15+ Simbol Komponen Elektronika Lengkap Beserta Fungsingnya

Simbol komponen elektronika adalah kunci untuk membaca dan memahami diagram rangkaian elektronik dengan mudah, dan artikel ini akan mengupas tuntas mengenai hal tersebut.

Pemula dalam Elektronika, jika ingin mempelajari elektronik, pemahaman tentang komponen elektronika menjadi sangatlah penting. Akan terasa sulit jika Anda tidak memahaminya.

Oleh karena itu, mempelajari dasar-dasar komponen elektronika adalah langkah awal yang esensial bagi siapa saja yang ingin menekuni bidang ini.

Salah satu hal yang perlu dipahami dalam mempelajari komponen elektronika adalah simbol simbol elektronika.

Simbol komponen elektronika adalah gambar atau notasi yang digunakan untuk merepresentasikan komponen elektronika dalam sebuah rangkaian elektronik.

Dengan memahami simbol elektronika, seseorang dapat lebih mudah membaca dan memahami diagram rangkaian elektronik.

Menurut pendapat Kami, memahami simbol simbol elektronik akan memudahkan seseorang dalam perbaikan atau modifikasi rangkaian elektronik yang ada.

Tidak hanya itu, pemahaman ini diperlukan dalam perancangan rangkaian elektronik baru karena dapat membantu dalam memilih komponen yang sesuai.

Simbol Komponen Elektronika

Terdapat berbagai jenis simbol komponen elektronika yang digunakan dalam rangkaian elektronik, seperti resistor, kapasitor, induktor, transistor, dioda, dan IC (Integrated Circuit).

Setiap jenis komponen memiliki simbol yang berbeda-beda, tergantung pada fungsinya dalam rangkaian. Contoh simbol komponen elektronika pada rangkaian sederhana dapat dilihat pada gambar berikut:

simbol-simbol-elektronik

Dalam gambar di atas, terdapat beberapa jenis komponen elektronika yang dapat dikenali dari simbolnya, antara lain resistor, kapasitor, transistor, dan LED (Light Emitting Diode).

Resistor direpresentasikan dengan simbol berupa garis-garis yang bersebrangan, kapasitor direpresentasikan dengan simbol berupa dua garis sejajar yang dipisahkan oleh spasi kosong.

Lalu transistor direpresentasikan dengan simbol segitiga dengan tiga kaki, dan LED direpresentasikan dengan simbol segitiga dengan satu panah keluar.

Dengan memahami simbol komponen elektronika, kita dapat dengan mudah membaca dan memahami diagram rangkaian elektronik, serta memperluas pengetahuan kita tentang dunia elektronika.

Simbol Resistor

Simbol-Resistor

Simbol resistor adalah salah satu simbol penting dalam bidang elektronika. Resistor digunakan untuk mengontrol arus listrik dan menurunkan tegangan dalam sebuah rangkaian elektronik.

Nilai resistansi yang dinyatakan dalam satuan ohm (Ω) selalu ditulis di dekat simbol resistor.   Simbol resistor biasanya digambarkan sebagai serangkaian garis-garis yang mewakili hambatan listrik.

Pemahaman yang baik tentang resistor dapat membantu dalam merancang dan memperbaiki rangkaian elektronik yang kompleks dengan efisien dan akurat.

Dalam konteks yang lebih luas, resistor juga merupakan komponen yang penting dalam bidang teknologi, sehingga pemahaman yang baik tentang resistor akan memberikan manfaat yang besar.

Simbol Kapasitor

simbol-kapasitor

Kapasitor digunakan untuk menyimpan muatan listrik dan kemudian memperbolehkannya dilepaskan ke dalam rangkaian ketika diperlukan.

Kapasitor dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti untuk memfilter sinyal listrik, menstabilkan tegangan dalam sebuah rangkaian, dan memperbaiki faktor daya.

Simbol kapasitor biasanya digambarkan sebagai dua garis paralel yang dipisahkan oleh ruang kosong atau dengan simbol huruf C di dalamnya.

Ruang kosong antara dua garis paralel menunjukkan area dimana muatan listrik disimpan. Nilai kapasitansi ditunjukkan dalam satuan farad (F) dan seringkali ditulis di dekat simbol kapasitor.

Simbol Transistor

Simbol-Transistor

Simbol transistor terdiri dari tiga bagian utama, yaitu basis, kolektor, dan emitter. Emitor biasanya dilambangkan dengan sebuah panah kecil yang menunjukkan arah aliran arus listrik.

Sedangkan basis dan kolektor dilambangkan dengan bentuk lingkaran yang berbeda. Transistor juga terdiri dari dua jenis, yaitu transistor NPN dan PNP.

Transistor adalah komponen semikonduktor yang digunakan untuk mengontrol aliran arus listrik dalam sebuah rangkaian. Transistor dapat digunakan sebagai switch, penguat, atau pengatur arus.

Transistor sangat berguna dalam elektronika, karena memungkinkan pengontrolan arus listrik dan peningkatan efisiensi energi dalam sebuah rangkaian.

Simbol MOSFET

Simbol-Mosfet

MOSFET merupakan singkatan dari Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor, yang berfungsi sebagai pengatur arus listrik di dalam sebuah rangkaian.

Simbol MOSFET terdiri dari tiga terminal yaitu gate, source dan drain. Gate merupakan terminal yang berfungsi untuk mengontrol arus listrik yang mengalir di dalam MOSFET.

Sedangkan Source dan drain adalah terminal yang berfungsi sebagai pintu masuk dan keluar arus listrik.

Dalam simbol MOSFET, gate biasanya terhubung ke sebuah tegangan yang digunakan untuk mengontrol arus listrik yang mengalir melalui MOSFET.

Simbol Dioda

Simbol-Dioda

Simbol dioda pada umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu anoda, katoda, dan garis diagonal yang menghubungkan keduanya.

Anoda diwakili oleh sebuah panah yang menunjuk ke arah katoda, sedangkan katoda diwakili oleh sebuah garis yang sejajar dengan garis diagonal tersebut.

Secara umum, fungsi dioda adalah sebagai komponen elektronik yang mengizinkan arus listrik mengalir hanya pada satu arah.

Selain itu, ada juga berbagai jenis dioda seperti dioda zener, dioda Schottky, dioda LED dan lain-lain, yang mempunyai karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda.

Simbol Induktor

Simbol-Komponen-Elektronika-Induktor

Simbol induktor biasanya ditunjukkan dengan sebuah gambar kumparan kawat dengan garis-garis yang melambangkan medan magnet.

Simbol induktor ini digunakan untuk merepresentasikan induktor dalam skema rangkaian elektronik, yang biasanya digunakan untuk menggambar desain atau rancangan suatu sistem elektronik.

Induktor sendiri merupakan komponen elektronik yang berfungsi untuk menyimpan energi dalam medan magnetik saat mengalami arus listrik.

Dalam penggunaannya, induktor memiliki berbagai macam aplikasi di dunia elektronik. Beberapa contoh penggunaan induktor meliputi penggunaan pada sirkuit daya, filter, dll.

Simbol Trafo

Simbol-Trafo

Simbol trafo yang digunakan dalam diagram rangkaian elektronik terdiri dari dua kumpulan kumparan yang disusun paralel satu sama lain, dihubungkan dengan sebuah inti besi.

Kumpulan kumparan pertama (biasanya yang lebih besar) dihubungkan ke sumber tegangan AC (alternating current), sedangkan kumpulan kumparan kedua dihubungkan ke beban atau peralatan yang membutuhkan tegangan yang telah diubah oleh trafo tersebut.

Pada simbol trafo juga terdapat simbol medan magnetik, yaitu dua buah garis melengkung yang menandakan adanya medan magnetik yang terbentuk pada inti trafo ketika arus mengalir melalui kumparan primer.

Transformator (trafo) adalah sebuah komponen elektronik yang digunakan untuk mengubah tegangan listrik dari satu tingkat ke tingkat lainnya.

Simbol LED

Simbol-LED

Simbol LED memiliki kemiripan dengan simbol dioda yang dikenal luas, hanya saja dengan sentuhan ekstra berupa panah-panah yang tampak menunjuk ke arah yang berlawanan dari segitiga, sehingga menciptakan kesan sinar yang memancar dari segitiga tersebut.

Baca juga:   Cara Mencari Channel Indosiar di TV Digital & Set Top Box

LED tersedia dalam berbagai warna dan intensitas cahaya. LED yang paling umum digunakan memiliki warna merah, hijau, kuning, dan biru.

Dalam rangkaian elektronik, LED biasanya digunakan sebagai indikator visual untuk menunjukkan apakah suatu komponen atau sirkuit sedang berfungsi atau tidak.

LED juga digunakan dalam aplikasi pencahayaan, seperti pada lampu LED yang semakin populer digunakan sebagai pengganti lampu pijar atau lampu neon.

Simbol Photodioda

Simbol-Photodioda

Dalam rangkaian elektronik, simbol photodioda umumnya ditandai dengan sebuah segitiga terbalik dengan garis miring yang memotongnya, yang mewakili cahaya yang masuk ke dioda.

Photodioda adalah jenis dioda semikonduktor yang dirancang khusus untuk mendeteksi cahaya. Dalam sebuah rangkaian, photodioda biasanya digunakan dalam konfigurasi bisa mundur.

Biasanya photodiode digunakan sebagai sensor cahaya dalam berbagai aplikasi, seperti pengukuran cahaya, komunikasi optik, dan pemrosesan sinyal optik.

Simbol Saklar

Simbol-Saklar

Saklar atau switch adalah komponen elektronik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik dalam sebuah rangkaian.

Simbol saklar pada diagram skematik biasanya digambarkan sebagai garis lurus yang terputus dan terhubung dengan garis-garis pendek yang menunjukkan posisi terbuka atau tertutupnya saklar.

Dalam ranah elektronika, terdapat empat varian sakelar yang tersedia bagi para praktisi, yaitu Single Pole Single Throw Switch (SPST), Single Pole Double Throw Switch (SPDT), Double Pole Single Throw Switch (DPST), dan Double Pole Double Throw Switch (DPDT).

Simbol Baterai

Simbol-Baterai

Simbol baterai pada rangkaian listrik biasanya digambarkan dengan dua garis lurus paralel yang mewakili kutub positif dan negatif dari sebuah sel atau baterai.

Dalam desain sirkuit elektronik, simbol baterai digunakan untuk menunjukkan sumber daya listrik dalam sirkuit dan sering digunakan dalam diagram skematik dan layout PCB.

Secara teknis, baterai adalah sebuah perangkat listrik yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk kimia dan dapat melepaskannya dalam bentuk arus listrik.

Simbol Relay

Simbol-Relay

Simbol relay umumnya digambarkan dalam diagram skematik atau diagram blok untuk menggambarkan bagaimana rangkaian elektronik bekerja.

Simbol relay terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu:

  • Coil (Gulungan kumparan): Bagian yang terdiri dari gulungan kawat yang berfungsi untuk menghasilkan medan magnet yang dapat menarik kontak sakelar relay.
  • Kontak Sakelar: Bagian ini terdiri dari satu atau lebih sakelar yang akan terbuka atau tertutup ketika gulungan kumparan diaktifkan. Ada beberapa jenis kontak sakelar seperti kontak NO (Normally Open) yang terbuka saat relay tidak diaktifkan dan menutup ketika relay diaktifkan, dan kontak NC (Normally Closed) yang menutup saat relay tidak diaktifkan dan terbuka ketika relay diaktifkan.
  • Tanda Nomor: Simbol relay juga memiliki nomor dan tanda khusus yang diletakkan di atas atau di bawah simbolnya. Nomor ini biasanya digunakan untuk mengidentifikasi relay dan memudahkan perawatan dan pemeliharaan.

Dalam diagram skematik, simbol relay biasanya digunakan untuk merepresentasikan bagaimana suatu rangkaian bekerja dengan menggunakan beberapa jenis komponen elektronik.

Misalnya, penggunaan simbol relay dalam rangkaian kontrol motor dapat digunakan untuk mengaktifkan motor pada waktu tertentu atau untuk memutus sirkuit jika ada masalah pada motor.

Simbol Buzzer

Simbol-Buzzer

Simbol buzzer dalam diagram rangkaian listrik biasanya ditunjukkan sebagai setengah lingkaran dan dua garis lurus.

Buzzer berfungsi untuk menghasilkan bunyi atau suara sebagai respons terhadap sinyal listrik tertentu yang diberikan kepadanya.

Dalam beberapa kasus, buzzer dapat digunakan untuk memberikan peringatan atau indikasi pada sistem elektronik, seperti dalam alarm kebakaran, telepon, atau perangkat elektronik lainnya.

Simbol Motor Listrik

Simbol-Motor-Listrik

Simbol motor listrik umumnya digambarkan dalam diagram rangkaian listrik dengan beberapa simbol, umumnya terlihat seperti lingkaran yang dikelilingi ‘m’ di sekitar terminal.

Selain itu, ada beberapa simbol tambahan seperti saklar on/off, overload, kontakor, dan lain-lain yang sering digunakan dalam rangkaian motor listrik.

Simbol Fuse

Simbol-Fuse

Fuse merupakan komponen elektronika yang digunakan untuk melindungi sirkuit listrik dari arus yang berlebihan atau hubung singkat. Fuse direpresentasikan dengan simbol berupa kotak kecil dengan tanda silang atau garis lurus di dalamnya.

Pertanyaan Seputar Simbol Komponen Elektronika

Dibawah ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan yang akan Kami berikan jawaban dan penjelasannya secara lengkap:

Apa itu simbol komponen elektronika?

Simbol komponen elektronika adalah representasi grafis yang digunakan untuk menggambarkan komponen elektronika pada skema rangkaian elektronik. Simbol-simbol ini membantu dalam memahami dan merancang rangkaian elektronik.

Bagaimana cara membaca simbol komponen elektronika?

Untuk membaca simbol komponen elektronika, Anda perlu memahami arti dan fungsi dari setiap elemen simbol tersebut. Anda dapat merujuk ke panduan atau buku referensi elektronika yang menjelaskan makna simbol-simbol khusus yang digunakan.

Apa fungsi simbol komponen elektronika dalam rangkaian elektronik?

Simbol komponen elektronika digunakan untuk menggambarkan komponen-komponen yang terlibat dalam rangkaian elektronik. Fungsi simbol ini adalah untuk menyediakan representasi visual yang jelas dan konsisten dari komponen-komponen tersebut sehingga memudahkan dalam merancang dan memahami rangkaian elektronik.

Bagaimana cara menggambar simbol komponen elektronika dengan benar?

Untuk menggambar simbol komponen elektronika dengan benar, Anda harus mengikuti standar yang telah ditetapkan. Pastikan untuk menggambarkan simbol secara akurat sesuai dengan panduan yang ada.

Apa perbedaan antara simbol komponen elektronika dan tanda kaki komponen?

Simbol komponen elektronika adalah representasi grafis yang menggambarkan komponen dalam skema rangkaian elektronik, sedangkan tanda kaki komponen adalah tanda pada fisik komponen elektronika yang digunakan untuk menghubungkannya dengan PCB.

Apakah ada standar internasional untuk simbol komponen elektronika?

Ya, ada standar internasional yang digunakan untuk simbol komponen elektronika. Salah satu standar yang umum digunakan adalah standar IEC 60617. Standar ini memberikan pedoman tentang simbol-simbol komponen elektronika yang diterima secara internasional.

Apakah simbol komponen elektronika seragam di seluruh dunia?

Meskipun terdapat standar internasional untuk simbol komponen elektronika, tidak semua negara mengikuti standar yang sama. Beberapa negara dapat memiliki variasi atau penyesuaian dalam simbol-simbol mereka.

Apa arti dari simbol-simbol panah yang digunakan dalam simbol komponen elektronika?

Simbol-simbol panah dalam simbol komponen elektronika digunakan untuk menunjukkan arah aliran sinyal atau arah perubahan dalam rangkaian. Panah dapat mengindikasikan arah aliran arus listrik, arah perubahan sinyal, atau arah pergerakan data dalam komunikasi elektronik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai pengertian simbol komponen elektronika, jenis-jenis simbol, dan contoh penggunaannya pada rangkaian sederhana.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang simbol komponen elektronika menjadi sangat penting bagi siapa saja yang ingin belajar tentang elektronika, terutama bagi pemula dalam Elektronika.

Dengan memahami simbol komponen elektronika, seseorang dapat lebih mudah memahami rangkaian elektronik dan merancang rangkaian elektronik yang baru.

Terakhir, Seputarwarganet.com mengajak Anda untuk terus belajar tentang elektronika dan meningkatkan pemahaman tentang simbol komponen elektronika.

Dengan terus belajar, Anda dapat mengembangkan kemampuan merancang rangkaian elektronik yang lebih kompleks dan memperluas pengetahuan Anda dalam dunia elektronika.