Jawaban Soal Pada Dasarnya Senam Lantai Dilakukan Untuk Melatih

Seputarwarganet.com – Pada dasarnya, senam lantai dilakukan untuk melatih? Apakah kamu sering melakukan senam lantai? Atau mungkin kamu penasaran mengenai manfaat dari senam lantai?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul seputar senam lantai adalah mengenai tujuan utamanya. Apakah senam lantai dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan, kelenturan, atau bahkan keberanian?

Nah, di postingan kali ini, kita akan membahas jawaban yang tepat mengenai tujuan utama dari senam lantai. Yuk, simak pembahasannya!

Soal Pada Dasarnya Senam Lantai Dilakukan Untuk Melatih

A. Kelenturan
B. Kecepatan
C. Kelincahan
D. Keberanian

Jawaban

Dalam senam lantai, tubuh harus mampu melakukan gerakan dengan kelenturan yang baik, sehingga senam lantai sering dijadikan sebagai salah satu latihan yang efektif untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

Oleh karena itu, berdasar pernyataan tersebut jawaban yang benar adalah A. Kelenturan.

Pembahasan

Senam lantai adalah salah satu cabang senam yang melibatkan gerakan tubuh yang beragam dengan memanfaatkan sebuah permukaan yang datar seperti matras atau karpet. Tujuan utama dari senam lantai adalah untuk meningkatkan kelenturan tubuh seseorang.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. Kelenturan. Pilihan B, Kecepatan, kurang tepat karena senam lantai lebih menekankan pada teknik gerakan dan akurasi daripada kecepatan.

Pilihan C, Kelincahan, juga terkait dengan tujuan senam lantai, namun bukanlah tujuan utama. Sedangkan pilihan D, Keberanian, tidak terkait dengan tujuan senam lantai, meskipun tentunya diperlukan keberanian untuk mencoba gerakan yang mungkin sulit atau menakutkan bagi sebagian orang.

Baca juga:   Jawaban Soal Menjaga Kelestarian Lingkungan Budaya Dan Adat Istiadat Merupakan Kewajiban

Kelenturan adalah kemampuan otot untuk memperluas jangkauan gerakan atau rentang gerakan maksimum pada persendian. Dalam senam lantai, tubuh harus mampu melakukan gerakan dengan kelenturan yang baik, sehingga senam lantai sering dijadikan sebagai salah satu latihan yang efektif untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

Manfaat dari senam lantai yang dilakukan secara teratur antara lain:

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh dan fleksibilitas otot.
  2. Meningkatkan kekuatan otot tubuh, terutama otot inti dan otot kaki.
  3. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh dan kardiovaskular.
  5. Meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan sehari-hari atau dalam aktivitas olahraga lainnya.

Oleh karena itu, senam lantai sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan atau aktivitas yang bersifat monoton dan cenderung mengakibatkan postur tubuh yang kurang baik.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari senam lantai adalah untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

Selain itu, senam lantai juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, koordinasi, daya tahan tubuh, dan sebagainya.

Oleh karena itu, senam lantai merupakan salah satu latihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, jangan ragu untuk mencoba melakukan senam lantai secara teratur. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!