[JAWABAN] Sejarah Elektronika Dimulai Dari Abad Ke 20 Dengan Melibatkan Tiga Buah Komponen Utama Kecuali

Seputarwarganet.com – Sejarah elektronika dimulai dari abad ke 20 dengan melibatkan tiga buah komponen utama kecuali Apakah kamu tahu kapan sejarah elektronika dimulai?

Bagaimana perkembangan elektronika hingga saat ini? Apa saja komponen utama dalam perkembangan awal elektronika? Jika kamu penasaran dengan jawabannya, maka baca terus artikel ini!

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang sejarah dan perkembangan elektronika, serta menjawab sebuah pertanyaan menarik mengenai tiga komponen utama dalam perkembangan awal elektronika.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Soal Sejarah Elektronika Dimulai Dari Abad Ke 20 Dengan Melibatkan Tiga Buah Komponen Utama Kecuali

A. Tabung hampa udara
B. Transistor
C. Sirkuit terpadu (IC)
D. Resistor, diode, dan kapasitor

Jawaban

Dari penjelasan dibawah ini, jawaban yang tepat adalah D. Resistor, diode, dan kapasitor.

Pembahasan

Sejarah elektronika dimulai pada awal abad ke-20 ketika para peneliti mulai mempelajari sifat-sifat elektron. Tiga komponen utama dalam elektronika pada saat itu adalah tabung hampa udara, transistor, dan sirkuit terpadu (IC).

Tabung hampa udara digunakan sebagai pengganti relay elektromekanik dan menjadi salah satu komponen utama dalam sistem komunikasi dan elektronik hingga tahun 1950-an.

Transistor ditemukan pada tahun 1947 dan menggantikan tabung hampa udara sebagai komponen utama dalam rangkaian elektronik pada tahun 1960-an.

Sirkuit terpadu (IC) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958 dan menggantikan transistor sebagai komponen utama pada tahun 1970-an.

Sedangkan resistor, diode, dan kapasitor bukanlah komponen utama dalam perkembangan awal elektronika, meskipun mereka merupakan komponen penting dalam rangkaian elektronik modern.

Penjelasan dari setiap pilihan:

  • A. Tabung hampa udara: Jawaban ini salah karena tabung hampa udara adalah salah satu dari tiga komponen utama dalam perkembangan awal elektronika.
  • B. Transistor: Jawaban ini salah karena transistor adalah salah satu dari tiga komponen utama dalam perkembangan awal elektronika.
  • C. Sirkuit terpadu (IC): Jawaban ini salah karena sirkuit terpadu (IC) adalah salah satu dari tiga komponen utama dalam perkembangan awal elektronika.
  • D. Resistor, diode, dan kapasitor: Jawaban ini benar karena resistor, diode, dan kapasitor bukanlah komponen utama dalam perkembangan awal elektronika, meskipun mereka merupakan komponen penting dalam rangkaian elektronik modern.
Baca juga:   Jawaban Soal Yang Bukan Termasuk Cara Menentukan Gagasan Pada Teks Lisan Adalah

Resistor, diode, dan kapasitor merupakan komponen pasif dalam rangkaian elektronik yang berperan penting dalam mengatur arus listrik dan tegangan listrik.

Resistor berfungsi untuk membatasi arus listrik dan menghasilkan drop tegangan, sedangkan kapasitor digunakan untuk menyimpan muatan listrik dan diode berfungsi sebagai penghambat arus listrik.

Meskipun mereka merupakan komponen penting dalam rangkaian elektronik, namun mereka bukanlah komponen utama dalam perkembangan awal elektronika.

Komponen-komponen elektronika yang terdiri dari tabung hampa udara, transistor, dan sirkuit terpadu (IC) menjadi fokus utama dalam perkembangan elektronika pada abad ke-20.

Tabung hampa udara banyak digunakan pada awal perkembangan radio dan televisi, tetapi digantikan oleh transistor pada akhir 1950-an.

Transistor kemudian menjadi komponen utama dalam rangkaian elektronik pada tahun 1960-an dan digantikan oleh sirkuit terpadu pada tahun 1970-an.

Perkembangan teknologi elektronika pada abad ke-20 telah memberikan dampak yang besar pada kehidupan manusia.

Elektronika menjadi dasar dari berbagai teknologi modern seperti komputer, telekomunikasi, otomotif, dan banyak lagi.

Dalam perkembangannya, penggunaan resistor, diode, dan kapasitor semakin penting dalam pengembangan teknologi elektronika modern.

Demikianlah penjelasan mengenai pertanyaan menarik mengenai tiga komponen utama dalam perkembangan awal elektronika.

Komponen-komponen utama tersebut adalah tabung hampa udara, transistor, dan sirkuit terpadu (IC), yang berperan penting dalam perkembangan teknologi elektronika pada abad ke-20.

Namun, resistor, diode, dan kapasitor, meskipun bukan termasuk komponen utama dalam perkembangan awal elektronika, namun merupakan komponen penting dalam rangkaian elektronik modern.

Dalam perkembangan teknologi elektronika, kita harus mengapresiasi kontribusi dari semua komponen yang terlibat, termasuk resistor, diode, dan kapasitor.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang disajikan bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang perkembangan teknologi elektronika.