[JAWABAN] Pemberian Kapur Pada Tanah Gambut Bertujuan Untuk

Seputarwarganet.com – Pemberian kapur pada tanah gambut bertujuan untuk? Apakah Kamu sering bertanya-tanya mengapa tanah gambut seringkali dianggap sebagai tanah yang kurang subur?

Atau mungkin Kamu pernah mendengar tentang pemberian kapur pada tanah gambut sebagai solusi untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Jika ya, maka postingan blog ini dapat membantu Kamu memahami lebih jauh tentang pentingnya pemberian kapur pada tanah gambut dan tujuannya yang sebenarnya.

Dalam postingan ini, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai tujuan pemberian kapur pada tanah gambut serta manfaat dan efek samping yang perlu diperhatikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita mulai!

Soal Pemberian Kapur Pada Tanah Gambut Bertujuan Untuk

A. Menyuburkan tanah
B. Memberi pupuk pada tanaman
C. Menyaring air
D. Menetralkan tanah akibat hujan asam
E. Media untuk pertumbuhan cacing untuk menyuburkan tanah

Jawaban

Pemberian kapur pada tanah gambut bertujuan untuk menetralkan pH tanah yang asam akibat pengaruh hujan asam.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. Menetralkan tanah akibat hujan asam.

Pembahasan

Tanah gambut memiliki pH yang sangat rendah (asam) karena kandungan bahan organik yang tinggi. Pemberian kapur pada tanah gambut bertujuan untuk menetralkan pH tanah tersebut agar cocok untuk pertumbuhan tanaman.

Tanah gambut juga rentan terhadap kerusakan akibat hujan asam, dan pemberian kapur dapat membantu menetralkan tanah dari pengaruh hujan asam.

Penjelasan terkait pilihan lainnya:

  • A. Menyuburkan tanah: Pemberian kapur pada tanah gambut tidak secara langsung menyuburkan tanah, tetapi membantu menetralkan pH tanah agar lebih cocok untuk pertumbuhan tanaman.
  • B. Memberi pupuk pada tanaman: Pemberian kapur pada tanah gambut tidak secara langsung memberikan nutrisi yang diperlukan tanaman sebagai pupuk.
  • C. Menyaring air: Meskipun kapur dapat membantu mengendapkan partikel-partikel yang terlarut dalam air, pemberian kapur pada tanah gambut bukanlah metode yang umum digunakan untuk menyaring air.
  • E. Media untuk pertumbuhan cacing untuk menyuburkan tanah: Kapur bukanlah media yang umum digunakan untuk pertumbuhan cacing, meskipun cacing dapat membantu menyuburkan tanah.
Baca juga:   Jawaban Soal Berikut Media Pengiriman Data Kecuali

Tambahan informasi terkait pemberian kapur pada tanah gambut adalah bahwa kapur yang biasanya digunakan adalah kapur dolomit atau kapur tohor.

Kapur dolomit mengandung kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) yang dapat membantu menetralkan pH tanah dan meningkatkan ketersediaan nutrisi untuk tanaman.

Sementara itu, kapur tohor mengandung kalsium (Ca) dan karbonat (CO3) yang juga berfungsi untuk menetralkan pH tanah.

Selain itu, pemberian kapur pada tanah gambut juga dapat membantu meningkatkan ketersediaan air bagi tanaman.

Hal ini disebabkan karena kapur dapat membantu meningkatkan porositas tanah dan memperbaiki struktur tanah sehingga air dapat meresap dengan lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa pemberian kapur pada tanah gambut tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena dapat berdampak negatif pada lingkungan.

Pemberian kapur yang berlebihan dapat meningkatkan kadar pH air dan mengganggu ekosistem air di sekitar tanah gambut.

Oleh karena itu, pemberian kapur pada tanah gambut perlu dilakukan dengan bijak dan memperhatikan dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanah.

Dalam kesimpulan, pemberian kapur pada tanah gambut bertujuan untuk menetralkan pH tanah yang asam akibat pengaruh hujan asam dan meningkatkan ketersediaan nutrisi bagi tanaman.

Selain itu, pemberian kapur juga dapat membantu meningkatkan porositas dan struktur tanah sehingga air dapat meresap dengan lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa pemberian kapur pada tanah gambut harus dilakukan dengan bijak dan memperhatikan dosis yang tepat agar tidak mengganggu ekosistem lingkungan sekitar.

Dengan demikian, dengan mengetahui tujuan pemberian kapur pada tanah gambut, diharapkan dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga keseimbangan lingkungan.