Salah satu contoh komunikasi sinkron adalah

Jawaban dari pertanyaan salah satu contoh komunikasi sinkron adalah chatting dan video call.

Lalu muncul pertanyaan apa itu komunikasi sinkron? Temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

Apa itu komunikasi sinkron?

Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang terjadi secara real-time antara dua pihak atau lebih. Sederhananya; pertukaran komunikasi sinkron adalah pertukaran interaktif, ‘hidup’ antara orang-orang.

Jika Anda pernah menghadiri panggilan konferensi (atau memang panggilan telepon apa pun) atau konferensi video, Anda telah terlibat dalam komunikasi sinkron. Sifat dari setiap jenis komunikasi sinkron memerlukan tanggapan segera.

Di lingkungan kantor bata dan mortir, komunikasi sinkron adalah hal biasa, baik itu obrolan seputar pendingin air atau pertemuan tim Senin pagi Anda.

Namun, dalam lingkungan kerja yang semakin jauh, komunikasi sinkron telah mengambil lebih banyak kursi belakang. Itu karena, ketika tim mengerjakan jadwal mereka sendiri, belum lagi melintasi zona waktu yang berbeda, komunikasi sinkron menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Manfaat tempat kerja sinkron

Wajar untuk mengatakan, komunikasi yang terjadi secara real-time cocok untuk membangun koneksi yang lebih otentik, lebih dari komunikasi asinkron bolak-balik yang terfragmentasi.

Bisnis yang mengadopsi budaya sinkron dapat melihat manfaat dari tim yang kompak dan efektif.

Ada jenis komunikasi atau pertemuan yang membutuhkan pendekatan yang lebih sinkron. Kedekatan alat komunikasi atau kolaborasi diperlukan untuk melakukan bentuk-bentuk komunikasi berikut:

Brainstorming

Metode pertemuan populer dari sesi brainstorming mungkin tidak akan memiliki dampak yang sama jika dilakukan secara asinkron. Sifat brainstorming biasanya cepat, termasuk ide dan inspirasi tanpa sensor dengan masukan kreatif yang diperlukan sebagai acara yang hanya dilakukan sekali saja.

Acara Membangun Tim

Mungkin tak perlu dikatakan lagi, membangun tim membutuhkan ikatan tatap muka dan waktu nyata. Jauh lebih sulit untuk membangun hubungan manusiawi yang sejati dengan orang asing melalui aplikasi instant messenger, sehingga bisnis yang ingin melakukan aktivitas membangun tim perlu menemukan cara untuk melakukan sesi sinkron secara ideal melalui obrolan video (jika pertemuan tatap muka tidak memungkinkan ).

Baca juga:   [JAWABAN] Prinsip kedaulatan rakyat menunjukkan bahwa pemerintahan negara hendaklah

Diskusi proyek yang kompleks

Tugas dan proyek yang kompleks, serta sesi umpan balik sensitif atau pertemuan krisis mendesak, harus dilakukan secara real-time. Pesan teks tertulis yang tertunda waktu terbuka untuk interpretasi dan miskomunikasi, jadi untuk pelatihan yang kompleks, pengarahan dan pendelegasian tugas, konferensi video adalah yang terbaik untuk mempertahankan hubungan dan menghindari kebingungan.

Sesi satu-ke-satu

Sifat one-to-one membutuhkan komunikasi real-time dan idealnya pertukaran tatap muka untuk mendukung hubungan interpersonal yang lebih baik antara rekan kerja.

Orientasi jarak jauh

Dalam hal orientasi jarak jauh, baik itu orientasi mitra, orientasi klien, atau orientasi karyawan, jangan meremehkan pentingnya waktu tatap muka. Sesi pelatihan juga paling baik disampaikan melalui panggilan video langsung, idealnya dengan elemen berbagi layar untuk elaborasi tugas-tugas kompleks. Memiliki orang fisik untuk terhubung sangat penting jika peserta memiliki pertanyaan atau merasa terisolasi atau dikucilkan dari tim baru mereka.

Perbedaan antara Komunikasi Sinkron dan Asinkron

Komunikasi asinkron berarti peserta wacana tidak harus segera merespon. Dengan komunikasi sinkron, percakapan terjadi secara instan daripada potongan percakapan email atau obrolan online yang terfragmentasi.

Transmisi asinkron mungkin terjadi melalui saluran komunikasi seperti pesan RingCentral, pertukaran email, atau pengiriman pesan melalui alat manajemen proyek seperti Trello atau Asana. Komunikasi sinkron dapat berupa rapat video atau panggilan telepon ke rekan kerja di perangkat seluler.

Pada dasarnya, dalam komunikasi sinkron, peserta hadir dan diharapkan untuk merespon hampir seketika, sedangkan, dengan komunikasi asinkron, mereka memiliki sedikit waktu untuk menangani korespondensi dan menyusun tanggapan.

Salah satu contoh komunikasi sinkron adalah

Dari penjelasan diatas Kita sudah mengetahui bahwa salah satu contoh komunikasi sinkron adalah chatting dan video call. Semoga bermanfaat.