Proses bisnis adalah sekumpulan kegiatan dalam bisnis untuk menghasilkan produk dan jasa adalah pengertian proses bisnis dari

Jawaban dari pertanyaan proses bisnis adalah sekumpulan kegiatan dalam bisnis untuk menghasilkan produk dan jasa adalah pengertian proses bisnis dari Rummler dan Brache dalam Siegel.

Lalu muncul pertanyaan apa itu proses bisnis? Temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

Pengertian Proses Bisnis

Proses bisnis atau metode bisnis adalah kumpulan aktivitas atau tugas yang terkait dan terstruktur oleh orang atau peralatan yang dalam urutan tertentu menghasilkan layanan atau produk (melayani tujuan bisnis tertentu) untuk pelanggan atau pelanggan tertentu. Ini adalah definisi berdasarkan Wikipedia.

Dalam bahasa manusia, proses bisnis seperti jalur perakitan – dibutuhkan semua input dalam berbagai tahap dan menciptakan produk jadi yang dapat diservis sepenuhnya.

Pada dasarnya apa pun yang terjadi di dalam perusahaan Anda yang memiliki awal dan akhir yang jelas dapat dianggap sebagai proses bisnis.

Karena setiap proses bisnis adalah unik, demikian juga inputnya yang perlu dipenuhi dalam (idealnya) skenario dan output yang telah ditetapkan dan distandarisasi yang menghasilkan tujuan yang berbeda.

Faktor-faktor yang secara langsung atau tidak langsung berkontribusi pada proses Anda dapat berdampak besar padanya dan oleh karena itu harus ditunjukkan dan diperiksa dengan tepat.

Apa saja komponen utama dari proses bisnis?

Untuk kenyamanan Anda sendiri, kami merangkum semua komponen penting dari proses bisnis dalam 8 komponen utama. Agar proses bisnis dapat berfungsi dan berkelanjutan, harus sesuai dengan prasyarat berikut:

  1. Memiliki batasan yang jelas – Anda harus tahu apa yang masuk dan apa yang harus keluar
  2. Tentukan struktur – dalam skenario ideal, proses bisnis apa pun harus mengikuti urutan yang jelas
  3. Kenali pelanggan – jika Anda mengikuti proses bisnis, Anda harus tahu siapa yang menerima dan melayaninya
  4. Bawa nilai nyata – jika Anda melayani pelanggan menggunakan proses bisnis, itu harus memberi mereka nilai dan membuat hidup mereka lebih mudah
  5. Biarkan proses menjadi bagian dari organisasi – organisasi Anda tidak dapat hidup tanpa proses Anda dan sebaliknya
  6. Jadikan proses universal – jika Anda merencanakan secara menyeluruh, satu proses dapat melayani bukan hanya satu, tetapi banyak pelanggan yang berbeda
  7. Hindari silo dengan cara apa pun – Anda tidak ingin pengembang backend Anda mengikuti proses yang hanya mereka yang tahu dan dapat menjelaskannya
  8. Identifikasi pemilik proses – seseorang harus mengawasi proyek dan bertanggung jawab penuh atas kinerja dan peningkatannya
Baca juga:   Jawaban Soal Yang Tidak Termasuk Bahaya Renang Yang Sering Terjadi Adalah

Pada bagian selanjutnya, kita akan membedah proses bisnis menjadi tiga kategori utama.

Kategori Dan Contoh Proses Bisnis

Karena sifat dari proses bisnis, sangat mungkin untuk memecahnya menjadi beberapa jenis yang berbeda, beberapa akan penting untuk bisnis inti Anda, yang lain akan mendukungnya.

Proses operasional

Proses operasional, juga disebut proses bisnis inti, adalah aktivitas yang membawa nilai langsung ke perusahaan dan pelanggan Anda. Proses tersebut sangat penting untuk perusahaan Anda dan kesempurnaannya sangat penting karena mereka menghasilkan pendapatan Anda.

Contoh proses operasional:

  • pesanan ke proses tunai
  • pembuatan produk
  • otomatisasi proses robot (RPA)
  • pengiriman produk

Proses pendukung

Untuk dapat hanya fokus pada bisnis inti, kegiatan harus menjadi impian setiap pemilik bisnis. Seiring pertumbuhan organisasi Anda, begitu juga proses bisnisnya.

Di dunia nyata, untuk setiap karyawan yang berfokus pada bisnis inti dan menciptakan nilai yang diinginkan konsumen, ada banyak pekerja yang tidak harus bertanggung jawab atas produk akhir tetapi membantu kelancaran seluruh proses. Tanpa mereka, bahkan organisasi terbaik pun akan runtuh.

Contoh proses pendukung:

  • dukungan teknis
  • akuntansi
  • pusat panggilan
  • penjualan
  • SDM
  • saluran pemasaran

Tanpa orang-orang ini dan prosesnya masing-masing, tidak ada masa depan bagi perusahaan mana pun.

Proses manajemen

Seseorang perlu mengawasi bagaimana perusahaan berjalan. Manajer pasti memiliki seperangkat aturan dan proses yang mereka ikuti.

Tugas utama mereka adalah mengukur, memantau, dan mengendalikan semua prosedur dan sistem yang terkait dengan bisnis.

Contoh proses manajemen:

  • penganggaran
  • tata kelola (untuk mematuhi peraturan hukum dan pedoman internal)
  • infrastruktur

Proses bisnis adalah sekumpulan kegiatan dalam bisnis untuk menghasilkan produk dan jasa adalah pengertian proses bisnis dari

Dari penjelasan diatas Kita sudah dapat mengetahui pengertian proses bisnis dari Rummler dan Brache dalam Siegel adalah sekumpulan kegiatan dalam bisnis untuk menghasilkan produk dan jasa. Semoga bermanfaat.