[JAWABAN] Jenis Jaringan Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi Antarkomputer Dalam Satu Wilayah Provinsi Adalah

Seputarwarganet.com – Apakah Kamu pernah bertanya-tanya tentang Jenis Jaringan Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi Antarkomputer Dalam Satu Wilayah Provinsi Adalah?

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, jaringan komputer memainkan peran penting dalam memudahkan komunikasi dan berbagi sumber daya antar lokasi yang terpisah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis jaringan apa yang paling tepat digunakan dalam lingkup wilayah yang lebih luas seperti satu wilayah provinsi.

Pada postingan blog ini, kami akan membahas secara detail mengenai jenis jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi antarkomputer dalam satu wilayah provinsi.

Kami akan membahas setiap pilihan jawaban yang ada, dan menjelaskan mengapa satu jenis jaringan lebih tepat dibandingkan dengan yang lainnya.

Dengan membaca artikel ini, Kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis jaringan yang tepat dan menemukan jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut.

Soal Jenis Jaringan Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi Antarkomputer Dalam Satu Wilayah Provinsi Adalah

A. LAN
B. WAN
C. MAN
D. GAN
E. BAN

Jawaban

Dari penjelasan yang Kami berikan dibawah ini, jawaban yang tepat adalah C. MAN.

Pembahasan

Jaringan komputer adalah kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur yang terhubung satu sama lain untuk berbagi sumber daya dan informasi.

Jaringan dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jarak geografis dan cakupannya, seperti berikut:

  • A. LAN (Local Area Network): jaringan kecil yang meliputi area yang terbatas, seperti dalam sebuah bangunan atau kampus kecil.
  • B. WAN (Wide Area Network): jaringan yang mencakup area yang lebih luas, seperti antara kota atau bahkan negara yang terhubung melalui internet atau koneksi jarak jauh.
  • C. MAN (Metropolitan Area Network): jaringan yang mencakup area geografis yang lebih besar, seperti sebuah kota atau wilayah provinsi.
  • D. GAN (Global Area Network): jaringan global yang menghubungkan organisasi dan perusahaan di seluruh dunia.
  • E. BAN (Body Area Network): jaringan nirkabel yang terdiri dari perangkat yang terpasang pada atau di sekitar tubuh manusia.
Baca juga:   Jawaban Soal Berikut Ini Macam Macam Simpul Pada Makrame Kecuali Simpul

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah MAN (Metropolitan Area Network). MAN adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan yang terhubung satu sama lain di wilayah geografis yang luas, seperti sebuah kota atau wilayah provinsi.

Contohnya, MAN dapat digunakan oleh pemerintah dalam menghubungkan kantor-kantor pemerintahan di seluruh kota atau provinsi yang sama, atau oleh perusahaan dalam menghubungkan kantor-kantor cabang di seluruh wilayah yang sama.

MAN biasanya digunakan untuk memudahkan komunikasi dan berbagi sumber daya antara komputer dan perangkat jaringan yang terhubung di dalam jaringan.

Beberapa sumber daya yang dapat dibagi di dalam MAN antara lain data, aplikasi, printer, dan perangkat penyimpanan.

Dengan MAN, perusahaan atau organisasi dapat mempercepat aliran informasi dan meningkatkan efisiensi kerja antara kantor-kantor cabang atau lokasi yang terhubung di dalam jaringan.

Namun, untuk mengimplementasikan MAN diperlukan biaya yang cukup besar untuk membangun infrastruktur jaringan yang handal dan berkualitas.

Selain itu, MAN juga memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang baik agar jaringan tetap stabil dan dapat berjalan dengan optimal.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis jaringan yang tepat digunakan untuk berkomunikasi antarkomputer dalam satu wilayah provinsi adalah MAN (Metropolitan Area Network).

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami lebih lanjut tentang jenis jaringan yang tepat digunakan dalam satu wilayah provinsi.