Power Bank 10000Mah Tahan Berapa Lama? Cek Review Lengkap Berikut ini

Seputarwarganet.com – Anda mungkin bertanya-tanya, Power Bank 10000mAh tahan berapa lama? Mari kita bahas dengan lebih rinci.

Power Bank adalah perangkat yang sangat berguna bagi pengguna smartphone. Ini membantu mengisi daya ponsel Anda di mana saja dan kapan saja tanpa harus mencari colokan charger.

Berapa lama Power Bank 10000mAh bisa bertahan bergantung pada seberapa banyak daya yang digunakan oleh smartphone atau perangkat lain yang terhubung ke Power Bank tersebut.

Jika smartphone Anda, sebagai contoh, menggunakan daya sekitar 1mA, maka Power Bank dengan kapasitas 10000mAh akan mampu mendukungnya selama sekitar 10 jam.

Namun, jika perangkat Anda mengonsumsi daya sekitar 10.000mA, maka Power Bank 10000mAh hanya akan bertahan sekitar 1 jam.

Harap diingat bahwa mungkin ada sedikit variasi dalam performa Power Bank dari merek-merek populer seperti Robot, Veger, atau Jims Honey.

Power Bank 10000Mah Tahan Berapa Lama?

Secara faktual, Power Bank seringkali memiliki kapasitas sekitar 66% dari apa yang mereka klaim. Ini adalah alasan mengapa terkadang Power Bank berkapasitas 10000mAh terasa lebih boros atau tidak sesuai dengan nilai mAh yang tertera.

Mengapa ini terjadi? Hal ini disebabkan oleh perbedaan tegangan. Sebagian besar smartphone memerlukan charger dengan tegangan 5V, sementara mayoritas Power Bank memiliki tegangan 3.7V.

Untuk melakukan perhitungan yang lebih mudah, kita menggunakan satuan mWh (watt hour) karena tidak terkait dengan tegangan, sehingga hasilnya lebih akurat.

Misalnya, Power Bank 10000mAh dengan tegangan 3.7V memiliki kapasitas sekitar 37000 mWh (10000 x 3.7 = 37000). Namun, karena smartphone menggunakan tegangan 5V, Anda perlu membagi mWh dengan 5V, sehingga:

37000 mAh / 5V = 7400 mAh

Namun, ini belum selesai. Anda juga perlu mempertimbangkan kemungkinan kehilangan daya sekitar 10% pada kabel-kabel Power Bank. Jadi, asumsikan bahwa Power Bank kehilangan daya sekitar 10% ketika digunakan untuk mengisi baterai smartphone. Ini berarti sisanya adalah sekitar 90%, jadi:

7400 mAh x 0.90 = 6660 mAh

Ini adalah perkiraan nilai mAh sebenarnya dari Power Bank 10000mAh.

Jadi, Menurut sumber dari Portabel Solar Expert, Power Bank 10000mAh mampu memberikan daya selama 10 jam pada perangkat yang mengonsumsi 10000mAh setiap jam.

Secara umum, kebanyakan smartphone Android memiliki baterai berkapasitas sekitar 4000mAh hingga 5000mAh.

Oleh karena itu, Power Bank dengan kapasitas ini dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone setidaknya dua kali hingga penuh.

Power Bank 10000Mah Berapa Kali Charge

Mari kita bayangkan jika ponsel Anda memiliki kapasitas baterai sebesar 2000mAh, maka Power Bank dengan kapasitas 10000mAh akan mampu melakukan pengisian daya sebanyak 5 kali sebelum Power Bank perlu diisi ulang.

Penting untuk diingat bahwa kinerja setiap Power Bank bisa berbeda-beda. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kecepatan pengisian daya perangkat, bahkan dengan Power Bank 10000mAh.

Selain itu, baterai yang cepat habis pada ponsel Anda bukan selalu disebabkan oleh kualitas buruk dari Power Bank. Beberapa faktor lain, seperti kebocoran baterai atau usia baterai yang sudah lama, juga dapat memengaruhi daya tahan baterai ponsel Anda.

Baca juga:   Daftar Frekuensi Trans 7 TV Digital DVB-T2 Terbaru, Update Sekarang Juga!

Berapa Lama Power Bank 10000mah Cas HP Sampai Penuh?

Sebagai aturan umum, Power Bank standar mampu mengisi ulang baterai iPhone dari 0% hingga sekitar 80% dalam waktu sekitar 35 menit atau bahkan lebih cepat.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi waktu pengisian baterai smartphone hingga penuh, seperti berikut:

Sebagian besar smartphone saat ini menggunakan konektor USB Type-C atau mendukung teknologi QuickCharge 3.0, yang memungkinkan pengisian baterai lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan konektor mikro USB.

Jika Power Bank Anda memiliki dukungan untuk QuickCharge, pengisian baterai smartphone akan berlangsung lebih cepat.

Biasanya, ketika smartphone dan Power Bank sudah mendukung QuickCharge, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone dari 0% hingga 80% adalah sekitar 35 menit atau mungkin lebih cepat.

Meskipun QuickCharge lebih efisien dalam hal kecepatan pengisian, perlu diingat bahwa teknologi ini menggunakan arus yang lebih tinggi, yang mungkin berpotensi mempengaruhi umur pakai baterai di Power Bank Anda.

Tips Merawat Power Bank 10000mah Agar Awet

Biasanya, produsen Power Bank memberikan garansi yang cukup panjang, bahkan hingga 5 tahun. Namun, ini tidak berarti Anda bisa sembarangan dalam penggunaannya.

Selain mengetahui berapa lama daya tahan Power Bank 10000mAh, ada beberapa tips merawat Power Bank yang penting untuk diperhatikan:

Pilih Power Bank Berkualitas Tinggi

Untuk menjaga daya tahan Power Bank 10000mAh Anda, sebaiknya memilih Power Bank yang berkualitas tinggi.

Meskipun mungkin harganya sedikit lebih tinggi, Power Bank yang dirancang untuk jangka panjang akan memiliki kualitas terbaik dan tahan lama.

Gunakan Kabel USB yang Pendek

Saat mengisi daya perangkat dengan Power Bank 10000mAh, penggunaan kabel USB yang lebih pendek dapat mempercepat pengisian daya baterai.

Hal ini juga berlaku untuk Power Bank 10000mAh Anda. Selain itu, kabel USB yang pendek juga lebih nyaman digunakan.

Pertimbangkan Penggunaan Port QuickCharger dengan Bijak

Beberapa merek Power Bank sudah dilengkapi dengan port QuickCharger yang memungkinkan pengisian baterai HP lebih cepat.

Namun, sebaiknya Anda hanya menggunakan port QuickCharger jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Terlalu sering menggunakan QuickCharger untuk mengisi daya perangkat dengan Power Bank 10000mAh dapat mengurangi umur pakai Power Bank dan menyebabkan baterai di dalamnya cepat habis.

Baca Buku Petunjuk Penggunaan Power Bank

Meskipun sering diabaikan, buku petunjuk yang biasanya disertakan dalam paket pembelian Power Bank memberikan tips tentang bagaimana menjaga agar Power Bank tetap tahan lama.

Penting untuk mengikuti petunjuk dan larangan penggunaan Power Bank pada perangkat tertentu. Di dalam buku panduan ini juga mungkin sudah dijelaskan perkiraan berapa lama Power Bank 10000mAh bisa bertahan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa jawaban untuk pertanyaan berapa lama Power Bank 10000mAh dapat bertahan adalah sekitar 10 jam.

Namun, penting untuk diingat bahwa ketahanan sebenarnya dari Power Bank sangat tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

Mungkin saja, pada smartphone Anda, Power Bank ini bisa bertahan lebih lama atau bahkan sebaliknya, tergantung pada berbagai faktor.