Jawaban Soal Salah Satu Ciri Khas Yang Membedakan Ganggang Dengan Jamur Adalah

Seputarwarganet.com – Kali ini, kami akan membahas salah satu pertanyaan menarik yang mungkin pernah muncul di benak Anda, yaitu Salah Satu Ciri Khas Yang Membedakan Ganggang Dengan Jamur Adalah?

Mengapa pertanyaan ini menarik? Karena ganggang dan jamur, meskipun sama-sama tumbuhan, memiliki ciri khas yang berbeda-beda, dan tentunya sangat menarik untuk dipelajari.

Dalam postingan ini, kami akan membahas salah satu ciri khas yang paling mencolok antara ganggang dan jamur. Penasaran? Yuk, simak terus postingan ini!

Soal Salah Satu Ciri Khas Yang Membedakan Ganggang Dengan Jamur Adalah

A. Struktur selnya
B. Cara reproduksinya
C. Tempat hidupnya
D. Bentuk tubuhnya

Jawaban

Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur adalah struktur selnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. Struktur selnya.

Pembahasan

Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur adalah struktur selnya. Ganggang memiliki sel eukariotik yang dapat melakukan fotosintesis, sedangkan jamur memiliki sel prokariotik yang tidak dapat melakukan fotosintesis.

Sel ganggang juga umumnya memiliki dinding sel yang mengandung selulosa, sedangkan sel jamur memiliki dinding sel yang mengandung kitin. Pilihan B, C, dan D tidak dapat menjadi ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur karena cara reproduksi, tempat hidup, dan bentuk tubuh dari ganggang dan jamur dapat bervariasi tergantung pada jenisnya.

Misalnya, ada jenis jamur yang hidupnya di tanah dan ada jenis ganggang yang hidupnya di air laut. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A (Struktur selnya).

Baca juga:   [JAWABAN] Yang Bukan Merupakan Prinsip Yang Harus Dilakukan Dalam Tahapan Perancangan Produk Adalah

Terkait dengan jawaban yang tepat yaitu A (Struktur selnya), perlu dipahami bahwa struktur sel ganggang dan jamur memiliki perbedaan yang mencolok.

Ganggang memiliki sel eukariotik, yaitu sel yang memiliki membran inti dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Dalam kloroplas itulah terjadi fotosintesis, yaitu proses pembuatan makanan yang menggunakan energi dari matahari.

Sementara itu, jamur memiliki sel prokariotik, yaitu sel yang tidak memiliki membran inti dan organel-organel yang terpisah dalam membran.

Sel jamur memiliki dinding sel yang kuat dan fleksibel yang terbuat dari kitin, senyawa polisakarida yang juga terdapat pada eksoskeleton serangga. Sel jamur tidak dapat melakukan fotosintesis dan mengandalkan sumber makanan dari lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, struktur sel merupakan ciri khas yang paling mencolok dalam membedakan antara ganggang dan jamur. Pilihan B, C, dan D tidak dapat menjadi ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur karena cara reproduksi, tempat hidup, dan bentuk tubuh dari ganggang dan jamur dapat bervariasi tergantung pada jenisnya.

Misalnya, ada jenis jamur yang melakukan reproduksi dengan spora dan ada juga jenis ganggang yang memiliki bentuk tubuh yang bervariasi dari yang bersel tunggal hingga yang bersel banyak dan memiliki bentuk filamen.