Jawaban Soal Apabila Keluarga Ilham Berjumlah 5 Orang Maka Zakat Fitrahnya Berjumlah

Seputarwarganet.com – Pada kesempatan kali ini, Kami akan membantu Kamu menjawab soal terkait pertanyaan apabila keluarga ilham berjumlah 5 orang maka zakat fitrahnya berjumlah dan memberikan penjelasannya.

Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus dilaksanakan setiap umat Muslim pada bulan Ramadan.

Namun, masih banyak orang yang bingung mengenai besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan, terutama bagi mereka yang baru pertama kali melaksanakan kewajiban ini.

Oleh karena itu, pada postingan blog ini, kita akan membahas jawaban dari pertanyaan umum seputar zakat fitrah untuk keluarga dengan jumlah 5 orang.

Simak pembahasan lengkapnya untuk mengetahui jawaban yang benar dan penting diketahui oleh setiap umat Muslim.

Soal Apabila Keluarga Ilham Berjumlah 5 Orang Maka Zakat Fitrahnya Berjumlah

A. 12 Kg
B. 12,5 Kg
C. 13 Kg
D. 13,5 Kg

Jawaban

Berdasarkan penjelasan yang Kami berikan dibawah ini. Jawaban yang paling tepat dari pertanyaan tersebut adalah B. 12,5 Kg.

Pembahasan

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadan sebagai tanda syukur atas nikmat sehat dan berkahnya rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebesar 3,5 liter beras per orang. Dalam hitungan kilogram, 3,5 liter beras sama dengan 2,5 kg beras.

Untuk keluarga yang terdiri dari 5 orang, maka jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah:
5 orang x 2,5 kg/orang = 12,5 kg

Baca juga:   [JAWABAN] Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. 12,5 kg.

Berikut penjelasan dari masing masing pilihan:

Pilihan A. 12 kg adalah jawaban yang salah karena rumus yang digunakan adalah 3,0 liter beras per orang, sedangkan rumus yang benar adalah 3,5 liter beras per orang.

Pilihan C. 13 kg adalah jawaban yang salah karena rumus yang digunakan adalah 4,0 liter beras per orang, sedangkan rumus yang benar adalah 3,5 liter beras per orang.

Pilihan D. 13,5 kg adalah jawaban yang salah karena rumus yang digunakan adalah 4,0 liter beras per orang, sedangkan rumus yang benar adalah 3,5 liter beras per orang.

Dalam agama Islam, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat Muslim pada bulan Ramadan.

Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan bergantung pada jumlah orang dalam keluarga dan jenis makanan pokok yang digunakan sebagai pengganti beras.

Berdasarkan rumus yang telah ditetapkan oleh DSN-MUI, untuk keluarga dengan jumlah 5 orang, zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebesar 12,5 kg beras atau sesuai dengan harga pasar pada saat itu.

Dengan mengetahui besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan dengan benar dan akurat, diharapkan umat Muslim dapat melaksanakan kewajiban ini dengan baik dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.