Cara Mencari Channel SCTV di Set top Box Untuk Siaran TV Digital, Pasti Berhasil!

Seputarwarganet.com – Di artikel ini, Kami akan memberikan Anda panduan mengenai cara mencari channel SCTV di Set Top Box untuk menikmati siaran TV Digital terbaru.

Penggantian dari siaran analog ke digital telah mengharuskan banyak orang untuk menggunakan set top box agar bisa terus menikmati acara TV favorit mereka.

Namun, seiring dengan perubahan ini, muncul masalah baru yang mungkin Anda hadapi, seperti SCTV tidak tersedia secara otomatis di TV digital Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang benar untuk mencari channel SCTV di set top box DVB-T2 Anda.

Jumlah saluran TV digital yang dapat diterima oleh set top box sebenarnya bervariasi, tergantung pada lokasi geografis Anda dan kualitas antena yang Anda gunakan.

Selain itu, model set top box juga memengaruhi kemampuannya untuk menangkap sinyal TV digital dengan baik.

Sebagai hasilnya, beberapa pengguna set top box mungkin menghadapi masalah di mana siaran SCTV hilang di STB mereka dan mereka merasa kebingungan.

Mungkin ada yang tidak terlalu terganggu ketika SCTV tidak tersedia di TV digital mereka, namun bagi para penggemar setia siaran TV lokal ini.

Mereka tentu akan merasa bingung dan segera mencari cara untuk mengakses kembali channel SCTV yang hilang di set top box TV digital mereka.

Penyebab Siaran SCTV Tidak ada di TV Digital

Ada beberapa penyebab mengapa set top box Anda mungkin tidak dapat menangkap channel SCTV pada siaran TV Digital.

Salah satu penyebab utamanya adalah jarak yang cukup jauh dari pemancar sinyal, yang mengakibatkan keterbatasan dalam penerimaan frekuensi channel TV lokal oleh set top box Anda.

Perlu dicatat bahwa perkembangan sinyal digital belum merata di seluruh wilayah, khususnya di daerah pedalaman yang seringkali mengalami kendala dalam mendapatkan banyak channel TV digital atau bahkan mungkin sama sekali.

Kehilangan channel SCTV pada TV digital bisa diatasi dengan beberapa langkah. Pertama, pastikan Anda menggunakan antena outdoor daripada antena indoor, terutama jika Anda berada di wilayah yang jauh dari pusat perkotaan.

Selanjutnya, optimalkan posisi antena dengan meletakkannya lebih tinggi agar dapat mendapatkan frekuensi secara maksimal.

Anda juga dapat mengarahkan antena ke arah pemancar sinyal terdekat untuk meningkatkan penerimaan.

Untuk membantu menentukan posisi pemancar sinyal di sekitar Anda, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti Sinyal TV Digital yang tersedia di Playstore.

Cara Mencari Channel SCTV di Set top Box DVB-T2

Langkah-langkah untuk mencari channel SCTV di set top box TV Digital DVB-T2 adalah sebagai berikut:

Scan Ulang Siaran TV Digital

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan pemindaian ulang siaran TV pada set top box. Sebelum melakukannya, pastikan Anda memperhatikan beberapa poin penting agar penangkapan sinyal oleh set top box menjadi lebih optimal.

Baca juga:   Daftar Frekuensi TV Digital Probolinggo Terbaru & Sekitarnya Untuk STB

Contoh tutorial di bawah ini menggunakan set top box Matrix Apple HD, namun langkah-langkah ini dapat diterapkan pada berbagai merek set top box lainnya:

  • Hubungkan set top box (STB) ke TV.
  • Sambungkan jack antena ke STB.
  • Nyalakan set top box dan TV.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB, lalu pilih [Search].
  • Pada bagian Search Mode, pilih [DVB-T2], Search Type [All], Country/Region [Indonesia], dan Antena Power [On].
  • Selanjutnya, pilih [Auto Search] dan tekan [OK] pada remote STB.
  • Tunggu hingga proses pemindaian ulang siaran TV digital selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan peluang menemukan channel SCTV di set top box TV Digital DVB-T2 Anda.

Menggunakan Antena Outdoor

Salah satu alasan mengapa Anda mungkin kehilangan beberapa channel TV digital adalah penggunaan antena dalam ruangan yang cenderung memiliki kemampuan dalam menangkap sinyal digital yang lebih rendah daripada antena luar ruangan.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pengguna set top box untuk menggunakan antena luar ruangan. Anda dapat menemukan berbagai model antena luar ruangan yang tersedia di berbagai platform online atau toko elektronik lokal.

Memperhatikan Posisi Antena

Tidak hanya penting untuk menggunakan antena luar ruangan, tetapi Anda juga harus memastikan bahwa antena tersebut diarahkan dengan benar agar dapat menangkap sinyal digital secara optimal.

Cara termudah adalah mengikuti arah antena orang lain yang telah berhasil menangkap banyak channel TV digital.

Menempatkan Antena Lebih Tinggi

Jika Anda masih tidak dapat menemukan channel SCTV di set top box Anda, mungkin masalahnya adalah tinggi rendahnya antena Anda.

Letak yang terlalu rendah bisa menyebabkan gangguan dan melemahkan sinyal digital. Oleh karena itu, pastikan antena luar ruangan Anda ditempatkan pada posisi yang cukup tinggi.

Melepaskan Dongle Wifi pada Set top Box

Beberapa merk set top box dapat kehilangan siarannya ketika dongle wifi dipasang. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidakcocokan atau masalah perangkat keras (hardware) pada set top box tersebut.

Jika Anda menggunakan dongle wifi, cobalah untuk melepaskannya dan kemudian melakukan pemindaian ulang siaran TV digital.

Jika Anda berhasil menemukan channel SCTV dan siaran lainnya setelah melepaskan dongle wifi, maka masalah mungkin terletak pada dongle wifi atau set top box yang mengalami masalah hardware.

Mereset Set top Box

Ada kasus di mana set top box tidak dapat menangkap siaran sama sekali, meskipun sudah dilakukan pemindaian ulang yang tepat.

Terkadang, masalah ini disebabkan oleh kesalahan pada perangkat lunak (software) set top box. Jadi, jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan SCTV masih belum muncul di TV digital Anda, tidak ada salahnya untuk mereset set top box Anda ke pengaturan pabrik.

Catatan: Setiap model set top box memiliki cara yang berbeda untuk melakukan reset pabrik ini.

Itulah langkah sederhana mengenai cara mencari channel SCTV di set top box TV digital DVB-T2. Anda dapat menerapkan langkah-langkah ini untuk mencari siaran TV digital lainnya yang hilang, terlepas dari merek set top box Anda.