Set top Box Tidak ada Gambar Tapi Ada Suara? Ini Dia Solusinya

Seputarwarganet.com – Set top box tidak ada gambar tapi ada suara merupakan fenomena yang sering terjadi pada TV tabung ataupun LED yang menggunakan set top box untuk mendapatkan siaran TV digital. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang saling terkait. Selain itu, pada beberapa model set top box, terkadang hanya terdapat suara tanpa adanya tampilan visual yang muncul.

Tentunya, ini adalah sebuah tantangan yang perlu segera diatasi agar siaran TV digital dapat kembali terlihat di layar TV tabung atau LED Anda. Sejak dimatikannya siaran analog, warga yang belum memiliki TV digital harus membeli set top box dengan harapan agar tetap dapat menikmati saluran TV digital dengan kualitas gambar yang lebih jernih.

Namun, tidak jarang kita menemui kasus-kasus di mana set top box menghadapi masalah meskipun belum lama digunakan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika set top box tidak menampilkan gambar, tetapi tetap menghasilkan suara, atau bahkan tidak memberikan sinyal sama sekali.

Cara Memperbaiki Set top Box Tidak ada Gambar Tapi Ada Suara

Dalam menghadapi kasus serupa, metode berikut ini dapat dicoba pada semua merek set top box, termasuk Matrix Apple, Advance, Luby, Nextron, Tanaka, Polytron, dan model set top box DVB-T2 lainnya. Selanjutnya, mari kita ketahu beberapa faktor penyebab mengapa set top box ridak ada gambar tapi ada suara, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut:

Langkah 1: Hidupkan Ulang Set top Box

Sebelumnya, kami pernah menghadapi sebuah kasus di mana Set top box tidak ada gambar tapi ada suara. Setelah dilakukan investigasi, ternyata masalah ini disebabkan oleh malfungsi pada sistem atau perangkat keras set top box.

Jika Anda mengalami ketidakmunculan gambar pada set top box, langkah pertama yang dapat diambil adalah mencabut kabel daya set top box selama beberapa menit, kemudian menghidupkannya kembali bersama dengan TV Anda.

Langkah 2: Check Kondisi Kabel RCA / HDMI

Set top box dapat terhubung dengan TV tabung atau LED melalui kabel HDMI dan RCA, yang berperan penting dalam mentransfer data gambar/video dan suara dari set top box ke TV. Jika terdapat masalah pada kedua kabel ini, maka biasanya set top box akan mengalami ketidakmunculan gambar atau hanya menghasilkan suara.

Maka dari itu, penting untuk melakukan pemeriksaan terhadap kabel RCA atau HDMI yang digunakan untuk menghubungkan set top box dengan TV. Pastikan kabel tersebut dalam kondisi baik, tidak terputus atau longgar. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba menggunakan kabel RCA/HDMI yang berbeda untuk memastikan kelancaran koneksi.

Langkah 3: Pastikan Input TV Sudah Sesuai

Terdapat beberapa model TV yang tidak secara otomatis beralih ke mode set top box, sehingga pengguna harus melakukan pengaturan input TV secara manual menggunakan remote TV. Jika Anda menggunakan kabel RCA untuk menghubungkan set top box ke TV, langkah yang perlu dilakukan adalah mengubah mode input TV menjadi [AV].

Baca juga:   Daftar Frekuensi TV One Digital DVB-T2 Terbaru Untuk Seluruh Wilayah

Namun, jika Anda menggunakan kabel HDMI, maka Anda perlu mengubah input TV menjadi [HDMI] sesuai dengan kabel yang digunakan untuk menghubungkan set top box ke TV. Setiap model TV memiliki cara yang berbeda dalam mengubah mode input, namun umumnya dapat dilakukan melalui tombol [Source/AV/Input] yang terdapat pada remote TV.

Langkah 4: Tekan Tombol Power Pada Remote STB

Setiap set top box memiliki remote kontrol yang disertakan, dan ketika kabel daya STB dihubungkan ke sumber listrik, mungkin Anda perlu menekan tombol [Power] pada remote STB untuk menghidupkan perangkat tersebut.

Jadi, pada beberapa model set top box tertentu, Anda perlu menekan tombol [Power] setelah menghubungkan kabel set top box ke stop kontak listrik. Namun, jika remote kontrol mengalami kerusakan atau hilang, Anda dapat menggunakan tombol daya fisik yang biasanya terletak di bagian depan STB.

Langkah 5: Sambungkan Kabel RCA ke Port Lain

Pada umumnya, kabel RCA digunakan khusus untuk TV tabung, dan seringkali TV tabung dilengkapi dengan beberapa port RCA cadangan. Ketika saluran tv digital tidak ada gambar tapi ada suara, kemungkinan terdapat masalah pada port RCA di TV tersebut.

Oleh karena itu, Kami sarankan Anda untuk perlu mencoba menghubungkan kabel RCA ke port yang lain, sesuai dengan warna kabelnya, guna mengatasi masalah tersebut dan pastikan kabel tersebut tidak goyang atau terpasang secara benar.

Langkah 6: Gunakan Kabel HDMI

Dalam paket pembelian set top box, biasanya sudah termasuk kabel RCA dengan tiga warna yang disediakan. Namun, seringkali kabel bawaan tersebut kurang berkualitas dan rentan terputus. Jika Anda menggunakan TV LED yang dilengkapi dengan port HDMI, disarankan untuk menggunakan kabel HDMI sebagai penghubung.

Ada alasan sederhana di balik rekomendasi ini. Kabel HDMI memiliki kemampuan transfer data yang jauh lebih baik dibandingkan kabel RCA. Selain itu, penggunaan kabel HDMI juga menjamin tampilan gambar yang lebih jernih dengan resolusi hingga 1080p, tergantung pada spesifikasi set top box yang digunakan.

Langkah 7: Check Port HDMI atau RCA

Setelah mencoba mengganti kabel dengan yang lain namun set top box tetap tidak menampilkan gambar, kemungkinan terdapat masalah pada port HDMI atau RCA di TV Anda. Port-port tersebut seringkali mengalami kelembapan atau terkumpulnya debu jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memeriksa kondisi port RCA/HDMI di TV Anda. Pastikan tidak ada kotoran, karat, atau benda-benda lain yang terjebak di dalam port tersebut. Tindakan ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah ketika set top box tidak menampilkan gambar tetapi masih menghasilkan suara pada TV tabung maupun LED.

Demikianlah informasi mengenai cara memperbaik set top box tidak ada gambar tapi ada suara yang dapat Tim seputarwarganet.com berikan yang dijelaskan secara lengkap seperti penyebab hingga solusi berdasarkan pengalaman Kami pribadi. Untuk itu sampai jumpa di postingan berikutnya, ya!