Jawaban Soal Salah Satu Ciri Pembangunan Ekonomi Dalam Demokrasi Ekonomi Adalah

Seputarwarganet.com – Salah satu ciri pembangunan ekonomi dalam demokrasi ekonomi adalah sebuah prinsip yang memandang bahwa kesejahteraan masyarakat dapat dicapai melalui partisipasi aktif dari pemerintah dan masyarakat.

Berbeda dengan sistem ekonomi yang otoriter, demokrasi ekonomi menekankan pada kolaborasi yang seimbang antara sektor publik dan swasta untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam konteks ini, salah satu ciri kunci demokrasi ekonomi adalah? Mari kita cari tahu jawabannya dibawah ini.

Soal

Salah satu ciri pembangunan ekonomi dalam demokrasi ekonomi adalah….

A. Membebaskan pajak pada perusahaan pribumi yang baru berdiri
B. Pemerintah dan masyarakat saling bahu membahu membangun kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat
C. Memperbesar jumlah ekspor dan mengurangi jumlah impor
D. Memberi peranan yang tak terbatas pada BUMN dalam kegiatan ekonomi
E. Memberi keluasan pada investor asing asal usaha tersebut dapat memperluas kesempatan kerja dan meminimalkan tingkat pengangguran

Jawaban

Jawaban yang benar adalah B. Pemerintah dan masyarakat saling bahu membahu membangun kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam demokrasi ekonomi, kesejahteraan masyarakat dianggap sebagai tujuan utama, dan untuk mencapainya, peran aktif dari pemerintah dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan.

Berbeda dengan pilihan lain yang mungkin menekankan pada insentif perusahaan, orientasi ekspor-impor, peran dominan BUMN, atau investasi asing, demokrasi ekonomi menempatkan kolaborasi pemerintah dan masyarakat sebagai fondasi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Pembahasan

Demokrasi ekonomi mengakui pentingnya peran pemerintah dalam menciptakan lingkungan ekonomi yang sehat dan berkeadilan.

Melalui kebijakan fiskal dan moneter, pemerintah dapat menciptakan insentif untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Bebas pajak pada perusahaan pribumi yang baru berdiri, seperti pada pilihan A, mungkin memberikan insentif bagi perusahaan, tetapi tanpa keterlibatan pemerintah secara menyeluruh, kebijakan tersebut mungkin tidak mencapai hasil yang diinginkan.

Pemerintah yang aktif membantu dan memfasilitasi berbagai sektor ekonomi akan menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dalam konteks demokrasi ekonomi, kolaborasi dengan masyarakat juga menjadi kunci. Masyarakat yang terlibat aktif dalam proses pembangunan ekonomi dapat memberikan masukan yang berharga, memastikan bahwa kebijakan yang diambil mencerminkan kebutuhan dan aspirasi mereka.

Baca juga:   Jawaban Soal Sikap Bangsa Indonesia Yang Terpuji Dalam Membina Hubungan Internasional Adalah

Oleh karena itu, jawaban B menjadi pilihan yang paling sesuai, karena mencerminkan semangat kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka membangun kegiatan ekonomi yang berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan ekonomi yang berhasil dalam demokrasi ekonomi juga mencakup aspek pengelolaan perdagangan internasional.

Meskipun pilihan C menekankan pada memperbesar ekspor dan mengurangi impor, hal ini tidak selalu mencerminkan keseimbangan dan keberlanjutan.

Demokrasi ekonomi lebih cenderung mencari keseimbangan yang adil antara perdagangan internasional dan kepentingan nasional, dengan memastikan bahwa perdagangan membawa manfaat bagi seluruh masyarakat, bukan hanya sebagian kecil.

Selanjutnya, pilihan D yang mencakup memberikan peranan tak terbatas pada BUMN mungkin tidak sesuai dengan prinsip demokrasi ekonomi.

Meskipun BUMN dapat memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi, membatasi peranan ini tanpa mempertimbangkan kontribusi sektor swasta dan partisipasi masyarakat dapat menghambat fleksibilitas dan inovasi yang sering kali terkait dengan sektor swasta.

Terakhir, pilihan E yang menekankan pada memberi keluasan pada investor asing untuk memperluas kesempatan kerja dan meminimalkan tingkat pengangguran mungkin saja berhasil, tetapi tanpa pengawasan yang baik, hal ini bisa berisiko membawa dampak negatif pada perekonomian lokal dan keberlanjutan sumber daya.

Kesimpulan

Salah satu ciri pembangunan ekonomi dalam demokrasi ekonomi adalah kolaborasi yang erat antara pemerintah dan masyarakat.

Keberhasilan ekonomi tidak hanya diukur dari pertumbuhan angka, tetapi juga dari sejauh mana pertumbuhan tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Dengan fokus pada partisipasi aktif dan keadilan dalam pembangunan ekonomi, demokrasi ekonomi menciptakan fondasi yang kokoh untuk mencapai kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, pilihan B menjadi cerminan yang paling akurat dari prinsip-prinsip tersebut, menciptakan landasan bagi pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.