tinggi pada saluran telepon kabel tembaga yang ada ke rumah dan bisnis.

Tidak seperti layanan saluran telepon tembaga dial-up biasa, ADSL menyediakan koneksi broadband yang selalu tersedia dan selalu aktif.

ADSL bersifat asimetris karena menggunakan sebagian besar saluran untuk mengirimkan hilir ke pengguna dan hanya sebagian kecil untuk mengunggah informasi dari pengguna.

Pada tahun 2000, koneksi ADSL dan bentuk lain dari DSL berkecepatan tinggi tersedia di daerah perkotaan.

ADSL secara bersamaan menampung informasi dan data analog (suara) pada saluran telepon yang sama. Biasanya ditawarkan dengan kecepatan data koneksi internet hilir dari 512 kilobit per detik (Kbps) hingga sekitar 6 megabit per detik (Mbps).

Dengan ADSL — dan bentuk DSL lainnya — penyedia layanan telepon bersaing dengan penyedia layanan internet dan berbagai metode koneksi internet, seperti modem, router Wi-Fi, dan penyedia kabel fiber optik.

Koneksi Internet LAN

Koneksi LAN (local area network) adalah kumpulan perangkat yang terhubung bersama di satu lokasi fisik, seperti gedung, kantor, atau rumah.

Baca juga:   Jawaban Soal Rangkaian Alat Elektronika Yang Sederhana Dan Dimanfaatkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Disebut

LAN bisa kecil atau besar, mulai dari jaringan rumah dengan satu pengguna hingga jaringan perusahaan dengan ribuan pengguna dan perangkat di kantor atau sekolah.

Terlepas dari ukurannya, karakteristik penentu tunggal LAN adalah menghubungkan perangkat yang berada dalam satu area terbatas.

Sebaliknya, jaringan area luas (WAN) atau jaringan area metropolitan (MAN) mencakup wilayah geografis yang lebih besar. Beberapa WAN dan MAN menghubungkan banyak LAN secara bersamaan.

Koneksi Internet Kabel

Internet kabel adalah bentuk koneksi berkecepatan tinggi yang menggunakan infrastruktur televisi kabel untuk menyediakan akses ke end user.

Oleh karena itu, jaringan yang menyediakan koneksi TV kabel sama dengan jaringan yang memungkinkan Kamu mengakses Internet.

Dengan demikian, akses Internet kabel biasanya dibundel dengan saluran TV, dan layanan ini terutama berasal dari penyedia layanan TV kabel lokal.

Bagaimana Cara Kerja Internet Kabel?

Agar Internet kabel berfungsi, Kamu memerlukan dua hal—modem di dalam rumah dan kabel atau kabel koaksial yang mengalir dari modem ke sistem terminasi modem kabel (CMTS) yang ditempatkan di tempat penyedia layanan Internet (ISP).

Sederhananya, Internet kabel bekerja dengan menghubungkan modem ke CMTS menggunakan kabel koaksial. Prosesnya divisualisasikan oleh gambar di bawah ini.

Untuk lebih memahami apa itu kabel internet dan cara kerjanya, mari selami lebih dalam istilah-istilah ini:

  • Modem: Ini adalah kotak kecil di dalam rumah yang memfasilitasi komunikasi antara komputer dan sistem penyedia layanan kabel. sebagian besar perusahaan kabel menyediakan pelanggan dengan perangkat keras ini sering dikombinasikan dengan router sehingga dapat menghubungkan beberapa gadget ke Internet.
  • CMTS: Ini adalah perangkat keras yang ditemukan di fasilitas atau situs perusahaan kabel. Perlu berkomunikasi dengan modem di rumahssehingga Kamu dapat memiliki akses kabel Internet.
  • Kabel koaksial: Ini memungkinkan transmisi data jarak jauh. Ini menghubungkan modem ke penyedia CMTS bahkan ketika yang terakhir jauh dari rumah.

Jelaskan berbagai tipe koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet

Dari penjelasan diatas ada empat tipe koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet yaitu koneksi internet Dial-up, koneksi internet ADSL, koneksi internet LAN, dan koneksi internet kabel.

Dari artikel diatas Kamu sudah menjelaskan berbagai tipe koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet. Semoga bermanfaat.