Simbol Gerbang Logika: OR, AND, NOT, NOR, NAND, XOR, XNOR

Seputarwarganet.com – Simbol-simbol gerbang logika menjadi fokus dalam artikel ini. Dalam rangkaian elektronik digital, gerbang logika berperan sebagai komponen dasar atau blok pembangun utama.

Setiap rangkaian digital atau perangkat terdiri dari gerbang logika yang memiliki satu atau beberapa input serta satu output. Dengan membaca artikel ini, Anda akan memahami berbagai jenis simbol gerbang logika secara mendalam.

Simbol Gerbang Logika

Seperti yang berlaku untuk simbol komponen elektronika, berikut ini adalah simbol-simbol gerbang logika yang dapat Anda pelajari:

Simbol Gerbang AND

Simbol-Gerbang-AND
Gambar gerbang logika AND

Gerbang AND memiliki setidaknya dua input. Output dari gerbang AND akan menjadi tinggi (high) ketika kedua inputnya juga tinggi. Jika salah satu input rendah (Low), maka outputnya juga akan rendah. Gambar diatas adalah simbol dari Gerbang AND.

Simbol Gerbang OR

Simbol-Gerbang-OR
Gambar gerbang logika OR

Simbol Gerbang OR dapat ditemukan diatas. Gerbang OR juga memiliki setidaknya dua input. Ketika salah satu inputnya menjadi tinggi, output dari Gerbang OR juga akan menjadi tinggi. Namun, jika kedua input berada dalam keadaan rendah, maka output akan menjadi rendah.

Simbol Gerbang NOT

Simbol-Gerbang-NOT
Gambar gerbang logika NOT

Simbol Gerbang NOT dapat Anda lihat diatas. Gerbang NOT juga dikenal sebagai inverter. Ia memiliki satu input dan satu output. Ketika input dari Gerbang NOT berada pada keadaan tinggi, maka output akan menjadi rendah dan sebaliknya.

Simbol Gerbang NAND

Simbol-Gerbang-NAND
Gambar gerbang logika NAND

Di sini, Anda dapat melihat simbol dari Gerbang NAND. Gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan Gerbang NOT. Sama halnya, ia juga memiliki setidaknya dua input dan satu output.

Output dari Gerbang NAND akan menjadi tinggi ketika salah satu input berada dalam keadaan rendah. Sebaliknya, output akan menjadi rendah ketika kedua input berada dalam keadaan tinggi.

Simbol Gerbang NOR

Simbol-Gerbang-NOR
Gambar gerbang logika NOR

Pada gambar diatas, Anda bisa melihat simbol dari Gerbang NOR. Gerbang NOR merupakan gabungan dari Gerbang OR dan Gerbang NOT. Gerbang NOR juga memiliki setidaknya dua input dan satu output.

Output dari Gerbang NOR akan menjadi tinggi ketika kedua input berada dalam keadaan rendah. Sebaliknya, output dari Gerbang NOR akan menjadi rendah ketika salah satu input berada dalam keadaan rendah.

Baca juga:   15+ Simbol Komponen Elektronika Lengkap Beserta Fungsingnya

Simbol Gerbang XOR

Simbol-Gerbang-XOR
Gerbang logika XOR

Gerbang XOR juga dikenal sebagai gerbang “Exclusive OR” atau “XOR eksklusif”. Ini adalah gerbang logika digital yang melakukan operasi XOR eksklusif pada dua sinyal input. Gerbang ini memiliki dua input dan satu output.

Output dari gerbang XOR akan menjadi tinggi (logika 1) hanya ketika jumlah input yang tinggi adalah ganjil. Jika kedua input sama (baik keduanya tinggi atau keduanya rendah), output akan menjadi rendah (logika 0).

Simbol Gerbang XNOR

Simbol-Gerbang-XNOR
Gerbang logika XNOR

Di sini, Anda dapat melihat simbol dari Gerbang XNOR. Gerbang XNOR juga dikenal sebagai gerbang “Exclusive NOR” atau “XNOR eksklusif”. Ini adalah gerbang logika digital yang melakukan operasi yang berlawanan dengan gerbang XOR.

Gerbang XNOR juga memiliki dua input dan satu output. output dari gerbang XNOR akan menjadi tinggi (logika 1) ketika jumlah input yang tinggi adalah genap. Dengan kata lain, output dari gerbang XNOR akan tinggi ketika kedua inputnya sama (baik keduanya tinggi atau keduanya rendah), dan rendah ketika inputnya berbeda.

Simbol Buffer

Simbol-Buffer
Gambar gerbang logika buffer

Di sini, Anda dapat melihat simbol dari Buffer. Buffer adalah jenis gerbang logika yang hanya menguatkan atau mengulang sinyal input tanpa melakukan operasi logika atau inversi apa pun. Tujuan dari buffer adalah untuk mengisolasi atau memisahkan bagian-bagian berbeda dari suatu rangkaian yang mungkin memiliki karakteristik atau tingkat tegangan yang berbeda.

Buffer sering kali diwakili oleh simbol yang menyerupai segitiga, dengan input di satu sisi dan output di sisi lain, mengindikasikan penguatan atau pengulangan dari sinyal input. Anda dapat melihat bahwa simbolnya mirip dengan gerbang NOT, namun tanpa lingkaran di dalamnya.

Kesimpulan

Dalam dunia rangkaian elektronik, Simbol Gerbang Logika memainkan peran penting dalam membantu pemahaman dan desain sirkuit digital. Setiap jenis gerbang logika, seperti Gerbang AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, dan XNOR, memiliki simbol khas yang menggambarkan fungsi serta karakteristiknya.

Simbol-simbol ini membantu para desainer dan teknisi dalam merancang, memahami, dan menganalisis berbagai rangkaian elektronik. Dari simbol Gerbang Logika ini, kita dapat dengan mudah mengenali operasi dasar yang dilakukan oleh setiap jenis gerbang, mulai dari penguatan sinyal hingga operasi logika eksklusif.

Dengan pemahaman tentang simbol-simbol ini, seseorang dapat membangun sirkuit digital yang efisien dan dapat diandalkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Semoga informasi yang Kami berikan ini dapat bermanfaat ya!