Jawaban Soal Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Pengertian Dari Drama Adalah

Seputarwarganet.com – Pada kesempatan kali ini, Kami akan membantu Kamu menemukan jawaban soal terkait pertanyaan berikut ini yang bukan termasuk pengertian dari drama adalah dan penjelasannya.

Drama merupakan salah satu bentuk karya sastra yang memiliki ciri khas berupa dialog yang dipentaskan oleh para pelaku di atas panggung atau ditayangkan di media lainnya, untuk ditonton oleh publik.

Drama juga mengandung unsur-unsur yang menarik seperti konflik, tema, latar, alur cerita, dan pelaku yang memerankan karakter dalam cerita. Namun, apakah Anda yakin telah memahami sepenuhnya pengertian dari drama itu sendiri?

Mari kita temukan jawabannya dalam postingan blog ini!

Soal Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Pengertian Dari Drama Adalah

A. Bisa dipentaskan
B. Ditonton oleh publik
C. Bersifat eksposisi
D. Bentuknya dialog
E. Ada pelaku

Jawaban

Drama adalah suatu bentuk seni pertunjukan yang di dalamnya terdapat cerita atau kisah yang disampaikan melalui dialog antara para pelaku atau karakter dalam cerita tersebut.

Oleh karena itu, pilihan C. bersifat eksposisi, tidak termasuk pengertian dari drama.

Pembahasan

Drama adalah suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dipentaskan oleh para pelaku di atas panggung untuk ditonton oleh publik.

Pilihan A, B, D, dan E semuanya merupakan pengertian yang tepat mengenai drama, sedangkan pilihan C tidak tepat.

Bersifat eksposisi merujuk pada bentuk penulisan yang memberikan paparan atau uraian tentang suatu topik secara objektif, sedangkan drama lebih menekankan pada interaksi antara para pelaku dalam cerita melalui dialog.

Sebagai tambahan, pengertian drama juga mencakup unsur-unsur seperti konflik, tema, latar, dan alur cerita.

Baca juga:   Jawaban Soal Untuk Melakukan Gerakan Berlari Bagian Tubuh Yang Digunakan Adalah

Konflik muncul karena adanya pertentangan antara karakter atau kekuatan dalam cerita, sedangkan tema merupakan pesan moral atau ide yang ingin disampaikan oleh penulis.

Latar mengacu pada tempat dan waktu di mana cerita berlangsung, sedangkan alur cerita menggambarkan urutan peristiwa dalam cerita tersebut.

Dalam drama, pengertian eksposisi seringkali digunakan untuk menggambarkan bagian awal cerita yang berisi penjelasan atau informasi tentang latar belakang, tokoh, atau situasi dalam cerita.

Bagian eksposisi ini biasanya dibawakan oleh salah satu karakter dalam cerita, tetapi tetap dalam bentuk dialog.

Meskipun begitu, eksposisi bukanlah pengertian utama dari drama, melainkan hanya bagian dari unsur-unsur yang terdapat dalam drama.

Pengertian drama juga dapat diperluas ke dalam bentuk lain selain panggung, seperti drama televisi, film, atau radio.

Meskipun medium-nya berbeda, unsur-unsur yang terdapat dalam drama tetap sama. Drama televisi, film, atau radio memiliki bentuk dialog yang diucapkan oleh para karakter, memiliki alur cerita, konflik, tema, latar, dan ada pelaku yang memerankan karakter dalam cerita.

Dalam postingan blog ini, kita telah membahas mengenai pengertian dasar dari drama serta mengidentifikasi pilihan yang bukan termasuk dalam pengertian drama itu sendiri.

Drama merupakan karya sastra yang mempunyai ciri khas berupa dialog, dipentaskan oleh para pelaku, ditonton oleh publik, dan memiliki unsur-unsur seperti konflik, tema, latar, alur cerita, dan pelaku.

Oleh karena itu, pilihan C, yang menyatakan bahwa drama bersifat eksposisi, tidak termasuk dalam pengertian dasar dari drama. Sekarang, setelah mengetahui pengertian dasar dari drama, mari kita terus mengapresiasi dan menikmati karya sastra yang satu ini.