Penggemar komputer yang sangat tekun mempelajari dan memprogram komputer dikenal dengan istilah

Jawaban dari pertanyaan penggemar komputer yang sangat tekun mempelajari dan memprogram komputer dikenal dengan istilah programmer komputer.

Lalu apa itu programmer komputer? Temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

Apa Itu Programmer Komputer?

Programmer komputer atau bisa disebut pemrogram komputer menyediakan layanan berharga di seluruh sektor ekonomi, membuat kode untuk perangkat lunak dan aplikasi serta program komputer.

Para profesional ini bekerja di bidang teknologi informasi, akademisi, layanan pemerintah, dan bidang medis — dengan peluang karir tambahan sebagai pekerja independen dan kontrak.

Persyaratan untuk posisi pemrograman komputer bervariasi, tetapi dengan pendidikan dan kredensial lanjutan, profesional pemrograman meningkatkan potensi penghasilan dan pilihan karir mereka.

Untuk memperluas prospek mereka, pemrogram komputer dapat berjejaring melalui sumber daya profesional dan karier.

Pemrogram komputer juga harus mempertimbangkan bagaimana faktor lokasi menjadi pilihan pekerjaan mereka.

Apa yang Dilakukan Programmer Komputer?

Programmer komputer menulis dan menguji kode yang memungkinkan aplikasi dan program komputer berfungsi.

Mereka mungkin menerjemahkan desain dari pengembang perangkat lunak dan insinyur ke dalam kode yang bisa diterapkan.

Mereka juga dapat memperbarui atau memperluas kode program yang ada atau menguji program untuk kesalahan, menemukan dan menyelesaikan baris kode yang salah.

Keterampilan Yang Dimiliki Programmer Komputer

Pemrogram komputer mengembangkan keterampilan keras untuk berkembang di posisi mereka. Bahasa pemrograman adalah keterampilan yang diperlukan untuk pemrogram komputer, dan mereka mendapat manfaat dari mengetahui banyak bahasa.

Bahasa bervariasi dalam penggunaan dan penerapan, dan dengan peningkatan kemahiran, programmer memperluas prospek karir mereka.

  • Linux: Linux adalah sistem operasi perangkat lunak sumber terbuka gratis. Awalnya dikembangkan untuk komputer pribadi, Linux sekarang beroperasi pada lebih banyak platform daripada sistem lainnya. Pemrogram komputer dengan keahlian di Linux mendapatkan keunggulan kompetitif atas kandidat lain.
  • Java: Java adalah bahasa pemrograman komputer serba guna, yang memiliki fungsi “tulis sekali, jalankan di mana saja”. Ini berarti kode yang ditulis dalam Java dapat berjalan di perangkat apa pun yang dilengkapi dengan mesin virtual Java. Meluasnya penggunaan bahasa Java menjadikannya kompetensi penting bagi programmer.
  • JavaScript: Seiring dengan HTML dan CSS, JavaScript adalah salah satu dari tiga teknologi inti internet. Hampir semua situs web menggunakan JavaScript untuk mengaktifkan interaktivitas, dan semua browser web utama menggabungkan mesin JavaScript. Pemrogram komputer yang bekerja pada aplikasi web harus memiliki pengetahuan mendalam tentang JavaScript.
  • C++: Pertama kali muncul pada tahun 1985, C++ membantu meletakkan dasar untuk bahasa berikutnya seperti C#, D, dan Java. Banyak pemrogram menggunakan C++ saat merancang infrastruktur perangkat lunak dan aplikasi dengan sumber daya terbatas seperti aplikasi desktop atau server e-niaga. Para ahli merekomendasikan agar siswa pemrograman komputer mempelajari C++ sebagai salah satu bahasa pertama mereka.
  • ASP.NET: Dibuat oleh Microsoft, ASP.NET mendukung pengembangan halaman web dinamis, atau halaman yang menampilkan konten berbeda setiap kali pengguna melihatnya. ASP.NET memungkinkan pemrogram untuk membangun aplikasi web dinamis dan layanan web lainnya, juga. Sebagian besar programmer modern mempelajari variasi ASP.NET yang lebih baru, yang dikenal sebagai ASP.NET Core.
  • C#: C#, diucapkan C-sharp, adalah bahasa pemrograman multi-paradigma untuk tujuan umum. Dirilis pada tahun 2000, C# menawarkan fleksibilitas luar biasa, memungkinkan pemrogram untuk membuat halaman web dinamis, aplikasi, alat pengembangan, dan kompiler. Dipuji sebagai modern, sederhana, dan kuat, C# mewakili salah satu bahasa inti yang harus diketahui oleh pemrogram komputer agar memenuhi syarat untuk sebagian besar pekerjaan di bidangnya.
  • SQL: SQL, atau Structured Query Language, mengelola data dalam sistem manajemen basis data relasional. Awalnya dikembangkan pada tahun 1974, SQL tetap digunakan sampai sekarang dalam aplikasi seperti Microsoft Access. Sementara pemrogram komputer dapat mengambil manfaat dari pemahaman dan penggunaan SQL, bahasa ini sebagian besar melayani pemrogram yang berspesialisasi dalam desain dan manajemen basis data.
  • HTML: HTML, atau Hypertext Markup Language, adalah salah satu bahasa paling umum dalam desain web. Browser internet menerima dokumen HTML dari server dan mengubahnya menjadi halaman web multimedia. Mengingat universalitas HTML, pemrogram komputer harus berusaha keras untuk mempelajari bahasa tersebut bahkan sebelum memulai program sarjana dalam ilmu komputer.
  • PHP: PHP, bahasa skrip sisi server, memungkinkan pembuatan situs web, intranet, aplikasi internet, dan jejaring sosial. Seringkali tertanam dalam kode HTML dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman C, beberapa programmer bekerja secara eksklusif dengan
  • PHP. Namun, keberadaannya di mana-mana menjadikannya bahasa sekunder yang sangat berharga bagi para profesional pemrograman.
  • Visual Basic: Bahasa pemrograman yang digerakkan oleh peristiwa seperti VB memungkinkan program untuk merespons tindakan pengguna, keluaran sensor, atau pesan eksternal. Pada tahun 2008, Microsoft berhenti mendukung VB, meskipun beberapa pengembang perangkat lunak masih menggunakannya. Meskipun berpotensi membantu di beberapa lingkungan, calon programmer harus memprioritaskan belajar bahasa lain daripada VB.
Baca juga:   Jawaban Soal Melakukan Penghayatan Peran Merupakan Latihan

Bahasa tambahan yang memperluas keterampilan pemrograman komputer termasuk Swift, Rust, dan Ruby. Swift, bahasa pemrograman untuk macOS, iOS, watchOS, dan layanan terkait, memungkinkan pemrogram untuk membuat dan berbagi kerangka kerja biner sambil merancang kode yang aman dan kuat.

Rust menawarkan bahasa yang cepat dan hemat memori sebagai alternatif C++. Ruby adalah bahasa pemrograman open-source yang aman, sederhana. Pemrogram yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman dapat menemukan informasi lebih lanjut di sini.

Dari penjelasan diatas bahwa penggemar komputer yang sangat tekun mempelajari dan memprogram komputer dikenal dengan istilah programmer komputer. Semoga bermanfaat.