Penjelajah web adalah jenis yang paling sering digunakan

Jawaban atas pertanyaan penjelajah web adalah jenis yang paling sering digunakan adalah agen pengguna.

Lalu apa itu agen pengguna? Simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Agen Pengguna Pada Penjelajah Web

Agen pengguna adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan server dalam jaringan. Contohnya adalah penjelajah web yang mengambil halaman web dari server di internet dan menampilkannya.

Agen pengguna bertindak sebagai mediator antara pengguna dan server web seperti halnya agen manusia. Ini memproses instruksi pengguna, mentransfernya dan menerima data yang diminta.

Agen pengguna mengirimkan informasi seperti versi browser, plugin yang diinstal, dan data lainnya ke server web. Berdasarkan data ini, server dapat menilai kemampuan agen pengguna dan mengirimkan data yang sesuai ke sana.

Mengirimkan Agen Pengguna Melalui Header HTTP

Informasi yang mengidentifikasi agen pengguna ditransfer ke server web di header permintaan HTTP. Setiap header berisi string karakteristik yang dapat digunakan server untuk mengidentifikasi jenis aplikasi, sistem operasi, vendor perangkat lunak, atau versi perangkat lunak dari agen pengguna yang meminta.

Struktur dan isi informasi ini tidak standar. Setiap pengembang dapat menyisipkan dan mengirimkan informasinya sendiri. Misalnya, sintaks dasar untuk browser web Firefox adalah:

Mozilla/5.0 (platform; rv:geckoversion) Gecko/geckotrail Firefox/firefoxversion

Mozilla/5.0 adalah token umum yang menyatakan browser web kompatibel dengan Mozilla. Peramban modern menggunakan token ini hanya untuk alasan historis, karena tidak lagi penting.

platform menggambarkan platform asli tempat browser web beroperasi – misalnya, Windows, Mac, Linux, atau Android dan apakah itu ponsel atau bukan. Firefox OS untuk seluler hanya menempatkan kata “Mobile” di sini.

rv:geckoversion menunjukkan versi Gecko. Gecko adalah mesin rendering HTML yang digunakan browser web untuk menampilkan halaman web. Di browser saat ini, geckoversion sama dengan firefoxversion.

Baca juga:   Jawaban Soal Melalui Wawasan Nusantara Diharapkan Warga Negara Indonesia

Gecko/geckotrail menunjukkan bahwa browser didasarkan pada Gecko. Di desktop, geckotrail memiliki string tetap “20100101”.

Firefox/firefoxversion menunjukkan browser adalah versi Firefox dengan nomor versi yang ditentukan.

Contoh browser Firefox di desktop yang beroperasi di Windows akan terlihat seperti ini:

Mozilla/5.0 (Windows NT 6.1; Win64; x64; rv:64.0) Gecko/20100101 Firefox/64.0

Informasi yang diberikan oleh agen dapat diubah atau dipalsukan. Salah satu contohnya adalah beberapa browser web seluler, yang dapat beralih antara mode seluler atau desktop untuk mendapatkan akses ke situs web yang hanya mengizinkan komputer desktop.

Pada hari-hari awal internet, Internet Explorer pertama Microsoft berpura-pura menjadi browser Netscape untuk mengakses halaman web yang dirancang untuk Netscape Navigator, browser dominan di pasar saat itu.

Jenis Agen Pengguna

Penjelajah web seperti Mozilla Firefox, Google Chrome serta Safari dan Opera adalah contoh agen pengguna. Namun, aplikasi lain juga dapat bertindak sebagai agen pengguna. Contohnya adalah:

  • Perayap: Googlebot, Yahoo! Slurp, bot MSN
  • Konsol game: PlayStation, Wii, PlayStation Portable dan Bunjalloo (browser di Nintendo DS)
  • Sistem operasi lawas: AmigaVoyager
  • Pemeriksa tautan: mis. W3C-Periksa Tautan
  • Alat SEO / perayap di halaman: mis. SeobilityBot
  • Aplikasi web: Flash Player, Adobe Acrobat Reader, pembaca feed, pembaca layar, validator, pemutar media, portal streaming

Tidak semua agen pengguna dikendalikan atau diinstruksikan oleh manusia. Perayap mesin pencari adalah contoh agen pengguna yang mengunjungi situs web secara otomatis.

Penjelajah web adalah jenis yang paling sering digunakan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulan bahwa penjelajah web adalah agen pengguna jenis yang paling sering digunakan.

Karena agen pengguna merupakan perangkat lunak yang berkomunikasi dengan server dalam jaringan. Contohnya adalah penjelajah web yang mengambil halaman web dari server di internet dan menampilkannya.

Demikian pembahasan mengenai penjelajah web adalah jenis yang paling sering digunakan. Semoga bermanfaat.