Daftar Frekuensi TV digital Banyuwangi Terbaru & Sekitarnya

Seputarwarganet.com – Dalam situasi di mana tiba-tiba Anda kehilangan siaran TV digital, Anda akan memerlukan frekuensi TV digital Banyuwangi terbaru.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan pemindaian ulang siaran secara otomatis atau manual pada perangkat STB atau TV Digital yang Anda miliki.

Caranya adalah dengan memasukkan kode frekuensi yang benar untuk saluran TV digital Banyuwangi dan wilayah sekitarnya.

Banyuwangi, seperti beberapa kota lainnya di Jawa Timur, telah lama beralih dari siaran televisi analog ke sinyal digital.

Bagi warga Banyuwangi dan sekitarnya yang belum memiliki TV digital, langkah yang perlu diambil adalah membeli perangkat STB DVB-T2 dan melakukan scan siaran pada perangkat STB tersebut.

Seringkali, terjadi perubahan kode frekuensi yang bisa menyebabkan hilangnya siaran TV digital secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi situasi ini, Anda dapat melakukan scan ulang pada perangkat STB atau TV digital Anda, baik secara otomatis atau manual.

Daftar Frekuensi TV Digital Banyuwangi dan Sekitarnya

Berikut ini terdapat daftar kode frekuensi untuk berbagai saluran TV digital yang dapat Anda temukan di Banyuwangi dan daerah sekitarnya. Anda dapat menggunakan kode frekuensi berikut ini untuk melakukan scan ulang saluran TV digital secara manual:

Frekuensi 530 MHz (28 UHF)

Bagi Anda yang ingin menikmati channel seperti TVRI Nasional, TVRI Sport, TVRI Jatim, TVRI World. dapat menggunakan frekuensi 530 MHz dengan kanal 28 UHF.

Frekuensi 554 MHz (31 UHF)

Pada frekuensi 554 MHz dengan kanal 31 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti Indosiar, SCTV, Moji, Mentari TV.

Frekuensi 522 MHz (27 UHF)

Pada saluran 27 UHF dengan frekuensi 522 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa Anda nikmati seperti Trans7, Trans TV, Kompas TV, CNN Indonesia, CNBC Indonesia.

Frekuensi 570 MHz (33 UHF)

Untuk TV One, ANTV, Saluran yang digunakan adalah di 33 UHF dengan frekuensi sebesar 570 MHz.

Frekuensi 578 MHz (34 UHF)

Selanjutnya, untuk Metro TV, JTV, Magna Channel, BBS TV Banyuwangi, BN Channel, Saluran yang digunakan adalah di 34 UHF dengan frekuensi sebesar 578 MHz.

Frekuensi 626 MHz (40 UHF)

Terakhir, GTV, RCTI, MNCTV, iNews, dapat ditemukan pada frekuensi 626 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 40 UHF.

Baca juga:   Daftar Frekuensi TV Digital Tegal Terbaru & Sekitarnya, Segera Update Sekarang!

Setelah Anda memperoleh daftar Kode Frekuensi TV Digital Banyuwangi, langkah berikutnya adalah melakukan pencarian secara manual.

Bagi mereka yang masih menggunakan Set Top Box (STB) untuk menikmati siaran TV digital, metode ini tetap relevan dan perlu dilakukan.

Namun, bagi pengguna TV digital, Anda hanya perlu menjalankan pencarian otomatis untuk menampilkan semua saluran TV digital yang tersedia di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menemukan siaran TV digital di Banyuwangi dengan menggunakan Kode Frekuensi:

  1. Hidupkan TV digital dan STB.
  2. Pilih opsi “Pencarian” yang terdapat pada layar utama.
  3. Pilih metode pencarian “Manual”.
  4. Masukkan kode frekuensi sesuai dengan saluran yang ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencariTrans7, Trans TV, Kompas TV, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, masukkan saluran 27 UHF dengan frekuensi 522 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan kemudian tekan tombol “OK” pada remote control.
  6. TV digital akan memulai proses pencarian untuk saluran-saluran tersebut. Bersabarlah dan tunggu hingga proses pencarian selesai.

Perlu diingat bahwa frekuensi TV digital ini berlaku juga untuk wilayah Banyuwangi dan sekitarnya, sehingga Anda dapat menikmati siaran-siaran TV digital dengan menggunakan panduan di atas.

Kenapa Channel TV Digital Banyuwangi Sedikit?

Bagi banyak masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya yang baru saja beralih ke siaran digital, mungkin mengalami kendala dalam mendapatkan saluran TV digital.

Berbagai faktor dapat memengaruhi masalah ini, tetapi salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah antena.

Pemasangan antena, jenis antena, dan posisinya sangat memengaruhi jumlah saluran TV digital yang dapat diakses. Oleh karena itu, pastikan antena terpasang dengan benar.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Sambungkan kabel antena ke port antena pada STB atau TV digital Anda. Pastikan kabel antena dalam kondisi baik, tidak ada karat, putus, sobek, atau cacat.
  2. Cobalah mengatur posisi antena agar menghadap ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda.
  3. Anda dapat menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia di Playstore untuk memonitor lokasi tower pemancar sinyal terdekat dari posisi Anda saat ini. Atau Anda bisa mengikuti arah dan posisi antena yang digunakan oleh orang lain yang mendapatkan banyak saluran.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk melakukan pemindaian ulang saluran TV digital.

Anda dapat melakukannya secara otomatis atau manual dengan menggunakan daftar frekuensi TV digital Banyuwangi terbaru yang telah kami bagikan sebelumnya.

Penting untuk diingat bahwa setiap saluran TV digital di Banyuwangi memiliki kode frekuensi yang berbeda, dan mungkin akan ada perubahan di masa mendatang.