Jawaban Soal Jenis Kabel Yang Dihubungkan Ke Tanah Disebut Dengan Kabel

Seputarwarganet.com – Ada banyak jenis kabel listrik yang digunakan saat ini, Oleh sebab itu pertanyaan tentang jenis kabel yang dihubungkan ke tanah disebut dengan kabel menjadi soal yang sulit dijawab.

Apakah Kamu pernah melihat kabel berwarna hijau-kuning yang selalu terhubung ke tanah atau bumi pada sistem listrik atau peralatan elektronik?

Kabel tersebut disebut dengan kabel Ground atau Grounding Cable, yang memiliki peran penting dalam melindungi peralatan dan pengguna dari bahaya listrik.

Namun, apakah Kamu tahu mengapa kabel tersebut harus dihubungkan ke tanah dan bagaimana kabel Ground bekerja?

Pada postingan artikel ini, kami akan membahas secara lengkap jawaban dari pertanyaan tersebut, serta menjelaskan beberapa hal penting terkait sistem grounding dan jenis kabel Ground yang umum digunakan.

Simak penjelasannya di bawah ini!

Soal Jenis Kabel Yang Dihubungkan Ke Tanah Disebut Dengan Kabel

A. Neutral
B. Ground
C. Hot
D. Shielded

Jawaban

Kabel Ground atau Grounding Cable adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan sistem elektronik atau listrik ke bumi atau tanah.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. Ground.

Pembahasan

Kabel Ground atau Grounding Cable adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan sistem elektronik atau listrik ke bumi atau tanah.

Tujuannya adalah untuk melindungi peralatan elektronik dari kerusakan dan bahaya listrik, serta memastikan keamanan pengguna. Grounding dilakukan dengan menghubungkan kabel grounding ke tanah atau bumi, yang berfungsi sebagai jalur lewat untuk arus listrik yang berlebihan atau tidak terduga.

Penjelasan dari setiap pilihan:

A. Neutral: Kabel Neutral adalah kabel yang berfungsi sebagai jalur kembali untuk arus listrik yang telah digunakan. Kabel Neutral tidak dihubungkan ke tanah.

C. Hot: Kabel Hot atau Live Wire adalah kabel yang membawa arus listrik dari sumber daya listrik ke peralatan elektronik. Kabel Hot tidak dihubungkan ke tanah.

D. Shielded: Kabel Shielded atau kabel berpelindung adalah kabel yang dilindungi dengan lapisan pelindung (biasanya foil atau braid) untuk mengurangi interferensi elektromagnetik yang bisa merusak sinyal atau gangguan. Kabel Shielded bisa dihubungkan ke tanah sebagai bagian dari sistem grounding, tetapi itu bukan satu-satunya fungsinya.

Baca juga:   Bahasa pemrograman yang mulai digunakan pada komputer generasi kedua adalah

Karena itu, jawaban yang tepat adalah B. Ground.

Setelah menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa hal yang perlu ditambahkan untuk melengkapi pembahasan. Berikut adalah beberapa poin penting terkait jawaban B. Ground:

  • Fungsi kabel Ground

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari kabel Ground adalah untuk melindungi peralatan elektronik dan pengguna dari bahaya listrik. Ketika ada arus listrik yang berlebihan atau tidak terduga, kabel Ground akan mengalirkan arus tersebut ke tanah atau bumi, sehingga mencegah kerusakan pada peralatan dan melindungi pengguna dari bahaya listrik seperti kejutan listrik.

  • Sistem grounding

Kabel Ground tidak hanya berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian dari sistem grounding yang lebih besar. Sistem grounding terdiri dari beberapa komponen, termasuk kabel Ground, penjepit grounding, dan tanah atau bumi itu sendiri. Sistem grounding yang baik sangat penting untuk keamanan listrik dan kinerja peralatan elektronik.

  • Standar grounding

Standar grounding berbeda-beda di setiap negara, dan juga tergantung pada jenis peralatan dan lingkungan di mana sistem listrik tersebut beroperasi. Ada beberapa standar grounding yang umum digunakan, seperti NEC (National Electrical Code) di Amerika Serikat, IEC (International Electrotechnical Commission) di Eropa, dan JIS (Japanese Industrial Standards) di Jepang.

  • Jenis kabel Ground

Ada beberapa jenis kabel Ground yang umum digunakan, termasuk kabel Ground dengan konduktor tunggal, kabel Ground dengan konduktor banyak, dan kabel Ground berlapis bawah tanah. Pemilihan jenis kabel Ground yang tepat tergantung pada lingkungan dan jenis peralatan yang akan dihubungkan ke sistem grounding tersebut.

Dalam kesimpulannya, kabel Ground adalah kabel yang sangat penting dalam sistem listrik dan elektronik, karena melindungi peralatan dan pengguna dari bahaya listrik.

Selain itu, sistem grounding yang baik sangat penting untuk menjaga keamanan listrik dan kinerja peralatan elektronik. Semoga penjelasan diatas bermanfaat ya!