Daftar Frekuensi TV Digital Ungaran Terbaru & Sekitarnya

Seputarwarganet.com – Masih mencari saluran TV favorit yang hilang di kota Ungaran? Kami punya daftar saluran TV dan kode frekuensi TV digital Ungaran yang bisa Anda tangkap dengan antena UHF di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Sejak tanggal 2 November 2022, era televisi analog resmi berakhir di jaringan UHF. Perubahan ini tidak hanya berlaku untuk kawasan perkotaan, tetapi juga berdampak positif bagi seluruh penduduk pedesaan.

Meskipun sinyal televisi digital UHF cenderung lemah di pedesaan, Anda masih memiliki opsi untuk meningkatkan kualitas sinyal dengan menggunakan perangkat penerima sinyal booster UHF.

Sejak pelaksanaan penonaktifan televisi analog atau yang dikenal sebagai Analog Switch Off (ASO) dan penggantian dengan televisi digital, semua siaran televisi menjadi jernih seperti DVD dan memiliki kualitas HD (High Definition).

Tahukah Anda? Setiap stasiun televisi digital di Ungaran memiliki kode frekuensi unik, yang bervariasi berdasarkan lokasi geografis tertentu. Namun, penting untuk dicatat bahwa ada beberapa stasiun televisi digital di Ungaran yang menggunakan kode frekuensi DVB-T2 yang sama.

Ungaran adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang sudah sepenuhnya beralih ke penyiaran TV digital. Jika Anda ingin melakukan scan ulang saluran TV digital secara manual melalui STB, sangat berguna untuk memiliki daftar frekuensi TV digital Ungaran dan wilayah sekitarnya.

Daftar Frekuensi TV Digital Ungaran dan Sekitarnya

Berikut ini terdapat daftar kode frekuensi untuk berbagai saluran TV digital yang dapat Anda temukan di Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah, dan daerah sekitarnya. Anda dapat menggunakan kode frekuensi berikut ini untuk melakukan scan ulang saluran TV digital secara manual:

Frekuensi 546 MHz (30 UHF)

Bagi Anda yang ingin menikmati channel seperti Tvri Nasional, Tvri Sport HD, Tvri Jawa Tengah, Tvri World, Tvku, Tatv, Mta Tv, Semarang Tv, Usm Tv. dapat menggunakan frekuensi 546 MHz dengan kanal 30 UHF.

Frekuensi 570 MHz (33 UHF)

Pada frekuensi 570 MHz dengan kanal 33 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti Indosiar, Sctv, Moji Tv, Mentari Tv, Kompas Tv.

Frekuensi 594 MHz (36 UHF)

Pada saluran 36 UHF dengan frekuensi 594 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa Anda nikmati seperti Metro Tv, Magna Channel, BN Channel, Rtv, Imtv, Jawa Pos Tv, TMtv.

Frekuensi 602 MHz (37 UHF)

Untuk Antv, TV One, VTV, Net TV, Saluran yang digunakan adalah di 37 UHF dengan frekuensi sebesar 602 MHz.

Frekuensi 618 MHz (39 UHF)

Selanjutnya, untuk Antv, Tv One, Vtv, Net Tv, Simpang5 Tva, Saluran yang digunakan adalah di 39 UHF dengan frekuensi sebesar 618 MHz.

Frekuensi 642 MHz (39 UHF)

Untuk Trans Tv, Trans 7, Cnn Indonesia, Cnbc Indonesia, Saluran yang digunakan adalah di 42 UHF dengan frekuensi sebesar 642 MHz.

Frekuensi 666 MHz (36 UHF)

Untuk saluran 36 UHF dengan frekuensi 666 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa Anda nikmati seperti Rcti, Gtv, iNews Tv, Mnctv.

Baca juga:   10+ Persamaan Transistor 13009: Spesifikasi, Pinout & Datasheet

Frekuensi 690 MHz (48 UHF)

Terakhir, Tvri Nasional, Tvri Sport HD, Tvri Jawa Tengah, Tvri World, dapat ditemukan pada frekuensi 690 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 48 UHF.

Setelah Anda memiliki daftar Kode Frekuensi TV Digital Ungaran, langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian saluran secara manual. Bagi mereka yang masih menggunakan Set Top Box (STB) untuk menikmati siaran TV digital, metode ini tetap relevan dan perlu diikuti.

Namun, bagi pengguna TV digital tanpa STB, Anda hanya perlu menjalankan pencarian otomatis untuk menampilkan semua saluran TV digital yang tersedia di Ungaran dan sekitarnya. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menemukan siaran TV digital di Ungaran menggunakan Kode Frekuensi:

  1. Nyalakan TV digital dan STB (jika Anda menggunakannya).
  2. Pilih opsi “Pencarian” yang tersedia di layar utama.
  3. Pilih metode pencarian “Manual”.
  4. Masukkan kode frekuensi sesuai dengan saluran yang ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari Antv, Tv One, Vtv, Net Tv, Simpang5 Tva, masukkan saluran 39 UHF dengan frekuensi 618 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan kemudian tekan tombol “OK” pada remote control.
  6. TV digital akan memulai proses pencarian untuk saluran-saluran tersebut. Mohon bersabar dan tunggu hingga proses pencarian selesai.

Perlu diingat bahwa kode frekuensi TV digital ini berlaku untuk wilayah Ungaran dan sekitarnya, sehingga Anda dapat dengan mudah menikmati siaran-siaran TV digital menggunakan panduan di atas.

Kenapa Channel TV Digital Ungaran Sedikit?

Bagi banyak warga Ungaran dan sekitarnya yang baru saja beralih ke siaran digital, mungkin menghadapi beberapa kendala dalam menangkap siaran TV digital dengan baik. Beberapa faktor dapat memengaruhi situasi ini, tetapi salah satu yang paling penting adalah jenis antena yang digunakan.

Cara Anda memasang antena, jenis antena yang Anda pilih, dan posisinya dapat berdampak besar pada jumlah saluran TV digital yang dapat Anda nikmati. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa antena Anda terpasang dengan benar.

Berikut adalah panduan sederhana yang bisa diikuti:

  1. Hubungkan kabel antena ke port antena pada Set Top Box (STB) atau TV digital Anda. Pastikan kabel antena dalam kondisi baik, bebas dari karat, putus, sobek, atau kerusakan lainnya.
  2. Cobalah untuk mengatur posisi antena agar menghadap ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda.
  3. Anda dapat menggunakan aplikasi “Sinyal TV Digital” yang tersedia di Playstore untuk memantau posisi dan lokasi tower pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda saat ini. Atau, sebagai alternatif, Anda bisa mengikuti arah dan posisi antena yang telah terbukti berhasil digunakan oleh orang lain untuk menangkap banyak saluran TV digital.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk melakukan pemindaian ulang saluran TV digital Anda. Anda dapat melakukannya secara otomatis atau manual dengan menggunakan daftar frekuensi TV digital Ungaran terbaru yang telah kami bagikan sebelumnya.

Selalu diingat bahwa setiap saluran TV digital di Ungaran memiliki kode frekuensi yang berbeda, dan ada kemungkinan ada perubahan di masa mendatang yang perlu Anda perhatikan. Semoga informasi ini bermanfaat!