[JAWABAN] Komputer Yang Menyediakan Fasilitas Bagi Komputer Komputer Lain Didalam Jaringan Disebut

Seputarwarganet.com – Pada kesempatan kali ini, Kami akan memberikan jawaban terkait pertanyaan komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan disebut serta penjelasannya.

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari berbagai perangkat komputer yang saling terhubung untuk bertukar data dan informasi.

Salah satu perangkat yang memegang peran penting dalam jaringan komputer adalah server. Namun, apakah Anda tahu apa itu server dan bagaimana fungsinya dalam jaringan?

Jangan khawatir! Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu server dan mengapa ia sangat penting dalam pengelolaan jaringan komputer.

Kami akan menjawab pertanyaan “Komputer yg menyediakan fasilitas bagi komputer komputer lain didalam jaringan disebut?” dengan detail dan pembahasan yang mudah dipahami.

Dengan membaca postingan blog ini, Anda akan mengetahui mengapa server sangat penting dalam jaringan komputer dan apa saja layanan dan fasilitas yang bisa disediakan oleh server untuk komputer-komputer klien dalam jaringan.

Yuk, simak postingan blog kami selengkapnya!

Soal: Komputer Yang Menyediakan Fasilitas Bagi Komputer Komputer Lain Didalam Jaringan Disebut

A. Terminal
B. Workstation
C. Server
D. Client

Jawaban

Dalam jaringan komputer, komputer yang menyediakan layanan dan fasilitas untuk komputer-komputer lain disebut server.

Atas dasar pernyataan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C. Server.

Pembahasan

Dalam jaringan komputer, komputer yang menyediakan layanan dan fasilitas untuk komputer-komputer lain disebut server.

Server umumnya memiliki sumber daya yang lebih besar dan lebih kuat daripada komputer klien (client) lainnya dalam jaringan, dan dapat digunakan untuk menyimpan data dan aplikasi yang dibagikan kepada komputer klien.

Pilihan A, Terminal, adalah sebuah perangkat keras atau software yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke sistem komputer jarak jauh dan mengakses sumber daya atau aplikasi dari sana. Sebuah terminal dapat menjadi klien dari sebuah server.

Pilihan B, Workstation, adalah sebuah komputer yang digunakan oleh seorang pengguna untuk bekerja dengan aplikasi dan data. Workstation dapat terhubung ke server untuk mengakses sumber daya yang dibagikan.

Pilihan D, Client, adalah komputer yang terhubung ke jaringan dan meminta layanan dari server. Client tidak menyediakan layanan untuk komputer lain di jaringan.

Baca juga:   Fungsi kartu smart card bagi para juru medis adalah

Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah C. Server.

Server merupakan komputer yang memainkan peran penting dalam sebuah jaringan komputer, di mana ia menyediakan berbagai layanan dan fasilitas bagi komputer-komputer klien yang terhubung ke dalam jaringan.

Beberapa jenis layanan dan fasilitas yang disediakan oleh server dalam jaringan antara lain:

  1. Layanan file sharing: Server dapat digunakan untuk menyimpan data dan file yang dapat diakses oleh komputer-komputer klien dalam jaringan.
  2. Layanan printer sharing: Server dapat digunakan untuk mengelola printer dan memungkinkan komputer klien untuk mencetak dokumen melalui printer yang terhubung ke server.
  3. Layanan email: Server dapat digunakan untuk mengelola dan menyimpan email yang dikirim dan diterima oleh pengguna dalam jaringan.
  4. Layanan web hosting: Server dapat digunakan untuk menyediakan layanan web hosting, di mana website dapat diakses melalui jaringan internet.
  5. Layanan database: Server dapat digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dalam sebuah database, yang dapat diakses dan dikelola oleh komputer-komputer klien dalam jaringan.

Keuntungan menggunakan server dalam sebuah jaringan antara lain adalah:

  1. Efisiensi: Server dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia dalam jaringan dan memastikan bahwa sumber daya tersebut digunakan secara efisien.
  2. Keamanan: Server dapat menyediakan fitur keamanan seperti firewall, antivirus, dan enkripsi data untuk melindungi jaringan dan data yang disimpan di dalamnya.
  3. Scalability: Server dapat di-upgrade atau ditambahkan sumber daya tambahan, seperti memori dan storage, untuk memperluas kapasitas jaringan jika diperlukan.
  4. Manajemen jaringan yang lebih baik: Dengan server, administrator jaringan dapat dengan mudah mengelola dan memantau aktivitas jaringan dan memastikan bahwa jaringan berjalan dengan lancar.

Dalam kesimpulannya, server adalah komputer yang menyediakan layanan dan fasilitas untuk komputer-komputer klien dalam sebuah jaringan komputer.

Server memiliki peran penting dalam pengelolaan dan optimalisasi jaringan, serta memberikan fitur keamanan dan skalabilitas yang diperlukan dalam sebuah jaringan. Semoga bermanfaat ya!