Jawaban Soal Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Resistor Adalah

Seputarwarganet.com – Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Resistor Adalah? Resistor adalah salah satu komponen elektronik yang sangat umum digunakan dalam berbagai jenis sirkuit listrik.

Namun, apakah Kamu tahu apa saja ciri-ciri dari resistor? Apakah semua pernyataan tentang resistor yang sering kita dengar benar adanya?

Dalam postingan artikel kali ini, kami akan membahas sebuah pertanyaan menarik tentang ciri-ciri resistor. Kamu akan diberikan beberapa pilihan jawaban, dan tugas Kamu adalah untuk memilih pilihan yang tidak benar sebagai ciri-ciri resistor.

Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan pembahasan dan penjelasan mengenai setiap pilihan jawaban yang disediakan, sehingga Kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu resistor dan bagaimana ia berfungsi dalam sirkuit listrik.

Yuk, simak postingan blog kami dan temukan jawaban dari pertanyaan menarik tersebut!

Soal Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Resistor Adalah

A. Resistor dapat menyimpan muatan listrik
B. Resistor didesain untuk mengatur tegangan
C. Resistor disebut juga tahanan atau hambatan
D. Satuan resistor adalah ohm​

Jawaban

Resistor sebenarnya tidak dapat menyimpan muatan listrik, melainkan hanya mengontrol aliran muatan listrik dengan menambahkan hambatan pada sirkuit listrik.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. Resistor dapat menyimpan muatan listrik.

Pembahasan

Resistor adalah komponen elektronik yang dirancang untuk menambahkan hambatan pada sirkuit listrik dan mengurangi aliran arus listrik. Ciri-ciri dari resistor meliputi:

  • A. Resistor tidak dapat menyimpan muatan listrik. Resistor hanya dapat mengontrol aliran muatan listrik dengan menambahkan hambatan pada sirkuit listrik.
  • B. Resistor dirancang untuk mengatur tegangan pada sirkuit listrik dengan menambahkan hambatan. Tegangan sirkuit listrik dapat dikontrol dengan mengubah nilai resistor.
  • C. Resistor sering disebut sebagai tahanan atau hambatan, karena resistor menambahkan hambatan pada sirkuit listrik.
  • D. Satuan resistor adalah ohm. Ohm adalah satuan pengukuran untuk hambatan listrik atau resistansi.
Baca juga:   7 Perbedaan Buzz Cut dan Crew Cut, Jangan Salah Pilih Model

Dari keempat pilihan tersebut, pilihan A bukan merupakan ciri-ciri dari resistor karena resistor tidak dapat menyimpan muatan listrik. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pada pilihan A, disebutkan bahwa resistor dapat menyimpan muatan listrik. Namun, ini adalah pernyataan yang salah.

Resistor sebenarnya tidak dapat menyimpan muatan listrik, melainkan hanya mengontrol aliran muatan listrik dengan menambahkan hambatan pada sirkuit listrik.

Jadi, jika kita ingin mengurangi aliran arus listrik pada suatu sirkuit, kita dapat menambahkan resistor pada jalur aliran arus tersebut.

Resistor bekerja dengan menambahkan hambatan pada sirkuit listrik, sehingga mengurangi jumlah arus yang mengalir melalui sirkuit tersebut.

Setelah membaca pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa resistor adalah komponen elektronik yang digunakan untuk menambahkan hambatan pada sirkuit listrik dan mengontrol aliran muatan listrik.

Beberapa ciri-ciri dari resistor termasuk dirancang untuk mengatur tegangan, sering disebut sebagai tahanan atau hambatan, dan satuan pengukurannya adalah ohm.

Namun, pernyataan bahwa resistor dapat menyimpan muatan listrik bukanlah merupakan ciri-ciri dari resistor yang benar. Resistor tidak dapat menyimpan muatan listrik, melainkan hanya mengontrol aliran muatan listrik dengan menambahkan hambatan pada sirkuit listrik.

Semoga postingan blog ini bermanfaat bagi pembaca untuk memahami lebih baik tentang resistor dan ciri-cirinya. Jangan lupa untuk selalu belajar dan mengeksplorasi lebih lanjut mengenai dunia elektronik dan teknologi. Terima kasih telah membaca!