Jawaban Soal Kelenturan Yang Diperlukan Pada Cabang Lompat Tinggi Pada Saat

Seputarwarganet.com – Dikesempatan kali ini, Kami akan membantu Kamu menemukan jawaban soal terkait dengan pertanyaan kelenturan yang diperlukan pada cabang lompat tinggi pada saat dan penjelasannya.

Apakah Anda tahu bahwa cabang olahraga lompat tinggi membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan kelenturan yang baik?

Namun, tahap mana yang memerlukan kelenturan terbaik pada tubuh seorang atlet saat melakukan lompat tinggi?

Apakah saat awalan, tolakan, melewati mistar, pendaratan, atau lari? Jawaban yang tepat mungkin tidak selalu terpikirkan oleh banyak orang.

Oleh karena itu, mari kita bahas lebih dalam untuk mengetahui jawaban yang sebenarnya, serta pentingnya memiliki kelenturan yang cukup pada cabang olahraga lompat tinggi.

Soal Kelenturan Yang Diperlukan Pada Cabang Lompat Tinggi Pada Saat

A. Awalan
B. Tolakan
C. Melewati mistar
D. Pendaratan
E. Lari

Jawaban

Kelenturan yang diperlukan pada cabang lompat tinggi pada saat melewati mistar. Oleh karena itu jawaban soal yang paling tepat adalah C. Melewati mistar.

Pembahasan

Cabang olahraga lompat tinggi membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan kelenturan yang baik. Pada saat melewati mistar, atlet harus memiliki kelenturan yang cukup untuk menyelesaikan gerakan melompat dan melewati mistar dengan baik.

Pada tahap ini, tubuh atlet harus bisa menyeimbangkan tubuh dan memutar tubuh secara efisien untuk mencapai ketinggian yang diinginkan dan melewati mistar tanpa menyentuhnya.

Berikut penjelasan dari masing masing pilihan:

  • Jawaban A (Awalan) tidak tepat karena pada tahap awalan, atlet membutuhkan kecepatan dan koordinasi tubuh untuk melakukan lari ke arah mistar dengan baik.
  • Jawaban B (Tolakan) tidak tepat karena pada tahap tolakan, atlet harus memiliki kekuatan untuk melompat dan mencapai ketinggian yang diinginkan.
  • Jawaban D (Pendaratan) tidak tepat karena pada tahap pendaratan, atlet harus memiliki kekuatan dan koordinasi tubuh untuk menyeimbangkan tubuh saat mendarat dengan baik.
  • Jawaban E (Lari) tidak tepat karena meskipun kecepatan diperlukan pada tahap awalan, namun jawaban yang diminta adalah tentang kelenturan yang diperlukan pada cabang lompat tinggi.
Baca juga:   Jawaban Soal Tujuan Utama Dalam Melakukan Penjelajahan Di Bukit Atau Gunung Kecuali

Tambahan pembahasan terkait kelenturan yang diperlukan pada cabang lompat tinggi saat melewati mistar adalah bahwa kelenturan yang baik pada tubuh atlet dapat membantu meningkatkan ketinggian yang dapat dicapai saat melompat dan mencegah cedera pada otot dan sendi.

Untuk meningkatkan kelenturan pada tubuh, seorang atlet lompat tinggi harus melakukan peregangan dan latihan kelenturan secara teratur, seperti gerakan peregangan jari kaki, peregangan paha, dan peregangan punggung.

Dengan latihan yang konsisten dan terarah, seorang atlet dapat meningkatkan fleksibilitas tubuhnya dan mengurangi risiko cedera.

Penting juga bagi atlet lompat tinggi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan, termasuk dengan melakukan latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

Semua faktor ini dapat membantu seorang atlet lompat tinggi mencapai performa terbaiknya dalam olahraga.

Kesimpulannya, Dalam melakukan cabang olahraga lompat tinggi, terdapat beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang atlet, seperti tahap awalan, tolakan, melewati mistar, pendaratan, dan lari.

Dari tahap-tahap tersebut, kelenturan yang diperlukan terbaik adalah pada saat melewati mistar. Hal ini karena pada tahap ini, seorang atlet harus dapat menyeimbangkan dan memutar tubuh dengan efisien untuk mencapai ketinggian yang diinginkan dan melewati mistar dengan baik.

Maka dari itu, penting bagi seorang atlet lompat tinggi untuk selalu memperhatikan latihan kelenturan dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Dengan melakukan latihan dan persiapan yang cukup, seorang atlet dapat memperoleh performa terbaiknya dalam cabang olahraga lompat tinggi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca untuk lebih memahami tentang pentingnya kelenturan pada cabang olahraga lompat tinggi.