Siaran Digital Trans TV Hilang? Inilah Cara Benar Mengatasinnya

Seputarwarganet.com – Tidak heran banyak orang ingin mencari siaran digital Trans TV hilang di set top box. Hal ini karena Trans TV adalah salah satu saluran yang telah beralih dari siaran analog ke siaran TV digital dan memiliki banyak penonton. Sebelumnya, siaran tersebut sudah tersedia dan tersimpan dengan baik.

Mengapa channel Trans TV tiba-tiba hilang saat menonton melalui TV digital? Alasannya adalah perubahan frekuensi, yang menyebabkan pengguna harus melakukan pemindaian ulang siaran TV digital atau mengatur ulang kode frekuensi Trans TV secara manual.

Kehilangan siaran Trans TV di TV digital belakangan ini telah memicu keluhan dari berbagai pihak, terutama para pengguna set top box.

Cara Mencari Siaran Digital Trans TV Hilang di Set top Box

Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah kehilangan siaran digital Trans TV. Berikut penjelasan lebih lanjut:

Langkah 1: Scan Ulang Siaran TV Digital

Berubahnya frekuensi dari sebuah channel TV menyebabkan siaran hilang atau tidak ada sinyal. Cara paling mudah untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan scan ulang siaran TV digital.

Secara otomatis set top box Anda akan mendapatkan frekuensi terbaru dari semua channel yang tertangkap. Cara untuk scan ulang siaran pada setiap merk set top box berbeda-beda, tetapi biasanya opsi ini ada pada bagian menu Pengaturan di set top box.

Langkah 2: Lebih Baik Gunakan Antena Outdoor

Masih pakai antena indoor? Itu bisa jadi penyebab mengapa channel TV digital sedikit atau banyak siaran yang tiba-tiba hilang. Bagi pengguna set top box, untuk hasil yang maksimal disarankan menggunakan antena outdoor.

Alasannya karena antena outdoor memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas dibandingkan dengan antena indoor. Selain itu, antena outdoor yang diletakkan pada posisi tinggi akan minim dari halangan sinyal, sehingga penerimaan sinyal digitalnya lebih baik.

Langkah 3: Atur Posisi Antena yang Benar

Posisi antena yang kurang tepat bisa menjadi penyebab mengapa siaran digital Trans TV hilang pada set top box. Pastikan posisi antena tidak terlalu rendah dan tidak ada halangan benda padat seperti pohon atau tembok yang bisa menjadi penghambat sinyal TV digital.

Baca juga:   Persamaan Transistor A733: Spesfikasi, Pinout, & Datasheet

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan posisi antena. Arahkan antena ke pemancar sinyal terdekat atau ikuti posisi antena tetangga yang mendapatkan banyak siaran TV digital. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV digital untuk mengetahui posisi pemancar sinyal terdekat.

Langkah 4: Reset Ulang Set Top Box

Masalah siaran TV digital yang tiba-tiba hilang tidak selalu disebabkan oleh perubahan frekuensi saja, tetapi bisa jadi karena malfungsi pada sistem set top box sehingga tidak bisa memindai siaran TV digital secara maksimal.

Cara paling praktis agar bug pada set top box hilang adalah dengan mereset ulang ke pengaturan pabrik. Setiap merk set top box memiliki cara yang berbeda untuk reset ulang, tetapi biasanya Anda bisa mengakses menu ini di Pengaturan.

Setelah mereset ulang STB, Anda harus mengatur set top box kembali seperti pertama kali dinyalakan. Seperti memilih lokasi, bahasa, jenis antena, dan juga memasukkan kode lokasi TV digital sesuai daerah masing-masing.

Kami harap keempat langkah di atas bisa mengatasi siaran digital Trans TV hilang ataupun siaran lainnya yang mungkin belum tertangkap oleh set top box DVB-T2 Anda. Jika ada pertanyaan terkait topik ini, tinggalkan saja pada kolom komentar di bawah.

Kesimpulan

Dalam menjawab pertanyaan mengenai mengapa siaran digital Trans TV hilang di set top box, kita telah mengidentifikasi beberapa penyebab dan solusi yang mungkin berguna bagi pengguna.

Disclaimer: Informasi dalam panduan ini bervariasi berdasarkan merek set top box, lingkungan, dan faktor lainnya. Sebelum menerapkan, rujuk panduan set top box atau konsultasi ahli terkait. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil yang tidak sesuai.

Perubahan frekuensi adalah faktor utama yang menyebabkan hilangnya siaran. Namun, dengan melakukan langkah-langkah seperti scan ulang siaran, menggunakan antena outdoor yang memiliki jangkauan lebih luas, memperhatikan posisi dan arah antena, serta mereset set top box, kita dapat mengatasi masalah ini.