Jawaban Soal Berikut Yang Bukan Merupakan Manfaat Adanya Kerjasama Regional Asean Adalah

Seputarwarganet.com – Berikut yang bukan merupakan manfaat adanya kerjasama regional ASEAN adalah suatu pernyataan yang memunculkan pertanyaan mengenai sejauh mana keberlanjutan dan keuntungan yang dapat diperoleh dari upaya kolaboratif negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN, atau Association of Southeast Asian Nations, telah menjadi salah satu contoh sukses kerjasama regional di dunia. Namun, seperti yang dinyatakan dalam pertanyaan tersebut, apakah ada dampak negatif, seperti persaingan usaha, yang mungkin timbul dari kerjasama ini?

Artikel ini akan mengeksplorasi pertanyaan tersebut dengan merinci manfaat, tantangan, dan memberikan fokus khusus pada dampak persaingan usaha.

Soal

Berikut yang bukan merupakan manfaat adanya kerjasama regional ASEAN adalah…

A. Terciptanya persaingan usaha antar negara ASEAN
B. Terdapat solidaritas yang tinggi antar negara ASEAN
C. Terciptanya hubungan yang harmonis antar negara ASEAN
D. Terpeliharanya stabilitas di kawasan Asia Tenggara

Jawaban

Jawaban yang benar adalah A. Terciptanya persaingan usaha antar negara ASEAN.

Pembahasan

Sebagai suatu organisasi regional, ASEAN telah memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi negara-negara anggotanya.

Solidaritas yang tinggi, hubungan harmonis, dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara adalah beberapa manfaat yang telah dihasilkan dari kerjasama ini.

Namun, satu aspek yang mungkin tidak selalu dianggap sebagai manfaat adalah persaingan usaha antar negara-negara ASEAN.

Beberapa kalangan berpendapat bahwa hal ini dapat membawa dampak negatif pada pertumbuhan ekonomi dan stabilitas regional.

Baca juga:   8+ Perbedaan Inspirasi dan Ekspirasi Pada Pernapasan Dada dan Perut

Pertama-tama, persaingan usaha antar negara ASEAN dapat menciptakan ketidaksetaraan ekonomi di antara anggota-anggota organisasi.

Sebagian negara mungkin lebih mampu bersaing dan menghasilkan produk atau jasa dengan harga yang lebih kompetitif, sementara negara lain mungkin kesulitan untuk bersaing. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam distribusi ekonomi di kawasan.

Kedua, persaingan usaha dapat memicu ketegangan politik di antara negara-negara ASEAN. Jika suatu negara merasa dirugikan dalam persaingan ekonomi, hal ini dapat mengakibatkan konflik diplomatik dan perdagangan.

Solidaritas yang seharusnya menjadi salah satu manfaat dari kerjasama regional dapat terancam oleh persaingan yang sengit.

Ketiga, dampak negatif persaingan usaha bisa dirasakan pada tingkat stabilitas regional. Jika persaingan ekonomi tidak dielola dengan baik, hal ini dapat menciptakan ketidakpastian dan ketegangan yang dapat merugikan keamanan kawasan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dalam menjawab pertanyaan mengenai manfaat dan dampak kerjasama regional ASEAN, dapat disimpulkan bahwa, meskipun ada manfaat yang signifikan seperti solidaritas, hubungan harmonis, dan stabilitas, persaingan usaha antar negara-negara ASEAN bisa dianggap sebagai suatu tantangan.

Penting bagi negara-negara anggota untuk mengelola persaingan ini secara bijaksana agar tidak merugikan tujuan utama dari kerjasama regional, yaitu mencapai kemajuan bersama dan kesejahteraan bagi semua anggota.