Jawaban Soal Kata Karate Punya Pengertian

Seputarwarganet.com – Kata karate punya pengertian? Apakah kamu pernah mendengar tentang seni bela diri Jepang yang terkenal dengan nama karate? Karate adalah seni bela diri yang menuntut kekuatan fisik, mental, dan spiritual yang kuat.

Namun, apakah kamu sudah tahu apa sebenarnya pengertian dari kata karate itu sendiri? Jika belum, jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas jawaban dari pertanyaan tersebut.

Penasaran untuk mengetahui jawabannya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Soal Kata Karate Punya Pengertian

A. Tangan tertutup
B. Tangan kosong
C. Tangan berat
D. Tangan terbuka
E. Tangan bertenaga

Jawaban

Seni bela diri karate merupakan seni bela diri yang bersifat defensif, yang mengajarkan teknik-teknik serangan dan pertahanan menggunakan tangan dan kaki kosong.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. Tangan kosong.

Pembahasan

Pembahasan: Kata “karate” berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua karakter yaitu “kara” yang berarti kosong atau tanpa dan “te” yang berarti tangan.

Jadi, secara harfiah, kata karate berarti “tangan kosong”. Pengertian ini mengacu pada seni bela diri Jepang yang dilakukan dengan menggunakan tangan dan kaki tanpa senjata atau alat bantu.

Pilihan A, C, D, dan E tidak tepat karena tidak mencerminkan makna kata karate yang sebenarnya. Tangan tertutup, tangan berat, tangan terbuka, dan tangan bertenaga tidak berkaitan dengan pengertian kata karate. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B, tangan kosong.

Baca juga:   Jawaban Soal Fungsi Gerakan Peralihan GP Dalam Senam Aerobik Adalah

Lalu sebagai informasi tambahan, Dalam praktiknya, karate memiliki tujuan untuk meningkatkan kekuatan fisik, keseimbangan, koordinasi, refleks, konsentrasi, disiplin, dan mental yang kuat. Oleh karena itu, karate tidak hanya fokus pada aspek fisik, namun juga aspek mental dan spiritual.

Di dalam latihan karate, terdapat berbagai teknik dan gerakan yang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kihon (teknik dasar), kata (gerakan-gerakan dalam urutan tertentu), dan kumite (pertarungan atau sparring).

Latihan karate yang teratur dan konsisten dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan juga meningkatkan kemampuan dalam pertarungan atau dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, karate juga mengajarkan nilai-nilai moral yang penting seperti rasa hormat, kesopanan, kejujuran, dan kerja keras.

Dalam karate, rasa hormat sangat penting dan diwajibkan untuk ditunjukkan kepada guru, senior, lawan, dan diri sendiri.

Karate juga mengajarkan untuk memiliki semangat yang pantang menyerah dan mampu menghadapi berbagai rintangan dalam kehidupan.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian kata karate. Kata “karate” berasal dari bahasa Jepang yang berarti “tangan kosong”.

Dalam seni bela diri karate, teknik-teknik serangan dan pertahanan dilakukan tanpa menggunakan senjata atau alat bantu.

Selain sebagai sarana pertahanan diri, karate juga mengajarkan nilai-nilai moral yang penting seperti rasa hormat, kesopanan, dan kerja keras.

Oleh karena itu, karate bukan hanya sekedar seni bela diri, namun juga membawa dampak positif untuk kesehatan fisik dan mental. Teruslah berlatih dan mengembangkan diri dengan semangat karate yang pantang menyerah!