Jawaban Soal Selain Sebagai Keindahan Ragam Hias Juga Bernilai Simbolis Artinya

Seputarwarganet.com – Pada kesempatan kali ini, Mari kita sama sama membahas dan menemukan jawaban soal yang paling tepat terkait pertanyaan selain sebagai keindahan ragam hias juga bernilai simbolis artinya.

Dalam seni dekoratif, ragam hias seringkali digunakan untuk memperindah estetika sebuah karya seni atau barang. Namun, tahukah Kamu bahwa ragam hias juga sering kali memiliki makna simbolis yang mendalam?

Dalam postingan blog ini, kita akan membahas mengenai makna simbolis pada ragam hias dan mengapa ragam hias sering kali dikaitkan dengan nilai agama tertentu.

Apakah Kamu penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Selain Sebagai Keindahan Ragam Hias Juga Bernilai Simbolis Artinya

A. Menyimbolkan benda-benda yang menjadi bahan rujukan karya
B. Menandakan usia dari karya itu sendiri
C. Berkaitan dengan nilai agama tertentu
D. Menyatakan asal dari ragam hias tersebut

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah C. Berkaitan dengan nilai agama tertentu.

Pembahasan

Ragam hias adalah unsur dekoratif atau ornamen pada sebuah karya seni atau barang yang memperindah dan memperkaya estetika. Selain itu, ragam hias juga sering memiliki makna simbolis yang berkaitan dengan kepercayaan dan budaya masyarakat tertentu.

Salah satu contoh ragam hias yang memiliki makna simbolis yang berkaitan dengan nilai agama adalah motif batik parang. Motif ini memiliki makna simbolis sebagai simbol kekuasaan dan kebesaran Allah dalam tradisi Jawa.

Adapun penjelasan kenapa tidak memilih A, B, dan D adalah sebagai berikut:

  • Pilihan A, Menyimbolkan benda-benda yang menjadi bahan rujukan karya, tidak tepat karena ragam hias biasanya dibuat berdasarkan inspirasi dari alam, kehidupan sehari-hari, atau cerita-cerita mitologi.
  • Pilihan B, Menandakan usia dari karya itu sendiri, juga tidak tepat karena ragam hias bisa saja dibuat baru namun memiliki makna simbolis yang mendalam.
  • Pilihan D, Menyatakan asal dari ragam hias tersebut, juga tidak tepat karena ragam hias sering kali menyebar dari satu budaya ke budaya lainnya sehingga sulit untuk dikaitkan dengan satu asal yang pasti.
Baca juga:   Jawaban Soal Syair Dibawakan Dengan Irama Tertentu Adalah

Terkait dengan jawaban yang benar, yaitu pilihan C, ragam hias sering kali memiliki makna simbolis yang berkaitan dengan nilai agama tertentu.

Hal ini dikarenakan kebudayaan dan agama sangat erat kaitannya dalam membentuk suatu kepercayaan dan tradisi dalam masyarakat.

Misalnya, pada motif batik kawung yang memiliki arti makna simbolis dalam agama Hindu. Motif kawung berasal dari kata “kawung-kawung” yang memiliki arti “cakram-cakram” atau “lingkaran-lingkaran”.

Lingkaran pada motif kawung melambangkan dunia kosmos dalam kepercayaan Hindu. Selain itu, motif kawung juga dikaitkan dengan kehidupan dan kesuburan, yang menjadi makna simbolis dalam tradisi Jawa.

Namun, penting untuk dicatat bahwa makna simbolis ragam hias tidak selalu berkaitan dengan nilai agama.

Ada juga ragam hias yang memiliki makna simbolis yang berkaitan dengan kehidupan sosial, adat istiadat, atau bahkan keindahan alam.

Sebagai contoh, pada ragam hias khas Bali, terdapat motif daun pisang yang melambangkan keindahan alam dan kesuburan.

Demikianlah pembahasan mengenai makna simbolis pada ragam hias. Kita telah mempelajari bahwa ragam hias bukan hanya digunakan sebagai elemen dekoratif semata, tetapi juga memiliki makna simbolis yang berkaitan dengan kepercayaan dan budaya masyarakat tertentu.

Selain itu, makna simbolis pada ragam hias dapat juga berhubungan dengan keindahan alam, kehidupan sosial, atau adat istiadat masyarakat.

Oleh karena itu, memahami makna simbolis pada ragam hias tidak hanya memperkaya pengetahuan kita tentang seni dekoratif, tetapi juga dapat memperdalam pemahaman kita tentang kebudayaan dan kepercayaan masyarakat tertentu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ragam hias dan makna simbolisnya.