[JAWABAN] Jaringan Yang Mencakup Satu Kota Maupun Satu Provinsi Dinamakan

Seputarwarganet.com – Ada banyak jenis jaringan yang digunakan saat ini, Oleh sebab itu menjawab pertanyaan jaringan yang mencakup satu kota maupun satu provinsi dinamakan menjadi sulit untuk sebagian orang.

Apakah kamu pernah mendengar tentang jaringan MAN? Jika kamu masih bingung tentang apa itu jaringan MAN, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Dalam postingan artikel ini, kami akan membahas tentang jaringan MAN, terutama pada kaitannya dengan jaringan yang mencakup satu kota maupun satu provinsi.

Kami akan memberikan jawaban yang tepat beserta pembahasan yang jelas dan mudah dipahami. Dengan membaca postingan ini, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jenis jaringan ini dan bagaimana jaringan MAN dapat digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda.

Yuk, simak penjelasannya!

Soal: Jaringan Yang Mencakup Satu Kota Maupun Satu Provinsi Dinamakan

A. LAN
B. MAN
C. WAN
D. PAN

Jawaban

Jaringan yang mencakup satu kota maupun satu provinsi dinamakan MAN (Metropolitan Area Network).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah B. MAN.

Pembahasan

Jaringan yang mencakup satu kota maupun satu provinsi dinamakan MAN (Metropolitan Area Network). Jenis jaringan ini memiliki cakupan yang lebih luas daripada Local Area Network (LAN) yang hanya mencakup area yang terbatas seperti kantor atau gedung, namun tidak sebesar Wide Area Network (WAN) yang mencakup area yang lebih besar seperti antar kota atau antar negara.

  • Pilihan A. LAN kurang tepat karena LAN hanya mencakup area yang terbatas seperti kantor atau gedung.
  • Pilihan C. WAN kurang tepat karena WAN mencakup area yang lebih besar seperti antar kota atau antar negara, sehingga terlalu besar jika digunakan untuk jaringan yang hanya mencakup satu kota atau satu provinsi.
  • Pilihan D. PAN (Personal Area Network) kurang tepat karena PAN hanya mencakup area yang sangat terbatas seperti antar perangkat dalam jarak yang sangat dekat, seperti antar telepon seluler dan headphone nirkabel. PAN tidak cocok untuk jaringan yang mencakup satu kota atau satu provinsi.
Baca juga:   Jawaban Soal Berikut Ini Merupakan Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Yaitu Kecuali

Terkait jawaban yang tepat yaitu MAN (Metropolitan Area Network), jenis jaringan ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan jaringan yang lebih luas daripada Local Area Network (LAN).

Namun tidak sebesar Wide Area Network (WAN). Jaringan MAN biasanya digunakan di kota atau wilayah yang lebih besar, seperti dalam suatu metropolitan atau dalam satu provinsi.

Jaringan MAN dapat mencakup berbagai macam jenis teknologi, termasuk serat optik, kabel tembaga, dan nirkabel.

Misalnya, beberapa perusahaan telekomunikasi menggunakan serat optik untuk menghubungkan beberapa kantor mereka yang berada di kota yang sama, membentuk jaringan MAN. Teknologi lain seperti WiMAX dan LTE dapat digunakan untuk membentuk jaringan MAN nirkabel.

Pilihan lain seperti LAN kurang tepat karena cakupannya yang terlalu terbatas dan hanya mencakup area yang terbatas seperti kantor atau gedung.

Sementara itu, WAN terlalu besar untuk jaringan yang hanya mencakup satu kota atau satu provinsi. PAN juga kurang tepat karena PAN hanya mencakup area yang sangat terbatas, seperti antar perangkat dalam jarak yang sangat dekat.

Dalam sebuah jaringan MAN, pengguna biasanya dapat mengakses berbagai jenis layanan, seperti internet, intranet, dan layanan lainnya yang terhubung ke jaringan MAN tersebut.

Selain itu, jaringan MAN juga dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat, seperti komputer, printer, dan perangkat lainnya dalam suatu wilayah yang lebih luas.

Oleh karena itu, jaringan MAN sangat berguna dalam menyediakan konektivitas yang lebih luas untuk perusahaan atau organisasi yang berada di suatu wilayah yang lebih besar.